5 Cara Basmi Rayap Rumah secara Alami dan Musnah Seketika

oleh -9.641 views

KABARPANDEGLANG.COM, 5 Cara Basmi Rayap Rumah secara Alami dan Musnah Seketika – Serangan rayap menjadi momok yang merepotkan bagi pemilik rumah karena sering menyerang berbagai perabotan. Bagaimana sih cara membasmi rayap yang ampuh? Hama yang satu ini kehadirannya memang sangat menyebalkan.

Pasalnya mereka selalu hadir dalam satu koloni lengkap beserta ratu rayap ketika bersarang di rumah. Alhasil, perabotan dari bahan kayu, buku-buku, dokumen, hingga uang kertas sering musnah digerogoti rayap.

Rayap merupakan salah satu masalah yang kerap dijumpai pada rumah-rumah atau furnitur berbahan kayu. Selain menjengkelkan, keberadaan rayap juga membuat material rumah dan perabot berbahan kayu jadi tidak tahan lama.

Mengenal Apa Itu Rayap

Untuk bisa mengalahkan musuh, maka Anda perlu terlebih dahulu mengenal apa dan siapa musuh Anda tersebut. Begitu pula dengan rayap yang dalam hal ini adalah “musuh” Anda dan rumah Anda.

Apa dan siapa sih hewan bernama rayap ini?

Rayap adalah sejenis serangga yang sangat menyukai kayu sebagai makanannya. Seperti halnya semut, rayap hidup secara berkelompok dan memiliki tugas tertentu yang berbeda-beda, dari mulai ratu rayap hingga rayap pekerja.

Masing-masing bagian rayap bekerja dengan tujuan untuk membangun koloni dan memastikan ratu rayap dapat berkembang biak dengan lancar. Jumlah rayap yang sangat banyak tersebut didukung oleh kemampuan ratu rayap yang dalam sehari dapat mengeluarkan hingga 30 ribu butir telur.

Jenis Rayap Berbahaya Bagi Rumah Anda

Rayap si silent destroyer ini tak cuma memiliki satu jenis karena menurut perkiraan ada sekitar 120 jenis rayap di dunia ini. Dari 120 jenis rayap yang diperkirakan ada di dunia ini, Anda hanya perlu mengetahui tiga jenis rayap yang ada di sekitar. Ketiga jenis rayap inilah yang biasa menjadi sumber kerusakan pada furnitur serta bagian-bagian rumah Anda.

Baca Juga :  Perumahan Murah Bersubsidi Di Teluk Wondama, Papua Barat

Rayap Tanah

Koloni rayap tanah yang memiliki nama latin subterranean termites dan sesuai namanya hanya hidup di bawah permukaan tanah. Rayap tanah dikenal sebagai serangga yang memiliki hubungan sosial paling baik karena selalu hidup dalam jumlah yang sangat besar.

Hewan ini hidup dengan mengandalkan suhu lembap tanah, oleh karena itu kehidupan mereka tak bisa jauh-jauh dari tanah. Kelompok rayap tanah biasanya merusak rumah dengan cara membuat terowongan di dalam tanah yang digunakan sebagai akses masuk ke dalam rumah.

Rayap Kayu Kering

Meskipun umumnya rayap senang dengan kondisi suhu yang lembap, namun ada juga jenis rayap yang cukup berbeda karakteristiknya. Rayap kayu kering tak hanya menyukai tanah dan kayu basah yang lembap, mereka bahkan lebih menyukai makan dan tinggal di antara kayu kering.

Berbeda dengan rayap tanah, rayap kayu kering bernama latin drywood termites ini hidup dalam koloni yang jauh lebih kecil tak lebih dari seribu ekor. Jenis rayap ini memang tak terlalu produktif, namun kerusakan yang ditimbulkannya tetap saja cukup fatal.

Rayap Kayu Basah

Jenis rayap terakhir yaitu rayap kayu basah yang bernama latin dampwood termites dan senang tinggal di antara kayu busuk dan lapuk. Salah satu contoh kayu yang paling digemari oleh rayap kayu basah ialah kayu yang sering terkena air hujan. Aktivitas rayap kayu basah juga tak hanya terbatas di dalam rumah saja, tetapi juga di luar rumah.

Cara Basmi Rayap Rumah secara Alami dan Musnah Seketika

Sebenarnya ada banyak cara membasmi rayap, namun sebaiknya tidak mengandalkan obat-obatan kimia sebagai cara membasmi rayap karena risiko kesehatan yang ditimbulkannya. Sebaliknya, cara basmi rayap secara alami dipandang lebih aman.

