Apakah Berbahaya Jika Minum Air Dingin Saat Menstruasi?

oleh -150 views

KABARPANDEGLANG.COM – Apakah Berbahaya Jika Minum Air Dingin Saat Menstruasi? Menstruasi adalah peluruhan dinding rahim karena tidak adanya pembuahan yg dilakukan oleh sperma.Hampir semua wanita mengalami menstruasi. Menstruasi pertama tejadi saat memasuki masa pubertas, biasanya di usia 12 tahun dan akan terus berlangsung sampai menopause tiba.

Sebagai wanita, kita harus pandai memilah informasi yang beredar di masyarakat terutama informasi seputar menstruasi.

Banyak masyarakat beranggapan bahwa saat menstruasi kita tidak boleh minum air dingin karena dapat menyebabkan kista pada rahim. Kabarnya, minuman dingin dapat membuat darah mengendap di dalam rahim dan lambat laun akan berubah menjadi kista.

Apakah itu fakta atau mitos?

Baca Juga :  Perumahan Murah Bersubsidi Di Maluku Tenggara, Maluku

Jawabannya adalah mitos

Menurut dr. C.Herawati, “Tubuh kita sudah memiliki pusat pengaturan suhu yang akan membuat suhu makanan atau minuman yang masuk kedalam tubuh ternetralisir menjadi sama dengan suhu tubuh kita yang berkisar 34,5-36,5”.

Jadi, tidak ada bahaya yang timbul akibat minum air dingin saat menstruasi karena tubuh mampu menetralisir suhu makanan atau minuman yang masuk kedalam tubuh.

Walau tidak menimbulkan bahaya, sebaiknya kurangi minum air dingin dan perbanyak minum air hangat saat menstruasi. Air hangat berguna untuk melemaskan otot-otot perut dan membantu meringankan rasa nyeri saat menstruasi. /Eka Febriyani, (Mahasiswa UIN SMH Banten).