Kabar Pandeglang Online
Portal Berita PAndeglang Terkini & Terupdate

Aktivitas Pelelangan Ikan

150

KABARPANDEGLANG.COM – Kegiatan pelelangan ikan merupakan sebuah aktivitas pertemuan antara para nelayan penangkap ikan sebagai penjual ikan dengan para pembeli, yang biasanya yakni para pedagang ikan.

Dalam pelelangan ikan, para pembeli akan melakukan penawaran secara langsung yang dibantu oleh juru lelang. Para juru lelang ini akan memperlihatkan harga, dari harga paling rendah yang ditentukan penjual. Lalu para pembeli akan melakukan penawaran. Pembeli dengan harga penawaran tertinggi akan menerima barangnya.

Para penjual adalah para nelayan yang biasanya menangkap ikan di bahari secara berkelompok. Hasil tangkapan ikan segar mereka, akan dibawa ke Tempat Pelelangan Ikan (TPI) untuk ditimbang, lalu diletakkan berjajar dengan hasil tangkapan nelayan yang lain. Setelah semua hasil tangkapan ikan diletakkan dan semua pembeli siap melaksanakan pelelangan, juru lelang akan memulai proses jual beli.

Kegiatan pelelangan ini biasanya hanya berlangsung beberapa jam saja, sebab ikan segar harus segera dipasarkan. Para nelayan penangkap ikan, berharap hasil tangkapannya akan menerima harga yang layak untuk memenuhi hidup keluarganya. Hasil penjualan ikan ini pun, harus dibagi dengan nelayan dalam kelompoknya.

Baca Juga :  Jenis-Jenis Interaksi Sosial Berdasarkan Subjek

Tempat Pelelangan Ikan (TPI) biasanya dibangun di kawasan pelabuhan ikan, dimana para nelayan biasa berlabuh untuk membawa hasil tangkapannya. TPI biasanya dibangun oleh pemerintah setempat dengan tujuan untuk melindungi para nelayan biar hasil tangkapannya mendapatkan harga yang baik untuk memenuhi kehidupan keluarganya.

Pembeli ikan di kawasan pelelangan, biasanya yaitu pedagang besar yang akan menjual kembali hasil lelang ikan ke pasar-pasar. Para pembeli ikan ini tidak hanya berasal dari kawasan setempat, bisa juga berasal dari daerah yang lain.

Para pedagang ikan ini, akan menjual hasil bahari terutama ke tempat-tempat yang jauh dari pantai, seperti di kota atau di kawasan pegunungan. Oleh risikonya, para pedagang ini memerlukan alat transportasi untuk membawa barang dagangannya ke kawasan-daerah lain yang membutuhkan.

Bersama dengan sobat sebangkumu, cobalah untuk memilih tugas setiap orang yang terlibat di dalam acara pelelangan ikan tersebut. Tuliskanlah hasil identifikasi di dalam tabel di bawah ini.

Baca Juga :  Perubahan Yang Terjadi Pada Sebuah Ekosistem
Hasil Pengamatan Gambar dan Bacaan
Nelayan Peran : Sebagai penjual ikan di TPI
Juru Lelang Peran : Menawarkan harga kepada calon pembeli
Pedagang Besar Peran : Menjual ikan ke tempat lain
Penyedia alat transportasi Peran : Membawa ikan dari TPI ke kawasan lain

Kesimpulan apa yang mampu kamu ambil dari hasil pengamatanmu?

Setiap warga negara memiliki tugas berbeda serta mempunyai hak dan kewajiban yang berbeda satu dengan yang lain.

Tentukanlah tugas setiap orang yang terlibat di dalamnya, juga hak dan kewajibannya. Gunakan peta pikiran berikut untuk menuliskan ilham dan pendapatmu.

Kegiatan pelelangan ikan merupakan sebuah kegiatan pertemuan antara para nelayan penangkap Kegiatan Pelelangan Ikan

Setiap warga negara, apa pun kegiatannya, mempunyai hak dan kewajiban tertentu. Setiap kegiatan yang dilakukan sebagai bentuk interaksi dengan lingkungannya, akan memperlihatkan dampak secara ekonomi dan sosial budaya dalam masyarakat tersebut.

Kegiatan pelelangan ikan melibatkan banyak orang. Setiap yang terlibat, memiliki tugas yang berbeda agar acara pelelangan itu berjalan sesuai tujuannya. Orang-orang yang memiliki tugas berbeda tersebut, juga mempunyai hak dan kewajiban yang berbeda satu dengan yang lain.

Baca Juga :  Kejadian Perlawanan Terhadap Portugis

Terima kasih telah membaca artikel di website kabarpandeglang.com, semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat bagi kamu dan bisa dijadikan referensi. Artikel ini telah dimuat pada kategori pendididkan https://kabarpandeglang.com/topik/pendidikan/, Jangan lupa share ya jika artikelnya bermanfaat. Salam admin ganteng..!!

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More