7 Bisnis Online untuk Masa Tua yang Terjamin

  • Bagikan
7 Bisnis Online untuk Masa Tua yang Terjamin

7 Bisnis Online untuk Masa Tua yang Terjamin – Bagi sebagian orang, memasuki masa pensiun nampak menakutkan. Kita tidak bisa lagi bekerja sebagai karyawan. Oleh karenanya, pemasukan pun akan berkurang. Jika kita tidak bersiap, kita akan kewalahan mengatur keuangan saat pensiun kelak.

Punya masa tua yang terjamin dan sejahtera adalah impian semua orang. Tentu saja, agar hal tersebut tidak hanya menjadi sebatas impian saja kita perlu mengupayakannya. Sebisa mungkin, kita harus mulai sedini mungkin agar persiapan semakin maksimal.

Salah satu cara untuk mempersiapkan masa tua adalah menambah pemasukan dari berbisnis. Yuk, simak berbagai peluang usaha online yang cocok untuk mempersiapkan masa tua dalam ulasan berikut ini.

Baca Juga :  Era Digital dan Percetakan di Surabaya: Apakah Penggunaan Kertas Semakin Ditinggalkan?

Ternyata Usaha Kecil Menguntungkan juga Lho! - Modalku

1. Membuka online shop

Membuka online shop dapat menjadi pilihan untuk menambah penghasilan. Berkaca dari situasi pandemi seperti saat ini, bisnis berbasis online mampu bertahan. Selain itu, sudah banyak platform yang dapat dimanfaatkan untuk membuat online shop, mulai dari media sosial hingga e-commerce.

Jika ingin berbisnis yang lebih praktis, Anda bisa membuka online shop dengan menjadi agen reseller atau dropshipper. Anda pun tidak perlu repot-repot memproduksi barang.

2. Jadi freelance writer

Anda punya hobi menulis? Jika jawabannya ya, bisnis ini cocok sekali untuk Anda. Anda bisa menawarkan jasa menulis sebagai seorang freelancer writer alias penulis lepasan.

Banyak pihak yang membutuhkan jasa freelancer writer untuk membuat berbagai konten tulisan, misalnya untuk promosi bisnis atau kebutuhan lainnya. Sering-seringlah mengakses berbagai situs freelancer untuk mendapatkan lowongan freelance writer!

3. Jadi translator atau penerjemah

Bisnis online yang satu ini cocok bagi Anda yang mampu berkomunikasi dengan bahasa asing secara fasih. Anda dapat membuka jasa untuk menerjemahkan dokumen. Sama halnya dengan freelance writer, lowongan untuk pekerjaan translator banyak dipasang di berbagai situs khusus untuk freelancer.

4. Bisnis kuliner

Bisnis kuliner bisa dibilang tidak ada matinya. Pangan adalah kebutuhan pokok manusia, sehingga permintaan pun akan selalu Anda. Pikatlah orang-orang dengan menu makanan yang unik dan bercita rasa menarik.

Baca Juga :  Lagi Ngetrend Roti John Nih, Ini Resep Cara Menciptakan Roti John Pakai Roti Tawar Lezat Gampang

Oh iya, tidak harus jago masak untuk bisa mulai bisnis kuliner, lho. Anda bisa berbisnis di bidang ini dengan menjadi reseller atau dropshipper.

5. Investasi online

Mari menambah pemasukan dari investasi online. Kini, sudah banyak aplikasi untuk investasi yang bisa kita manfaatkan, misalnya untuk saham, reksadana, hingga menabung emas. Praktis sekali, bukan?

Perlu diingat, sebelum melakukan investasi tertentu, Anda perlu mempelajari seluk-beluk investasi tersebut baik-baik. Jangan sampai Anda salah memilih investasi, atau malah terjebak investasi bodong. Selain itu juga, gunakanlah ‘uang dingin’ alias uang yang tidak diperuntukkan untuk kebutuhan apapun untuk investasi.

6. Rental barang atau properti

Punya barang atau properti yang bisa disewakan? Coba promosikan secara online, yuk! Buatkan media sosial atau website khusus untuk jasa rental Anda agar mendapatkan pelanggan jadi semakin mudah.

Baca Juga :  Belajar Cara Menulis Artikel dari 5 Influencer Kelas Dunia

7. Jasa admin media sosial

Medsos alias media sosial kini menjadi kebutuhan penting suatu brand atau perusahaan. Tanpa adanya medsos, mereka pun akan sulit dikenal oleh masyarakat. Jasa mengelola medsos dengan menjadi admin pun banyak dibutuhkan.

Wah, ternyata banyak upaya yang bisa kita lakukan untuk mempersiapkan masa tua. Dibarengi dengan kemampuan mengelola keuangan yang baik, kerja keras Anda pasti akan membuahkan hasil. Oh ya, jangan lupa berdoa juga!

Jangan lewatkan berbagai artikel terkait serba-serbi bisnis online hanya disini, media belajar bisnis nomor satu. Selamat berbisnis, salam sukses!

  • Bagikan

KABAR PANDEGLANG ONLINE