9 Ciri Ciri Zaman Paleozoikum Lengkap Periodesasi Geologis

  • Bagikan

Dari sini kita sudah dapat melihat ciri ciri dari Zaman Paleozoikum. Zaman Paleozoikum memiliki ciri ciri yang berbeda dengan ciri ciri zaman Mesozoikum. Lantas apa saja ciri ciri dari zaman tertua satu ini ? Berikut ini kami telah merangkum informasi tentang Zaman Paleozoikum, yang akan kami sajikan secara jelas di bawah ini.

Ciri Ciri Zaman Paleozoikum Lengkap Periodesasi Geologis

Ciri Ciri Zaman Paleozoikum Lengkap Periodesasi Geologis

Periodesasi Geologis Zaman Paleozoikum

1. Periode Kambrium

Periode Kambrium merupakan periode paling awal pada Zaman Paleozoikum kira-kira terjadi pada 541 hingga 485 juta tahun yang lalu. Kemunculan periode ini ditandai dengan kemunculan Arthropoda berlapis baja

Baca Juga :  Biografi Penemu Sandi Morse dan Pencipta Telegraf

2. Periode Ordovisium

Periode Ordovisium merupakan periode dimana banyak dijumpai makhluk primitif. Periode ini terjadi pada 485-443 juta tahun yang lalu. Pada periode ini juga terjadinya kepunahan masal, dimana sekitar 60% invertebrata laut punah akibat penurunan permukaan laut.

3. Periode Silur

Periode silur menjadi periode perkembangan setelah kepunahan masal. Perkembangan berupa evolusi ikan tanpa rahang serta munculnya ikan air tawar pertama. Selain itu, di periode ini juga muncul “Cooksonia” yang menjadi cikal bakal tanaman di zaman sekarang. Pada periode ini juga terdapat 4 benua, antara lain Laurentia (Amerika Utara), Baltica (Eropa Utara), Gondwana (Afrika, Amerika Selatan, Australia, Antartika, Siberia), dan Avalonia (Eropa Barat).

  • Bagikan