6 Macam Mekanisme Evolusi : Akibat dan Bukti Evolusi

  • Bagikan

Akibat Evolusi

1. Adaptasi

Adaptasi

Adaptasi adalah perilaku atau struktur yang meningkatkan organ tertentu, yang menyebabkan organisme menjadi lebih baik dalam bertahan hidup dan bereproduksi di lingkungan baru. Hal ini diakibatkan oleh adanya kombinasi perubahan acak dalam skala kecil pada sifat organisme yang terus menerus diikuti oleh seleksi alam varian terhadap lingkungannya.

2. Koevolusi

Koevolusi

Interaksi antar organisme kemungkinan besar dapat menghasilkan sebuah konflik ataupun koorporasi. Ketika interaksi antara pasangan spesies, akan mengembangkan set adaptasi yang bersepadan. Siklus seleksi dan respon tersebut disebut dengan koevolusi.

Baca Juga :  4 Jenis Cerita Fiksi Kisah Putri Tangguk dan Penjelasannya

3. Kooperasi

Kooperasi

Kooperasi dalam spesies diperkirakan akan berkembang melalui proses seleksi sanak, dimana sebuah organisme berperan memelihara keturunan sanak saudaranya. Aktivitas ini terseleksi apabila individu yang membantu mengandung alel yang mempromosikan aktivitas bantuan.

4. Pembentukan Spesies Baru

Pembentukan Spesies Baru

Pembentukan spesies baru atau Spesiasi merupakan proses suatu spesies berdivergen menjadi dua spesies. Pada organisme yang berkembang biak secara seksual, spesies yang dihasilkan oleh isolasi reproduksi akan diikuti dengan divergensi genealogi.

  • Bagikan