5 Langkah Bagaimana Cara Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

  • Bagikan
Default Social Share Image

Selain itu, pelanggan juga kerap membutuhkan solusi untuk permasalahan yang ia hadapi. Ketika kita mampu menawarkan produk atau jasa yang dapat meringankan permasalahannya, pelanggan pun akan menghampiri kita.

 

2. Perkuat customer service

 

Bagaimana kita melayani pelanggan akan menentukan loyalitas pelanggan. Pelayanan buruk dapat membuat pelanggan enggan kembali.

 

Penting sekali bagi pengusaha untuk membuat sistem customer service atau pelayanan pelanggan yang baik. Buatlah pelanggan merasa nyaman, layani mereka dengan ramah.

 

Harap catat baik-baik, pelanggan akan mengingat bagaimana mereka dilayani. Mereka juga akan menceritakan pengalaman tersebut kepada orang-orang terdekatnya.

 

Bisa dibayangkan apa jadinya jika ada pelanggan yang menceritakan pengalaman buruk seputar pelayanan. Mereka akan mengimbau orang-orang terdekatnya untuk tidak menggunakan produk atau jasa dari bisnis tersebut.

Baca Juga :  Saatnya UMKM Go Digital dengan Digital Marketing!

 

3. Jalin komunikasi yang baik dengan pelanggan

 

Hubungan dengan pelanggan perlu dirawat, komunikasi adalah kunci untuk melakukannya. Terdapat berbagai cara yang dapat dilakukan untuk menciptakan jalinan komunikasi.

 

Kumpulkan kontak pelanggan (misal: email, nomor telepon, dan nama medsos). Kemudian secara berkala Anda bisa mengirimkan newsletter, katalog produk terbaru, penawaran promo, hingga ucapan ulang tahun. Selain itu, Anda juga dapat memanfaatkan medsos dan berbagai fitur di dalamnya untuk berinteraksi dengan pelanggan.

  • Bagikan