5 Inspirasi Konten untuk Bulan Ramadhan 2021

  • Bagikan
Default Social Share Image

Inspirasi Konten untuk Bulan Ramadhan 2021 – Bulan ramadhan adalah bulan yang istimewa, termasuk juga bagi para content creator dan influencer. Banyak hal spesial terkait ramadhan yang bisa diangkat menjadi konten luar biasa yang bisa menarik perhatian netizen.

Kehabisan ide untuk membuat konten khusus bulan ramadhan? Jangan khawatir, simak sampai habis berbagai inspirasi konten terkait bulan ramadhan 2021 berikut ini!

Berbagai inspirasi konten untuk bulan ramadhan 2021 yang bisa Anda coba

1. Membuat konten bertemakan hal-hal positif

Ramadhan adalah bulan yang sarat akan kebaikan. Tema-tema yang bersifat positif pun cenderung mendapatkan perhatian lebih selama Ramadhan. Tema positif yang tercatat banyak dilihat di antaranya tentang kebersamaan, karunia atau berkah, pengembangan diri, berbuka puasa, serta kasih sayang dan kepedulian.

Baca Juga :  5 Kebiasaan Ini Sering Disepelekan, Padahal Bikin Kulit Kasar dan Kering

2. Memperhatikan kata kunci yang sering dicari

Pencarian akan beberapa kata kunci menjadi lebih signifikan saat Ramadhan. Bahkan, terdapat kata kunci yang selalu laris dicari dari tahun ke tahun.

Pencarian kata kunci terkait hal-hal spiritual seperti doa, zakat, serta donasi tercatat lebih meningkat saat Ramadhan. Selain kegiatan spiritual, pencarian terkait kegiatan lainnya seperti memasak (praktis, simple), kecantikan (tutorial simple, mudah), serta gaming pun banyak dicari.

Hal menarik lainnya yang bisa diamati adalah intensi orang-orang untuk membeli sesuatu cenderung meningkat saat Ramadhan. Pencarian terkait belanja pun banyak terekam.

3. Menggunakan musik yang bisa membangun suasana Ramadhan

Jika Anda membuat konten yang memakai audio, hal ini perlu menjadi pertimbangan. Musik yang sesuai dengan tema Ramadhan akan membuat konten terasa lebih spesial. Selain itu, pesan konten pun terasa lebih kuat karena didukung oleh musik yang sesuai.

4. Menjalin kolaborasi

Kolaborasi dengan content creator atau influencer lain adalah cara seru untuk membuat konten menarik. Anda bisa menghasilkan konten yang fresh dan lebih kuat, karena kolaborasi akan menggabungkan keunikan yang dimiliki masing-masing creator.

Strategi ini juga bisa meningkatkan jumlah audiens. Anda bisa mendapatkan audiens baru yang berasal dari creator tersebut dan sebaliknya.

Baca Juga :  13 Ide Usaha Sampingan di Rumah yang Praktis

5. Membuat konten terkait Corona/ COVID-19

Kini, negara-negara di berbagai belahan dunia, termasuk negara kita tengah berjuang menghadapi wabah virus Corona. Banyak aktivitas khas bulan Ramadhan tidak bisa berjalan seperti biasanya, mulai dari buka bareng, salat tarawih, hingga mudik ke kampung halaman.

Banyak yang beranggapan bahwa momen Ramadhan di tengah pandemi ini terasa berat. Jenis konten yang bersifat emosional dan menggugah perasaan dapat menjadi pilihan tepat. Selain itu, kombinasikan dengan hal-hal positif seperti harapan dan rasa syukur, karena Ramadhan erat sekali dengan keberkahan.

Penting juga untuk berbagai konten edukatif terkait virus Corona, mulai dari berita, edukasi perilaku bersih-sehat yang bisa dilakukan untuk menangani virus Corona, hingga edukasi kebijakan terkait Corona seperti physical distancing. Selain itu, Anda juga bisa membuat panduan berpuasa dan menjaga kesehatan di tengah wabah virus Corona.

Tips lainnya dalam membuat konten

1. Buatlah desain yang menarik

Desain adalah hal yang esensial dari konten. Desain yang cantik akan membuat orang mudah tertarik. Tak hanya sekadar cantik, buatlah desain yang khas dan unik, berbeda dari yang lainnya. Konten Anda pun akan terlihat lebih menonjol dari yang lain.

Baca Juga :  Tools Untuk Instagram yang Wajib Anda Gunakan

2. Jadilah interaktif

Kini, banyak fitur medsos yang mampu mendorong interaksi antar pengguna. Instagram memiliki fitur polling, question, countdown, serta quiz. Twitter pun memiliki fitur polling selain fitur reply dan retweet.

Berbagai fitur tersebut dapat kita manfaatkan untuk bisa membuat konten menarik. Anda bisa membuat konten yang menciptakan interaksi dengan para followers, untuk menemani mereka saat ngabuburit atau sahur.

3. Perhatikan waktu ideal untuk upload

Selain konten, hal penting yang perlu diperhatikan adalah waktu untuk upload konten. Saat menjelang berbuka puasa serta saat sahur adalah waktu paling ‘ramai’. Dalam waktu-waktu tersebut, terjadi peningkatan aktivitas pengguna medsos, lho.

Jangan lewatkan berbagai tips menarik lainnya untuk bisnis Anda hanya disini, media belajar bisnis nomer satu. Selamat berbisnis dan selamat menjalankan ibadah puasa bagi yang menjalankan!

  • Bagikan

KABAR PANDEGLANG ONLINE