Bagaimana Memotivasi Karyawan Hanya Dalam Waktu 5 Menit

  • Bagikan
Default Social Share Image

Bagaimana Memotivasi Karyawan Hanya Dalam Waktu 5 Menit – Terkadang Anda sebagai pengusaha menemui penurunan motivasi pada karyawan Anda. Tak perlu khawatir karena manusiawi jika karyawan mengalami dinamika dalam motivasinya. Namun Anda sebagai seorang pimpinan yang harus peka dan tanggap untuk membarakan kembali motivasi karyawan Anda.

Memotivasi karyawan Anda memang memiliki nilai seni daripada sains, dan tim kami akan membahas 4 teknik yang akan meningkatkan motivasi karyawan Anda hanya dalam waktu singkat.

Bagaimana memotivasi karyawan hanya dalam waktu 5 menit? Simak caranya dibawah ini:

1. Fokus pada Visi

Salah satu yang paling pemicu motivasi universal adalah menghubungkan tindakan saat ini dengan visi yang lebih besar. Jika Anda melihat kurangnya motivasi atau produktivitas karyawan, itu mungkin karena mereka telah kehilangan hubungan antara apa yang mereka lakukan dan “apa” yang ingin mereka raih di perusahaan. Secara aktif, motivasilah mereka dengan mengingatkan mereka akan visi mereka dan visi perusahaan.

Baca Juga :  5 Tanda Bahwa Kamu Sebenarnya Tidak Diinginkan Oleh Temanmu

2. Tekankan pentingnya proses

Terkadang tim menunda-nunda pekerjaan karena mereka berpikir tidak ada salahnya menunda tugas-tugas tertentu. Padahal menunda pekerjaan ini menjadikan turunnya motivasi mereka. Untuk itu, Anda perlu menjelaskan rangkaian proses yang diperlukan untuk mencapai tujuan besar. Tidak ada proses yang tidak penting.

3. Perhatikan apa yang menggairahkan Karyawan

Anda bisa mencari tahu apa yang menggairahkan mereka ketika bercakap cakap langsung dengan mereka. Perhatikan gesture tubuhnya ketika mengucapkan hal-hal tertentu. Jika saat mengucapkan suatu hal gesture yang ditampilkan adalah gesture positif misalnya nada suara yang semakin mengeras, atau gerakan yang lebih tegak atau condong kedepan, maka hal ini bisa anda jadikan kunci. Ketika Anda mendeteksi lebih banyak energi di balik kata-kata tertentu, maka gunakan kata kunci tersebut untuk membantu memotivasi mereka.

Baca Juga :  Siapa Bilang Menulis itu Sulit? Ini Dia Cara Mudahnya

4. Akui Keberhasilan Karyawan

Salah satu cara terbaik untuk memotivasi karyawan adalah mengakui dan menghargai keberhasilannya. Jika Anda memotivasi karyawan hanya berupa tindakan, tetapi tidak mengakui prestasi, maka mereka akan tetap merasa letih. Pengakuan atas kesuksesan di masa lalu adalah motivator yang berpengaruh di masa depan.

Anda sebagai seorang pengusaha harus menjadi sumber motivasi bagi karyawan anda. Kepekaan dan perhatian anda sangat diperlukan agar karyawan terus termotivasi dalam melakukan tugasnya. Ingatlah bahwa mereka adalah tim anda yang menjadi penggerak anda mencapai kesuksesan bisnis anda.

  • Bagikan