Kabar Pandeglang Online
Portal Berita PAndeglang Terkini & Terupdate

Aktivitas Literasi 2 Satria Buku

44

KABARPANDEGLANG.COM – Pahlawan adalah orang yang menonjol alasannya keberaniannya dan pengorbanannya dalam membela kebenaran, atau pejuang yang gagah berani. Kata hero berasal dari bahasa Sansekerta phala-wan.

Arti dari istilah Sansekerta tersebut adalah orang yang dirinya menghasilkan buah (phala) yang berkualitas bagi bangsa, Negara dan agama. Untuk menjadi seorang pendekar tidak harus berperang, namun dapat dilakukan dengan melakukan hak dan kewajiban masing-masing seperti pada cerita di bawah ini.

Pahlawan Buku

Penulis: Ganda Rudolf

Saat jam istirahat, di salah satu sekolah dasar di Kebumen, Jawa Tengah, dua siswi perempuan menelusuri koridor sekolah menuju perpustakaan.

”Nur, bukankah sebelum kau pinjam, buku ini sudah rusak?” kata Sekar membolak-balik buku di tangannya. Pangling. Ia mengambil buku di genggaman teman sebangkunya itu.

“Iya, aku yang merekatkan kembali lembaran-lembaran halaman yang terlepas dengan lem,” jawab Nur tersenyum.

“Aih, Nur. Buat apa sih kamu repot-repot mirip itu? Nanti juga buku itu rusak lagi!” cetus Sekar. Nur hanya tersenyum.

Sekarang, mereka sudah datang di perpustakaan.

“Selamat pagi, Bu Maya!” sapa Nur dan Sekar kepada Bu Maya petugas Perpustakaan.

“Selamat pagi juga Nur dan Sekar,” balas Bu Maya. Bu Maya lalu menerima buku-buku dari Nur dan Sekar. Ia sibuk mencocokkan nomor induk di lembaran tanggal kembali yang tertempel pada buku dengan nomor induk pada kantong peminjam.

Baca Juga :  Penyebab Terjadinya Gangguan Pernapasan

Selagi menunggu, Nur berbisik kepada Sekar. “Sekar, coba lihat di pojokan belakang meja Bu Maya.”

Pahlawan adalah orang yang menonjol karena keberaniannya dan pengorbanannya dalam membela Kegiatan Literasi 2 Pahlawan Buku

“Oh, tumpukan buku-buku yang sudah rusak itu,” tanggap Sekar. “Lalu memangnya kenapa? Buku-buku itu kan nanti diperbaiki lagi oleh pengurus perpustakaan.”

“Memang, sih,” sahut Nur.

Setelah mendapatkan kantong peminjaman lagi, Nur dan Sekar menuju rak buku-buku yang rusak. ”Butuh waktu usang memperbaiki buku-buku ini semua, Sekar,” kata Nur. “Yang rugi kita juga, lho! Coba bila buku yang ingin kita baca ternyata ada di antaranya!”

“Iya, ya? Padahal, buku-buku yang rusak ini masih kelihatan baru!”

“Itu karena peminjamnya tidak memperlakukan buku dengan baik,” imbuh Nur.

Sekar jadi termenung. “Mereka yang merusak buku ini tampaknya tidak menghargai buku-buku yang sudah memberikan banyak ilmu pengetahuan dan wawasan ya!” keluh Sekar.

“Nah, itu kau sadar,” kata Nur menepuk lembut pundak Sekar. “Kalau bukan dimulai dari kita, siapa lagi yang mau peduli dengan buku?”

“Kalau begitu, sekarang saya pinjam buku-buku yang rusak ini saja, deh!”

Baca Juga :  Jenis-Jenis Tumbuhan Sayuran

Sekar mengambil dua buku dari kumpulan buku-buku yang rusak itu.

“Lho, itu kan halaman tengahnya sudah lepas? Tidak lezat jikalau dibaca,” goda Nur.

“Tidak apa-apa. Nanti saya perbaiki dahulu gres dibaca,” jawab Sekar semangat.

“Nah, kini sudah ada dua hero buku di sekolah kita!” celetuk Bu Maya. Diam-diam Bu Maya mendengar dialog Nur dan Sekar tadi.

“Eh, Bu Maya. Ibu bisa saja,” kata Nur dan Sekar bersamaan dengan tersipu-sipu.

Gunakan tabel berikut ini untuk membantumu menjelaskannya. Lalu, ceritakanlah isi cerita di atas kepada sobat-sobat dalam kelompokmu!

Ulasan Teks
Judul Cerita Pahlawan Buku
Pengarang Ganda Rudolf
Tokoh Utama: Nur dan Sekar
Tokoh Lain Bu Maya
Di manakah cerita ini terjadi? Salah satu sekolah dasar di Kebumen, Jawa Tengah
Apa yang terjadi dengan tokoh utama? Nur dan sekarmelihat banyak buku perpustakaan yang rusak
Mengapa hal itu terjadi? Buku perpustakaan rusak sebab peminjamnya tidak memperlakukan buku dengan baik
Bagaimana problem dalam kisah ini diselesaikan? Nur dan sekar meminjam buku yang rusak untuk diperbaiki
Kapankah waktu terjadinya dongeng ini? Saat jam istirahat
Pesan apakah yang kamu dapatkan dari kisah di atas?
Setiap anggota masyarakat harus melaksanakan kewajibannya dengan baik sehingga dapat memperoleh haknya dengan baik pula.
Baca Juga :  Volume Adonan Berdiri Ruang Kelas Vi Sd Kurtilas

Perhatikanlah siapa saja yang terlibat di perpustakaan. Lalu, cari tahu tugas mereka masingmasing hak dan kewajibannya. Perhatikan juga kemungkinan yang terjadi bila salah satu dari orang yang terlibat di perpustakaan tidak melaksanakan tanggung jawabnya.

Gunakan tabel berikut untuk membantumu. Setelah itu, jelaskanlah hasil pekerjaanmu kepada sobat sebangkumu!

Orang yang Terlibat di Perpustakaan Sekolah Peran Hak Kewajiban
Petugas Perpustakaan Memberikan pelayanan kepada pengunjung perpustakaan Menegur pengunjung yang kurang disiplin Memberikan pelayanan terbaik kepada setiap pengunjung perpustakaan
Pengunjung Perpustakaan Menggunakan buku perpustakaan sebagai sumber informasi Mendapatkan buku yang diharapkan Mematuhi semua peraturan yang ada di perpustakaan
Penjaga Sekolah Membantu petugas perpustakaan Menegur siswa yang membauang sampah sembarangan Menjaga kebersihan perpustakaan
Kemungkinan yang terjadi jika salah satu orang yang terlibat di dalam perpustakaan tidak melakukan tanggung jawabnya:
Jika petugas perpustakaan tidak melakukan tanggungjawabnya maka banyak pengunjung perpustakaan yang kecewa sebab buku yang diharapkan tidak ditemukan.

Terima kasih telah membaca artikel di website kabarpandeglang.com, semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat bagi kamu dan bisa dijadikan referensi. Artikel ini telah dimuat pada kategori pendididkan https://kabarpandeglang.com/topik/pendidikan/, Jangan lupa share ya jika artikelnya bermanfaat. Salam admin ganteng..!!

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More