Kabar Pandeglang Online
Portal Berita PAndeglang Terkini & Terupdate

3 Olahan Masakan Tempe yang Bisa Kamu Coba Dirumah

0 780

3 Olahan Masakan Tempe yang Bisa Kamu Coba Dirumah – Tempe memang makanan yang cukup banyak di minati oleh semua orang dan kalangan. Harganya yang murah, dan rasanya yang sangat khas yang membuat orang ketagihan jika menyantapnya. Di Indonesia khususnya memiliki banyak olahan masakan tempe,

3 Olahan Masakan Tempe yang Bisa Kamu Coba Dirumah

jika kalian bosen dengan menu itu-itu saja. Simak artikel ini karena akan memberikan beberapa resep makanan tempe yang bisa kalian coba dirumah. Diantaranya adalah

Tempe Orek

Bahan-bahan untuk membuat tempe orek yaitu 250gram tempe potong panjang  lalu goreng, 3 siung bawang putih potong-potong, 5 butir bawang merah potong-potong, 1 cabai hijau besar potong miring, 1 cabai merah besar potong miring, 1 lembar daun salam, 1 tangkai serai potong halus, 1cm lengkuas memarkan, 1 sdt kecap manis, ½ garam, ½ gula merah, 75ml air, 2 sdm minyak untuk numis.

Baca Juga :  Sebelum Pergi Bekerja C!Umlah Kening Isteri” Disitu Letaknya Kebahagiaan

Cara membuat tempe orek yang pertama kalian lakukan yaitu tumis bawang putih, bawang merah, daun salam, lengkuas, dan serai hingga mengeluarkan aroma wangi. Kemudian tambahkan cabai hijau dan merah, lalu aduk hingga layu. Setelah itu baru masukkan kecap manis, garam, dan gula merah. Aduk hingga merata, sesudah merata masukkan air masak hingga mendidih. Jika sudah mendidih baru masukkan tempe dan masak sambil di aduk-aduk hingga semua tercampur merata. Jika sudah angkat tempe orek dan siap untuk di santap berasama keluarga.

Pepes Tempe

Bahan-bahan yang perlu kalian siapkan adalah 400gram tempe kukus, 50gram udang cingcang halus, 50ml santan kental, 2 buah cabai meah besar buang bijinya, 4 siung bawang merah iris tipis, 1 butir telur kocok, 1 batang daun bawang, 1 sdt garam, ½ sendok the gula pasir, 10 buah cabe rawit merah, 5 lembar daun salam, daun pisang secukupnya untuk membungkusnya, 2 sdm minyak untuk menumis. Sedangkan bumbu halusnya yaitu 8 butir bawang merah, 4 siung bawang putih, ½ sdt ketumbar, 1cm kunyit bakar.

Baca Juga :  Perumahan Murah Bersubsidi Di Kulon Progo, Yogyakarta

Cara membuatnya pertama tumis bumbu halus hingga tercium aroma harum, tambahkan garam dan gula pasir kemudian aduk hingga merata. Kemudian aduk rata tempe, udang, santan, cabai merah, bawang merah, telur, daun bawang, dan bumbu halus. Selanjutnya ambil daun pisang, beri selembar daun salam. Simpan adonan tempe dan cabai rawit merah, bungkus pepes dan sematkan menggunakan lidi. Setelah itu kukus pepes tempe hingga matang selama 30 menit. Jika sudah matang angkat pepes kemudian bakar hingga wangi. Pepes tempe siap untuk di santap.

Rolade Tempe

Bahan-bahan yanag harus di siapkan tempe 300gram, 3 siung bawang putih dihaluskan, garam secukupnya, lada secukupnya, gula pasir secukupnya, kaldu jamur secukupnya, 1 sendok makan tepung terigu, 2 sendok makan tepung roti, 3 butir telor (1 untuk adonan, 2 untur dadar telur), cabai rawit.

Baca Juga :  Mulai dari Anti Kanker, Menjernihkan Bola Mata, Ini 20 Manfaat dan Khasiat Pakis Hijau untuk Kesehatan

Cara membuatnya pertama panaskan panci kukusan, kukus tempe hingga matang kemudian angkat. Selagai masih panas, haluskan tempe lalu simpan di dalam wadah. Lalu tambahkan bawang putih halus, garam, gula, lada, dan kaldu jamur. Tambahkan tepung terigunya, aduk hingga merata dan cicipi rasanya. Setelah itu masukkan telor satu aduk kembali hingga merata. Kemudian kocok dua butir telor, beri sedikit kaldu jamur aduk hingga merata. Panaskan teflon, beri sedikit margirin.

Tuang sebagain telor kocok ke Teflon. Ratakan dan dadar tipis lalu angkat. Simpan dadar telor, beri isian tempe. Ratakan, gulung dadar dan rekatkan bagian ujung dengan larutan tepung terigu yang dicairkan dengan air. Bungkus rolade dengan menggunakan aluminum foil. Setelah itu kukus rolade selama 20 menit. Angkat dan potong miring, goreng lolade hingga kuning keemasan. Angkat dan tiriskan, rolade tempe pun siap disantap.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More