Baca Juga :  Perumahan Murah Bersubsidi Di Sorong, Papua Barat

Sebelum hal itu terjadi, sebaiknya pahami cara membasmi rayap berikut ini agar rumah Anda tak roboh dan menjadi sarang rayap. Buat Anda yang mempunyai masalah serupa, yuk intip Cara Basmi Rayap Rumah secara Alami dan Musnah Seketika berikut ini! :

Jangan Pelit Ventilasi Rumah

Rayap cenderung menyukai tempat yang lembap dan minim sinar matahari. Jika memiliki rumah dan banyak perabot berbahan kayu, maka cara membasmi rayap yang pertama adalah membangun ventilasi yang memadai sehingga sinar matahari dapat masuk ke tiap sudut rumah. Dengan begitu, furnitur berbahan kayu pun tidak akan mudah dimakan rayap.

Jika beberapa perabot berbahan kayu terlanjur diserang rayap, maka cara membasmi rayap selanjutnya adalah menjemur perabotan tersebut pada area terbuka. Hal ini memudahkan sinar matahari langsung untuk mengusir rayap.

Menutup retakan di setiap sisi rumah

Hal yang paling harus diperhatikan untuk Anda yang memiliki rumah adalah memeriksa secara berkala kondisi rumah. Kita tidak pernah menyadari adanya retakan jika tidak diperiksa secara teliti. Retakan yang muncul tersebut dapat menjadi jalan bagi rayap untuk masuk ke dalam rumah sehingga kita kewalahan untuk mencari cara membasmi rayap ketika koloni rayap sudah terbentuk. Oleh karena itu, periksa sisi rumahmu dengan seksama.

Jika memang ada celah atau retakan, segera tutup. Biasanya retakan ini dapat ditutup dengan bantuan semen putih yang cukup mudah diperoleh. Anda juga bisa meminta tukang bangunan untuk menutupnya. Dengan demikian, rumahmu akan aman dari serangan rayap.

Menjemur perabotan berbahan kayu sebagai cara membasmi rayap kayu

Cara membasmi rayap yang suka memakan material kayu adalah menjaga agar material tersebut tidak lembab. Perabotan yang terbuat dari kayu wajib untuk dijemur secara rutin di bawah sinar matahari. Pastikan perabotan tersebut jemur dengan waktu yang cukup lama agar tidak ada lagi sisi perabot yang terlalu lembab.

Baca Juga :  Perumahan Murah Bersubsidi Di Barru, Sulawesi Selatan

Cara membasmi rayap ini akan lebih efektif untuk jenis rayap kayu. Selain itu, selalu gunakan pernis secara berkala pada peralatan perabot Anda agar tidak mudah kemasukan uap air. Sebagai langkah pencegahan, berikan jarak antara furnitur kayu dengan dinding agar tidak memancing rayap yang masuk dari retakan dinding untuk bergerak ke arah furnitur.

Membersihkan halaman dari genangan air

Di mana ada genangan air, di situlah rayap akan berkembang biak. Cara membasmi rayap dari paling luar rumah adalah dengan mencegah adanya genangan air, baik di halaman rumah ataupun selokan.

Cara membasmi rayap ini perlu dilakukan terutama ketika musim penghujan. Daripada memiliki banyak genangan air, ada baiknya halaman rumahmu memiliki penampung air hujan seperti kolam agar mudah dibersihkan. Bersihkan pula selokan secara rutin, selain sebagai cara membasmi rayap, juga dapat membasmi nyamuk.

Membasmi rayap dengan membersihkan kayu kering

Dalam menjaga kebersihan rumah, Anda tidak hanya memperhatikan kebersihan rumah di bagian dalam tetapi juga di luar rumah, terutama jika memiliki taman. Daerah seperti ini sangat rawan ditemukan rayap tanah.

Cara membasmi rayap tanah yang dapat datang menyerang adalah selalu buang ranting atau kayu-kayu kering yang menumpuk di sekitar rumah. Kayu kering yang berada di permukaan atau suhu yang lembab akan menjadi sasaran rayap untuk masuk. Segera buang kayu tersebut sebelum koloni rayap datang dan membuat rumahmu rentan kemasukan rayap

Saat musim penghujan, udara yang lembab memang tidak terelakkan. Kedatangan rayap seringkali tidak bisa dicegah. Tapi sekarang Anda sudah tahu 5 tips cara membasmi rayap secara alami, semoga bermanfaat ya