Binus E-Learning Memudahkan Mahasiswa Belajar Secara Online

  • Bagikan
BINUS Online Learning

KABARPANDEGLANG.COM. Jakarta, Binus E-Learning Memudahkan Mahasiswa Belajar Secara Online – Sejak tahun 2020 lalu, pembelajaran melalui daring atau E-learning serentak digalakan oleh berbagai lembaga pendidikan di Indonesia. Sebagian orang menganggap terobosan itu justru menjadi hambatan untuk belajar lebih mudah. Namun tak sedikit yang senang dengan diterapkannya pembelajaran daring, karena mereka bisa belajar dengan waktu dan tempat yang fleksibel. Sekaligus tetap bisa menjalankan tugas pekerjaan yang telah dimiliki.

Binus Online Learning menjadi salah satu lembaga yang menyediakan fasilitas bagi siapapun yang ingin belajar dengan mudah. Sistem LMS Binus dipastikan akan menunjang aktivitas mahasiswa dalam memperoleh materi yang diberikan oleh dosen. Di tahun 2021, Binus University selaku penyelenggara, masuk ke dalam jajaran top universities di Indonesia. Maka dari itu, tidak perlu diragukan lagi dengan kualitasnya.

BINUS Online Learning

BINUS Online Learning

Sebelum membahas lebih dalam mengenai Binus Online Learning, Anda sebaiknya mengetahui apa itu Online Learning atau E-Learning. Online Learning dapat diartikan sebagai metode pembelajaran yang dalam proses pembelajarannya berlangsung secara online. Baik dosen maupun mahasiswa yg perlu terhubung melalui koneksi internet untuk proses belajar mengajarnya.

Untuk memudahkan proses pembelajarannya, digunakan teknologi Learning Management System (LMS). Dengan teknologi ini akan memudahkan untuk mengelola online learning secara menyeluruh, misalnya untuk mendistribusikan materi hingga diskusi. Binusmaya menjadi salah satu contoh LMS yang memiliki berbagai fitur menarik untuk menunjang pembelajaran online.

Sementara, Binus Online Learning merupakan program pembelajaran jarak jauh yang diselenggarakan oleh Binus University. Program ini ditujukan untuk lulusan SMA/SMK sederajat & Diploma (D3) agar lebih mudah dalam mendapatkan gelar sarjana (S1). Berbeda dengan perkuliahan pada umumnya, melalui program ini mahasiswa bisa tetap menjalankan aktivitasnya tanpa khawatir akan perkuliahannya akan terganggu.

Baca Juga :  Pokok Pikiran Teks Jenis-Jenis Ekosistem

Dengan E-Learning Binus, mahasiswa akan dimudahkan dalam mendapatkan materi. Terlebih, dukungan kemudahan yang ditawarkan oleh LMS Binusmaya akan semakin menunjang pengembangan diri setiap individu mahasiswa. Mahasiswa tidak perlu khawatir dengan jadwal perkuliahan, karena memang pada program ini mahasiswa tidak terikat jadwal maupun tempat.

Rincian online learning yang diterapkan yakni 62,6% online dan 37,5% offline. Perkuliahan online akan dilakukan selama 10 minggu melalui LMS. Mahasiswa bisa mendapatkan materi, berdiskusi, mengunggah tugas maupun menjawab kuis.

Sementara perkuliahan tatap mukanya dilakukan melalui video conference. Sesi 1 dan 9 digunakan untuk memberikan gambaran secara umum, sedangkan sesi 7, 8, 15 dan 16, digunakan untuk review. Dikarenakan sebagian besar pembelajaran dilakukan secara online, mahasiswa akan benar-benar dimudahkan.

Alasan Memilih E-Learning Binus

Binus E-Learning

1. Fleksibel Dalam Belajar

Dengan online learning Binus, mahasiswa jauh lebih fleksibel dalam hal belajar. Dimana mahasiswa diperbolehkan untuk memilih sendiri jumlah mata kuliah yang ingin diambil, dan disesuaikan dengan jadwal yang telah ditentukan. Hal ini membuat mahasiswa bisa menyesuaikan jadwal kuliah dengan waktu bekerja mereka. Sehingga semuanya bisa dilakukan secara maksimal.

Mahasiswa tetap bisa mengikuti perkuliahan meskipun dalam posisi sudah bekerja. Karena dengan online learning ini, mahasiswa tidak perlu datang ke kampus untuk mendapatkan materi.

Bukan hanya cocok untuk karyawan saja, online learning ini juga bisa diikuti oleh ibu rumah tangga, atau siapapun yang ingin berkuliah. Mahasiswa bisa mengikuti perkuliahan pada saat waktu senggang mereka, seperti sepulang bekerja atau kapanpun.

