Acuan Soal Beribadah Terhadap Allah Swt Sebagai Wujud Rasa Syukur

  • Bagikan
Acuan Soal Beribadah Terhadap Allah Swt Sebagai Wujud Rasa Syukur

Contoh Soal Beribadah Kepada Allah SWT Sebagai Wujud Rasa Syukur – Ibadah secara bahasa (etimologi) mempunyai arti merendahkan diri serta tunduk. Sedangkan berdasarkan syara’ (terminologi), ibadah memiliki banyak definisi, namun makna dan maksudnya satu. Definisi itu antara lain yakni:

  • Ibadah ialah taat terhadap Allah dengan melakukan perintah-Nya lewat ekspresi para Rasul-Nya.
  • Ibadah yaitu merendahkan diri kepada Allah Azza wa Jalla, adalah tingkatan tunduk yang paling tinggi dibarengi dengan rasa mahabbah (kecintaan) yang paling tinggi.
  • Ibadah ialah istilah yang meliputi seluruh apa yang dicintai dan diridhai Allah Azza wa Jalla, baik berupa ucapan atau tindakan, yang zhahir maupun yang bathin. Yang ketiga ini ialah definisi yang paling komplet.
Baca Juga :  Teladan Soal Al – Qur’An Dan Hadist Opsi Ganda Dan Jawaban

Ibadah inilah yang menjadi tujuan penciptaan insan. Allah berfirman:

وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْإِنسَ إِلَّا لِيَعْبُدُونِ مَا أُرِيدُ مِنْهُم مِّن رِّزْقٍ وَمَا أُرِيدُ أَن يُطْعِمُونِ إِنَّ اللَّهَ هُوَ الرَّزَّاقُ ذُو الْقُوَّةِ الْمَتِينُ

“Dan Aku tidak membuat jin dan manusia melainkan biar mereka beribadah kepada-Ku. Aku tidak mengharapkan rizki sedikit pun dari mereka dan Aku tidak menghendaki semoga mereka memberi makan terhadap-Ku. Sesungguhnya Allah Dia-lah Maha Pemberi rizki Yang memiliki kekuatan lagi sungguh kokoh.” [Adz-Dzaariyaat: 56-58]

  • Bagikan

KABAR PANDEGLANG ONLINE