Alat Gerak Pada Kelinci Dan Siput

  • Bagikan

KABARPANDEGLANG.COM – Berdasarkan struktur tubuhnya hewan  terbagi menjadi 2 kelompok besar adalah vertebrata dan avertebrata.  Vertebrata yakni kelompok ewan yang memiliki tulang belakang dan avertebrata yakni kelompok binatang yang tidak mempunyai tulang belakang. Ciri khas binatang vertebrata yakni memiliki tulang blakang yang berfungsi untuk menopang berat badan hewan tersebut.

Kelinci termasuk hewan vertebrata, sedangkan siput merupakan hewan avertebrata. Hewan avertebrata merupakan binatang yang tidak mempunyai tulang belakang. Adapun ciri-ciri binatang avertebrata lainnya antara lain biasanya susunan syarafnya berada di perut, mempunyai rangka luar, dan otaknya tidak terlindungi oleh rangka.

Contoh hewan avertebrata lainnya yaitu siput, serangga, cacing, ubur-ubur, cumi-cumi, dan lain-lain.

Salah satu ciri makhluk hidup yaitu mampu bergerak atau berpindah dari satu kawasan ke daerah yang lain. Sistem gerak yang terdapat pada Vertebrata dan Avertebrata memiliki fungsi yang sama yakni berafiliasi dengan bentuk rangka dan tubuh hewan, walaupun binatang tersebut berpindah kawasan dengan cara yang berbeda satu sama lain.

Baca Juga :  Macam Macam Bentuk Dan Sumber Energi

Temukan perbedaannya!

Berdasarkan struktur tubuhnya hewan  terbagi menjadi Alat Gerak Pada Kelinci dan Siput
Berdasarkan struktur tubuhnya hewan  terbagi menjadi Alat Gerak Pada Kelinci dan Siput
Karakteristik Kelinci Karakteristik Siput
  1. Bertulang belakang
  2. Gerakannya lincah dan cepat
  3. Berpindah daerah dengan berlari, berjalan, dan meloncat
  4. Tubuh ditumbuhi oleh bulu-bulu
  5. Alat gerak sepasang kaki depan dan sepasang kaki belakang.
  6. Beranak
  1. Tidak bertulang belakang
  2. Gerakannya lambat
  3. Berpindah kawasan seperti merayap
  4. Siput memiliki cangkang keras diluarnya sebagai pelindung
  5. Alat gerak kaki perut lebar dan pipih.
  6. Bertelur

Amatilah organ gerak beberapa binatang berikut.

No. Nama Hewan Nama Organ Gerak Fungsi
1. Siput Kaki perut dengan
bentuk pipih dan lebar
Fungsi utama kaki perut pada siput yakni untuk bergerak dan berpindah daerah.
2. Belalang Kaki dan sayap Belalang bergerak dengan kaki dan sayap. Kaki berfungsi untuk melompat, dan sayap berfungsi untuk terbang
3. Cacing Otot perut Fungsi dari otot perut pada cacing ialah untuk melakukan kontraksi dan relaksasi sehingga mampu menghasilkan gerakan mengkerut dan memanjang.
4. Ubur-ubur Otot Untuk bergerak maju, ubur-ubur mengambil air ke dalam otot bel mereka kemudian meyemprotkannya keluar dari belakang badan mereka. Selain melalui gerakan itu, ubur-ubur juga bergerak dengan cara melayang pada arus air.
Baca Juga :  Iklan Elektro Upaya Menjaga Kesehatan

Ayo Berkreasi

Pilihlah salah satu hewan avertebrata. Kemudian buatlah model sederhana organ gerak dari hewan yang kau pilih tersebut memakai plastisin. Buatlah sebaik mungkin sesuai dengan keadaan aslinya. Perhatikan pola berikut.

Berdasarkan struktur tubuhnya hewan  terbagi menjadi Alat Gerak Pada Kelinci dan Siput

Ayo Berdiskusi

Ceritakan gambar yang telah kau buat di hadapan guru dan sobat-sahabat satu kelasmu. Mintalah pendapat atau masukan dari guru dan sobat-temanmu.

Organ gerak siput yaitu kaki perut dengan bentuk pipih dan lebar. Otot perut yang berfungsi sebagai alat geraknya yang akan mengangkat bagian tubuh siput , dan menggerakkannya ke arah depan , memiliki banyak kelenjar penghasil lendir , lendir inilah yang membantu siput mencengkeram dikala sedang memanjat.

Terima kasih telah membaca artikel di website kabarpandeglang.com, semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat bagi kamu dan bisa dijadikan referensi. Artikel ini telah dimuat pada kategori pendididkan https://kabarpandeglang.com/topik/pendidikan/, Jangan lupa share ya jika artikelnya bermanfaat. Salam admin ganteng..!!

  • Bagikan