5 Strategi Jitu agar Kinerja Tim Efektif Saat WFH

  • Bagikan
5 Strategi Jitu agar Kinerja Tim Efektif Saat WFH

5 Strategi Jitu agar Kinerja Tim Efektif Saat WFH – Pandemi COVID-19 telah mengubah berbagai aspek kehidupan secara dratis. Masyarakat diimbau untuk melakukan pembatasan sosial untuk menekan penyebaran virus COVID-19.

Bisnis dan perusahaan pun terkena imbasnya. Banyak bisnis dan perusahaan yang harus beradaptasi dengan melakukan WFH alias work from home. Melakukan WFH sendiri cukup menantang, banyak adaptasi yang perlu dilakukan untuk melaksanakannya. Simak berbagai strategi yang bisa dilakukan agar kinerja tim tetap efektif selama WFH berlangsung, berikut ini.

Hal-hal yang bisa dilakukan agar kinerja tim efektif saat WFH berlangsung
5 Tips dari CEO agar WFH Efektif Halaman all - Kompas.com

1. Bangun komunikasi seefektif mungkin

Komunikasi adalah kunci agar WFH dapat berjalan dengan lancar. Pastikan bahwa seluruh anggota tim tidak ada yang ketinggalan informasi penting. Ketika menyampaikan sesuatu terkait pekerjaan, sampaikanlah hal tersebut sejelas dan sedetail mungkin.

Baca Juga :  7 Layanan Belajar Online Gratis Selama COVID 19

Manfaatkanlah berbagai online platform untuk menunjang komunikasi dengan tim. Ada banyak pilihan aplikasi untuk kolaborasi kerja seperti Slack, Trello, dan lain-lain. Anda juga bisa memanfaatkan aplikasi video conferencing untuk menggelar rapat kerja.

2. Cek anggota tim secara rutin

Jika Anda adalah seorang manager atau pimpinan tim, cek anggota tim Anda secara rutin lewat telepon. Ketika menelpon anggota tim, mereka dapat berkonsultasi dan menyampaikan hambatan terkait pekerjaan. Dengan demikian, Anda pun dapat mengetahui bagaimana progress yang dihadapi anggota, serta dapat segera mengatasi permasalahan yang muncul.

Anda dapat menghubungi anggota tim satu per satu untuk mengecek pekerjaan yang mereka lakukan secara mandiri. Untuk pekerjaan yang bersifat kolaboratif, Anda dapat melakukan group call.

3. Pastikan tim memiliki sumber daya yang cukup

Teknologi dan peralatan adalah hal yang krusial selama WFH dilaksanakan. Agar proses bekerja dapat berlangsung dengan lancar, setiap anggota tim harus memiliki akses untuk teknologi serta peralatan yang memadai. Misalnya saja, ada anggota tim yang koneksi internet di rumahnya jelek, ia pun akan sulit bekerja dengan maksimal.

Baca Juga :  7 Cara Atur Waktu untuk Kesuksesanmu

Oleh karenanya, pastikan bahwa setiap anggota tim memiliki segala hal yang dibutuhkan. Segera cari solusi agar pekerjaan tim tidak terus menerus terhambat. Seperti untuk kasus koneksi internet jelek, salah satu solusi yang bisa dilakukan adalah memberikan anggota tim tersebut paket internet.

4. Jadilah fleksibel

WFH tentunya berbeda dengan bekerja dari kantor seperti biasanya. Ingat, masing-masing anggota tim beradaptasi untuk WFH dengan cara dan kemampuannya tersendiri.

Ada anggota tim yang harus beradaptasi dengan lingkungan rumah yang gaduh, ada juga yang bekerja sambil mengurus anaknya yang melakukan school from home. Masing-masing anggota tim dapat memiliki siklus dan jadwal yang berbeda-beda walaupun tugas yang dikerjakan sama.

Oleh karenanya, jadilah fleksibel dengan cara kerja masing-masing anggota tim. Jika butuh untuk melakukan diskusi, carilah waktu yang nyaman bagi seluruh anggota tim. Selain itu, hormati juga cara anggota tim untuk mengerjakan tugasnya. Hal yang paling penting, target yang telah dipasang berhasil tercapai.

Baca Juga :  8 Cara Menghilangkan Malas Agar Lebih Produktif

5. Berikan semangat dan dukungan emosional

Situasi seperti ini adalah situasi yang berat bagi kita semua. Bagi sebagian orang, WFH terasa lebih berat dibandingkan bekerja dari kantor seperti biasanya. WFH dapat sangat menguras fisik dan mental. Oleh karenanya, penting untuk saling menguatkan satu sama lain.

Bagi Anda yang menjabat sebagai manager, penting sekali untuk mengetahui kondisi anggota tim. Ketika salah satu anggota tim nampak down, tunjukkan bahwa Anda ada untuknya.

Kenalilah stress yang mereka rasakan dan hal-hal apa yang mereka cemaskan. Cobalah untuk berempati dengan apa yang mereka sedang hadapi dan berikan dukungan. Kemudian, bersama-sama carilah solusi agar anggota tim nyaman dalam mengerjakan tugasnya.

Jangan lewatkan berbagai artikel menarik seputar produktivitas dan bisnis hanya disini, media belajar bisnis nomer satu. Selamat bekerja, salam sukses!

  • Bagikan