7 Cara Atur Waktu untuk Kesuksesanmu

  • Bagikan
7 Cara Atur Waktu untuk Kesuksesanmu

7 Cara Atur Waktu untuk Kesuksesanmu – Waktu lebih berharga daripada uang, karena setelah berlalu kita tidak akan bisa mendapatkannya kembali. Oleh karenanya, waktu perlu dimanfaatkan sebaik mungkin.

Kesuksesan pun sangat bergantung kepada bagaimana kita menghabiskan waktu yang kita punya. Semakin bijak kita mengatur waktu, kita akan selangkah lebih dekat dengan kesuksesan. Lalu, bagaimana caranya untuk mengatur waktu dengan baik? Simak strateginya dalam ulasan berikut ini!

Berbagai cara atur waktu untuk kesuksesanmu
Menangani Manajemen Waktu yang Buruk yang Bisa Bahaya bagi Para Pencari  Kerja

1. Lakukan ‘pengauditan’ waktu

Pertama, kita perlu melakukan ‘audit’, untuk mengetahui bagaimana kita menghabiskan waktu selama ini. Sama halnya dengan audit dana, audit waktu dilakukan untuk mengulik bagaimana kita menghabiskan waktu yang kita miliki.

Cari tahu apa saja kegiatan sehari-hari yang dilakukan, serta berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk melakukan masing-masing kegiatan. Kemudian, identifikasi masing-masing waktu kegiatan. Apakah kegiatan tersebut sudah cukup efektif durasi waktunya, atau malah banyak dibuang-buang?

Baca Juga :  Syukurilah Apapun Pekerjaanmu Sekarang, Jangan Mengeluh dan Ikhlaslah!

2. Atur batasan waktu untuk setiap kegiatan

Agar waktu yang dihabiskan lebih efisien, tetapkan batasan waktu untuk setiap kegiatan yang kamu lakukan. Misalnya, kamu ingin membuat laporan. Kemudian, kamu pun memberi batasan waktu 2 jam. Dengan demikian, 2 jam tersebut hanya digunakan untuk membuat laporan dan tidak diselingi dengan hal-hal lainnya.

Mengatur batasan waktu akan membuat kita lebih fokus dalam melakukan sesuatu hingga tuntas. Tentunya, kita perlu disiplin agar tidak melanggar batasan waktu tersebut.

3. Buat to-do-list untuk hari esok

Merencanakan apa saja yang ingin dilakukan juga merupakan salah satu upaya untuk menggunakan waktu dengan efektif. Malam hari sebelumnya, buatlah to-do-list alias daftar kegiatan yang perlu dilakukan esoknya. Tak hanya dicatat saja, kita perlu berkomitmen agar semua to-do-list kita terlaksana.

4. Matikan notifikasi medsos

Asyiknya membuka medsos adalah salah satu jebakan maut yang menyedot waktu kita. Ada notifikasi muncul, lalu kita membukanya. Rasanya sih hanya scroll sebentar saja. Ternyata oh ternyata, kita menghabiskan waktu untuk scrolling medsos hingga satu jam!

Baca Juga :  4 Aplikasi Terbaik untuk Rapat Online Selain Zoom

Sering salah fokus karena medsos tentunya bisa diatasi. Matikan atau buat seluruh notifikasi medsos, atau atur dalam mode silent. Hal tersebut akan mengurangi distraksi untuk membuka medsos.

Saat pekerjaan sudah tuntas, tentunya boleh, dong, untuk membuka medsos. Tetap ingat waktu ya, jangan sampai keasyikan!

5. Lakukan tugas paling penting di pagi hari

Dari seluruh tugas yang perlu dituntaskan pada hari itu, tentukanlah tugas paling penting. Mark Twain memiliki pesan kuat mengenai hal ini, “Jika kamu ditugaskan untuk makan katak, sebaiknya tugas tersebut adalah hal yang pertama kali dilakukan di pagi hari. Dan jika kamu ditugaskan untuk makan dua katak, sebaiknya makanlah katak yang lebih besar.”

Apa yang disampaikan Mark Twain adalah, kita harus mendahulukan tugas paling penting di antara semua tugas yang kita miliki. Lalu, mengapa harus pagi hari? Pagi hari jadi waktu terbaik, karena kita lebih berenergi dibandingkan saat sore atau malam hari. Kita pun dapat menuntaskan tugas dengan lebih baik.

Baca Juga :  Tips Sukses Budidaya Lele di Rumah dengan Budikdamber

6. Tidak harus selalu jadi sempurna

Terkadang, kita bisa menjadi perfeksionis akan suatu tugas. Kita menginginkan tugas tersebut dikerjakan dengan sempurna. Namun, tidak selamanya hal yang sempurna lebih baik, apalagi jika kita menghabiskan terlalu banyak waktu untuk mencapai kesempurnaan. Tugas yang tuntas dengan tepat waktu jauh lebih baik dari tugas yang sempurna.

7. Ingat-ingat kembali apa tujuanmu

Menjadi bijak dalam mengatur waktu membutuhkan disiplin dan tekad yang kuat. Tak dipungkiri, kita akan menemui hambatan dan godaan yang bisa membuat kita jadi lalai. Saat hal tersebut terjadi, ingat-ingat kembali tujuan besarmu, bahwa kamu ingin meraih kesuksesan.

Kita akan semakin dekat kesuksesan saat kita melakukan hal-hal yang produktif. Sebaliknya, jika kita lalai dan menggunakan waktu dengan sia-sia, kita akan semakin jauh dengan tujuan yang ingin dicapai. Yuk, coba untuk lebih disiplin!

Simak juga berbagai artikel seputar produktivitas dan bisnis hanya disini, media belajar bisnis nomor satu. Selamat berbisnis, salam sukses!

  • Bagikan