Kabar Pandeglang Online
Portal Berita PAndeglang Terkini & Terupdate

Ansambel Musik Sejenis

68

KABARPANDEGLANG.COM – Istilah ansambel berasal dari bahasa Perancis yang mempunyai arti rombongan musik atau sandiwara. Menurut kamus musik ansambel yaitu kelompok acara musik dengan jenis acara yang  mirip yang tercantum dalam sebutannya. Seperti ansambel tari dan nyanyi, ansambel rekorder, dan ansambel gitar.

Secara garis besar ansambel dapat diartikan sebagai bermain musik secara bantu-membantu dengan memakai alat musik tertentu. Berdasarkan penyajiannya ansambel musik dibagi menjadi dua yaitu ansambel musik sejenis dan amsambel musik adonan.

A. Jenis Musik Ansambel

Musik ansambel gabungan, yakni bentuk penyajian musik ansambel yang menggunakan beberapa jenis alat musik. Alat – alat musik yang digunakan beberapa/bermacam – macam jenis alat musik. Contoh : ansambel adonan yang akan memainkan lagu – lagu tertentu, maka alat musik yang digunakan terdiri beberapa macam alat musik, antara lain recorder, pianika, gitar, castanget, triangle, tambourine, dan cymbal.

Baca Juga :  Wawasan Nusantara Dalam Bidang Ekonomi

Ansambel musik sejenis merupakan ansambel yang menggunakan alat musik sejenis, misalnya rekorder, pianika, atau tamborin. Alat musik yang digunakan dapat berupa alat-alat musik ritmis atau melodis. Keberhasilan bermain ansambel musik sejenis terletak pada beberapa hal, adalah :

  1. Pembagian alat musik yang seimbang.
  2. Memainkan alat musik secara disiplin, tertib, memperhatikan partitut, dan dirigen
  3. Kerja sama antar pemain ansambel. Keharmonisan sert keselarasan dlam hidangan musik ansambel yakni ditentukan adanya kekompakan antarpemain
  4. Keseimbangan nada antara pemain musik ansambel.

Berdasarkan peranan dan fungsi alat-alat musik yang dipakai, music ansambel dikelompokan menjadi 3 macam:

  1. Ansambel melodis, ialah alat music yang digunakan berfungsi untuk memainkan rangkaian nada-nada yang merupakan melodi lagu. Contohnya piano, rekorder, pianika, biola, terompet, dan harmonica.
  2. Ansambel ritmis, yakni alat music yang digunakan berfungsi untuk mengatur irama sebuah lagu. Contohnya tamborin, drum set, triangle, gong, dan gendang.
  3. Ansambel serasi, yakni alat music yang dipakai bisa berfungsi untuk memainkan melodi lagu dan juga mengatur irama lagu.
Baca Juga :  Menciptakan Mainan Kupu Kupu Kertas

Bermain Ansambel Sejenis

Sebelum memaminkan ansambel sejenis bentuklah kelompok pemain berama sobat-taman. Berikut ini lagu yang dapat dipakai untuk latihan ansambel sejenis.

Istilah ansambel berasal dari bahasa Perancis yang memiliki arti rombongan musik atau sand Ansambel Musik Sejenis

Jika latihan dilakukan dengan tekun dan kerjasama yang baik tentunya ansambel musik sejenis sederhana ini dapat berhasil dengan baik. Selamat mencoba.

Terima kasih telah membaca artikel di website kabarpandeglang.com, semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat bagi kamu dan bisa dijadikan referensi. Artikel ini telah dimuat pada kategori pendididkan https://kabarpandeglang.com/topik/pendidikan/, Jangan lupa share ya jika artikelnya bermanfaat. Salam admin ganteng..!!

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More