Bayi Tengkurap, Proses Bayi Yang Tidak Boleh Terlewatkan.

  • Bagikan
Bayi Tengkurap, Proses Bayi Yang Tidak Boleh Terlewatkan.

Tengkurap merupakan posisi ketika bayi berbaring dengan perut bagian bawahnya. Otot leher dan pundak yang kuat dibutuhkan untuk tengkurap secara mandiri.

Diawal kelahirannya, bayi hanya tidur pada satu sisi saja. Bayi mama tidak banyak bergerak. Tetapi pada usia satu bulan si kecil seharusnya sudah bisa mulai memiringkan badannya. Tanpa bantuan siapapun. Tahap ini buat sikecil merupakan awal dari proses bayi belajar untuk tengkurap.

Merujuk pada Akademi Dokter Amerika Serikat (AAP) anda diperbolehkan untuk memposisikan bayi tengkurap semenjak awal kelahirannya. Biarkan sikecil tengkurapdi dada atau pangkuan anda dan lakukan sebentar saja.

Kenapa mengajarkan bayi untuk tengkurap sendiri itu penting?

Mungkin Mama bertanya, apa manfaat dari mengajakarkan bayi untuk tengkurap sendiri. Tengkurap adalah waktu yang tepat untuk bermain dan berinteraksi dengan bayi.

Baca Juga :  Rem Blong, Angkot Masuk Puskesmas Cipeucang

Bayi tengkurap mendorong ia belajar mengangkat kepalanya secara bertahap. Selain itu, sesi ini juga bermanfaat untuk memperkuat otot kepala, leher, dan bahunya, serta melatih keterampilan motorik.

Semakin sering bayi tengkurap, maka perkembangan motorik bayi pun akan lebih cepat terasah. Lama-kelamaan akan membiasakan bayi untuk berguling atau membolak-balikkan tubuhnya sendiri.

  • Bagikan