6 Macam Mekanisme Evolusi : Akibat dan Bukti Evolusi

  • Bagikan

Macam Mekanisme Evolusi – Evolusi merupakan sebuah perubahan sifat yang diwariskan oleh suatu populasi organisme dari satu generasi ke generasi penerus dalam kurun waktu yang cukup lama. Perubahan tersebut disebabkan karena adanya kombinasi 3 proses utama yaitu varian, reproduksi dan seleksi.

Sifat evolusi dasar inilah yang kemudian dibawa oleh gen untuk diwariskan kepada keturunan suatu makhluk hidup yang menjadi bervariasi dalam sebuah populasi. Apabila suatu organisme bereproduksi, maka keturunannya akan memiliki sifat yang baru, dimana sifat tersebut dapat diperoleh dari perubahan gen.

Baca Juga :  Sering kali Anak Sulung Selalu Kena Marah Tapi Sebenarnya Justru Anak yang Paling Istimewa Di Hati Orangtuanya

Daftar ISI

Perubahan gen tersebut diakibatkan adanya mutasi atau transfer gen antar populasi dan antar spesies. Evolusi didorong oleh 2 hal utama mekanisme evolusi yaitu seleksi alam dan hanyutan genetik. Mekanisme evolusi ini yang akan merubah sifat dari organisme melalui beberapa macam mekanisme evolusi terhadap organisme.

  • Bagikan