Semua Selain Modern, Ternyata 7 Alat Tukang Kayu Ini juga Sudah Canggih Lho!

oleh -2.257 views
Semua Selain Modern, Ternyata 7 Alat Tukang Kayu Ini juga Sudah Canggih
Sumber : kaskus.co.id

KABARPANDEGLANG.COM – Di era modern sekarang ini banyak sekali peralatan-peralatan canggih yang bisa kamu jumpai. Misalnya saja pada peralatan tukang kayu yang sudah semakin modern dan berkembang begitu pesat. Selain modern alat tukang kayu canggih juga ada lho! Tetapi sekarang ini masih ada tukang kayu yang menggunakan peralatan manual dan kurang canggih seperti serut kayu. Padahal bagi seorang tukang kayu peralatan yang profesional merupakan tangan kedua bagi mereka sehingga pekerjaan menjadi lebih mudah.

Peralatan kayu pun tak hanya satu saja melainkan banyak jenisnya. Menjadi seorang tukang kayu yang profesional kamu harus dapat menguasai cara kerja peralatan tersebut. Semakin banyak kamu bisa menguasai peralatan tukang kayu maka pengalaman yang diperoleh pun juga banyak. Nah, kali ini kami akan memberikan macam-macam peralatan tukang kayu yang modern dan canggih sehingga dapat mempermudah serta mempercepat pekerjaanmu. Apa saja peralatannya? Yuk, langsung simak saja artikelnya disini!

1. Mesin Serut

Sumber : fjb.kaskus.co.id

Berbeda dengan mesin serut manual yang dimana kamu harus mendorongnya dengan kedua tangan. Mesin serut satu ini kamu hanya perlu menyambungkannya ke sumber listrik dan tinggal mengarahkannya saja pada permukaan kayu yang ingin di serut.

Mesin serut sendiri sering digunakan untuk meratakan permukaan kayu yang bergelombang atau tidak rata, membuat panel pintu dan jendela pada bagian daunnya, menyambung papan kayu supaya menjadi lebih lebar hingga membuat sekonengan di kusen pintu maupun jendela.

2. Mesin Gergaji

Sumber : moedah.com

Mesin Gergaji satu ini juga lebih mudah lagi untuk memotong bongkahan kayu, karena kamu tidak perlu lagi mendorong dan menariknya secara manual. Berbeda dengan mesin serut yang modern, kamu hanya perlu memegang gagangnya tanpa harus mendorongnya.

Biasanya mesin gergaji ini digunakan untuk memotong hingga membelah papan kayu maupun balokan kayu.

3. Mesin Profil

Sumber : Shopee.co.id

Dengan peralatan kayu satu ini akan mempermudah tukang kayu untuk membuat motif pada setiap sisi. Bahkan mesin profil ini mampu memberikan motif kayu dengan berbagai model seperti bentuk cembung cekung hingga membuat motif pada daunan pintu. Selain itu mesin ini juga dapat digunakan untuk membuat berbagai macam motif pada pintu minimalis berupa garis pintu yang minimalis seperti vertikal dan horizontal.

Baca Juga :  Mau Pensiun Dini? Persiapkan 2 Hal Berikut ini Terlebih Dahulu

 4. Mesin bor

Sumber : Shopee

Dengan adanya mesin bor ini mempermudah tukang kayu untuk melubangi papan maupun bongkahan kayu. Disini kamu harus melengkapinya dengan berbagai macam ukuran mata bor jika ingin menjadi tukang kayu profesional. Lubang yang dihasilkan mesin ini memiliki berbagai jenis ukuran tergantung besar ukuran mata bornya seperti lubang nagel, lubang kunci hingga membuat lubang mur pun menjadi lebih mudah.

5. Siku

Sumber : georgehenry.co.nz

Seperti namanya peralatan perkayuan satu ini berfungsi sebagai penyiku pojok kayu supaya sudutnya bisa tepat sebesar 45 derajat. Selain itu siku ini berfungsi sebagai pembuat garis lurus dan garis prospek.

6. Meteran

Sumber : Ralali

Sebenarnya meteran ini tak hanya dibutuhkan dalam bidang perkayuan saja melainkan pada semua jenis pekerjaan teknik. Dengan meteran ini kamu bisa dengan mudah menentukan ukuran yang ingin di potong sesuai keinginan. Selain mengukur panjang, meteran juga bisa digunakan untuk mengukur tebal , lebar hingga tinggi kayu tersebut. Sehingga mempermudah dalam mengukur bahan hingga bahan yang akan digunakan untuk membuat perabotan kayu.

Baca Juga :  Beli Rumah Jakarta Tanpa DP

7. Pahat

Sumber : m.inkuiri.com

Sebenarnya pahat itu fungsinya sama dengan serut, hanya saja pahat bisa membuat permukaan kayu menjadi lebih rapi pada tempat yang sulit dijangkau. Pahat memiliki berbagai ukuran mulai dari 1 cm hingga 7 cm. Selain itu pahat juga bisa digunakan untuk mempermudah dalam membuat lubang purusan hingga lubang kunci.

Nah, itulah 7 peralatan tukang kayu yang sudah modern. Jika ingin menjadi tukang kayu profesional pastikan kamu harus melengkapi semua peralatan yang ada. Pasti deh pekerjaanmu akan lebih mudah!