Apa Bedanya Virus Flu Biasa dengan Coronavirus-19?

  • Bagikan
Default Social Share Image

Vaksin Corona – Pandemi Coronavirus-19 atau COVID-19 seolah sudah menjadi topik utama pada tahun 2020. Siapa sangka bila suatu virus flu dari Wuhan di China yang dianggap ‘normal’ berubah menjadi momok menakutkan yang menjatuhkan dunia!

Seiring berjalannya waktu, banyak yang mulai meragukan Covid-19 dan dianggap sebagai sebuah flu biasa yang akan sembuh dengan sendirinya. Apakah benar demikian? Lalu mengapa Covid-19 menjadi pandemi?

Mari kita menilik apa itu pandemi terlebih dahulu, lalu apa bedanya dengan virus flu biasa yang biasa terjadi pada siapa saja.

Pandemi: sebuah masalah global yang dihadapi bersamaan

Suatu penyakit menular disebut sebagai pandemi jika sudah menyebar ke wilayah luas, antar negara, bahkan bisa dibilang seluruh dunia! Penderitanya pun terus bertambah karena tingkat infeksi atau penularan yang tinggi. Salah satu contoh pandemi yang terkenal adalah TBC dan flu spanyol.

Baca Juga :  6 Fakta Generasi Millenial yang Perlu Diketahui Pebisnis Online

Pengklasifikasian suatu penyakit sebagai pandemi pun sudah memiliki tahapan tersendiri oleh World Health Organization (WHO). Suatu pandemi diumumkan ketika mencapai fase ke-6 yaitu penularan antar manusia serta muncul dan bertahan di berbagai negara sekaligus.

  • Bagikan