2. Komunikasi Dengan Dosen Mudah

Mahasiswa tidak perlu khawatir untuk berkomunikasi dengan dosen ketika ada kendala dalam belajar. Kapanpun dan dimanapun, mahasiswa bisa menghubungi dosen, tentunya di waktu yang wajar untuk berkomunikasi. Apalagi dengan adanya E-Learning, dimana mahasiswa juga bisa berkomunikasi dengan mahasiswa lain untuk berdiskusi.

Baca Juga :  Seleksi Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA) Tahun 2019

Keuntungan ini harus dimanfaatkan dengan baik, agar belajar bisa lebih maksimal. Dengan menghubungi dosen secara langsung, akan membuat informasi yang didapat lebih valid dan jelas.

3. Biaya Kuliah yang Lebih Murah

Kuliah dengan metode E-Learning jauh lebih murah dibandingkan dengan kuliah offline (tatap muka). Hal ini semakin membuka kesempatan bagi siapapun untuk berkuliah tanpa memikirkan biaya perkuliahan yang besar. Di online learning Binus, biaya kuliah juga bisa disesuaikan dengan kemampuan finansial mahasiswa. Jadi bisa dipastikan biaya kuliah online Binus lebih mudah.

Dengan biaya kuliah yang terjangkau, mahasiswa yang sudah bekerja tidak akan terbebani. Khususnya untuk mereka yang memiliki penghasilan belum terlalu besar. Kuliah online ini akan sangat membantu bagi siapapun yang ingin menempuh pendidikan yang lebih tinggi. Mahasiswa bisa berhemat sampai dengan 40% dengan kuliah E-Learning, dibandingkan dengan kuliah pada umumnya.

Didukung LMS Berkualitas

Online learning Binus didukung oleh LMS yang berkualitas. Memungkinkan untuk mahasiswa berinteraksi dengan dosen maupun pembimbing dengan mudah dalam satu platform. Dengan menggunakan LMS, mahasiswa bisa berinteraksi melalui forum yang disediakan. Selain itu bisa juga mendapatkan berbagai informasi dan materi yang diberikan oleh dosen, sekaligus mengunggah tugas yang selesai dikerjakan.

LMS yang digunakan ini berbasis website, sehingga mahasiswa bisa mengaksesnya melalui laptop, komputer maupun smartphone. Fasilitas ini akan benar-benar menjaga kualitas dari perkuliahan meskipun dilakukan secara online. Lulusan online learning tetap dapat bersaing dengan mereka yang menjalani kuliah secara reguler.

Ujian Online

Setelah pembelajaran melalui E-Learning, mahasiswa akan mengikuti ujian online. Mahasiswa bisa mengerjakan ujian tanpa harus datang ke kampus. Disediakan platform yang dikhususkan untuk ujian online dengan segudang fitur.

Baca Juga :  Produk Kerajinan Limbah Kulit Jagung

Mahasiswa tetap bisa mengerjakan ujian walaupun masih berada di tempat kerja atau di lokasi lainnya. Jika tidak ingin terganggu, mungkin bisa meluangkan waktu untuk mengerjakan ujian agar lebih tenang nantinya.

Keleluasaan ini menjadikan online learning Binus semakin diminati. Dukungan platform ujian online ini mendukung mahasiswa yang sudah memiliki pekerjaan atau rutinitas tertentu. Tanpa harus datang ke kampus, ujian tetap bisa diselesaikan dengan baik tanpa mengurangi kualitasnya.

Banyak Pilihan Jurusan

Terdapat beberapa jurusan yang bisa diambil pada saat daftar kuliah online Binus. Jurusan yang tersedia yakni Accounting, Computer Science, Industrial Engineering, Information Systems and Business Management. Setiap jurusan memiliki kelebihan masing-masing, dan calon mahasiswa bisa menyesuaikan dengan minat dan keinginannya. Sehingga setelah menjalani perkuliahan, dapat menikmati dan semangat untuk belajar melalui E-Learning.

Masuk ke dalam jajaran universitas terbaik di Indonesia membuat Binus University tidak sembarangan dalam memberikan pembelajaran. Setiap jurusan didukung oleh dosen-dosen yang berpengalaman, sehingga mahasiswa akan mendapatkan ilmu lebih nantinya. Banyaknya pilihan jurusan akan memberikan keleluasaan dalam penentuan keputusan.

Binus Online Learning bisa menjadi pilihan yang tepat untuk menempuh pendidikan kuliah secara online. Meski sibuk dengan urusan pekerjaan, bisnis ataupun aktivitas lainnya, perkuliahan tetap bisa dijalankan. Mahasiswa dipastikan tetap bisa maksimal dalam menerima materi yang diberikan oleh dosen.

Berbagai fasilitas akan menunjang online learning Binus dari awal sampai akhir. Termasuk LMS untuk E-Learning yang benar-benar akan membantu. Mahasiswa tidak perlu khawatir akan kesulitan mendapatkan materi maupun jawaban atas masalah yang tengah dihadapi pada saat berkuliah. Dosen maupun pembimbing selalu bersedia untuk menjawab berbagai pertanyaan.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *