Mengenal Asal Usul Kabupaten Pandeglang dan Sejarah Terbentuknya

  • Bagikan
kode pos kabupaten pandeglang

Kawasan selatan terdapat rangkaian pegunungan, sungai yang mengalir di antaranya Sungai Ciliman yang mengalir ke arah barat, dan Sungai Cibaliung yang mengalir ke arah selatan.

Pilihan Editor : Sejarah Singkat Kabupaten Pandeglang

Asal Usul Kabupaten Pandeglang

Nama “Pandeglang” sekarang digunakan ini baik sebagai Ibu Kota Kabupaten maupun sebagai nama Kabupaten hal ini ada beberapa pendapat antara lain :

Kata Pandeglang berasal dari kata “Pandai Gelang” yang berarti orang tukang atau tempat menempa gelang. Pendapat ini dikaitkan dengan legenda “Si Amuk” yang konon kabarnya pada Zaman Kesultanan Banten, di Desa Kadupandak ada seorang tukang Pandai (tukang besi) yang termasyur pandai.

Meriam Ki Amuk

Mengenal Asal Usul Kabupaten Pandeglang dan Sejarah Terbentuknya

Meriam Ki Amuk (samping)

Sultan Banten yang memerintah pada waktu itu menyuruh tukang pandai besa di desa tersebut untuk membuat gelang meriam bernama si AMUK, karena di daerah lain tukang pandai besi tidak ada yang sanggup untuk membuatnya.

Oleh karena pandai besi tersebut berhasil membuatnya maka daerah Kadupandak dan sekitarnya disebut orang Pandeglang yang selanjutnya berkembang menjadi salah satu distrik di Kabupaten Serang;

  • Bagikan