9 Ciri Ciri Zaman Paleozoikum Lengkap Periodesasi Geologis

  • Bagikan

4. Periode Devonian

Terjadi sekitar 416-359 juta tahun lalu, menjadi periode puncak perkembangan ikan. Pada periode ini ditandai dengan munculnya ikan lapis baja (Dunkleosteus) dan ikan bersirip lobus yang berevolusi menjadi arthropoda pertama dan tanaman sudah memiliki lignin yang berguna untuk tumbuh lebih tinggi dan mempunyai jaringan lainnya. Pada periode ini juga terjadi kepunahan dimana sekitar 70% spesies punah.

5. Periode Karbon

Terjadi sekitar 359-299 juta tahun lalu. Pada saat periode ini banyak ditemukan rawa-rawa tropis dan tumbuhan yang memiliki lignin sudah tersebar luas. Di sebut periode karbon karena berasal dari bakteri atau jamur yang memakan lignin tumbuhan setelah mati terkubur sehingga menciptakan karbon yang menjadi batubara.

Baca Juga :  Presiden Ri Ir. H. Joko Widodo Resmikan Gedung Untirta Banten

6. Periode Permian

Terjadi sekitar 299-252 juta tahun yang lalu dan menjadikan periode ini menjadi periode akhir zaman Peleozoikum. Pada periode ini terjadi kepunahan masal yang sangat besar karena disebabkan oleh bencana yang melanda seluruh penjuru bumi. Pada saat periode Permian terjadi pembentukan induk benua atau Pangea dan dikelilingi oleh satu samudera yang biasa disebut dengan istilah Panhalassa.

  • Bagikan