Cara agar Kulit Bayi Terhindar dari Ruam Popok

oleh -240 views
Cara agar Kulit Bayi Terhindar dari Ruam Popok

Cara agar Kulit Bayi Terhindar dari Ruam Popok – Timbulnya ruam pada popok seringkali menyebabkan berbagai masalah bagi si kecil. Ruam yang timbul dapat menyebabkan rasa gatal dan perih di kulit sehingga membuat bayi tidak terganggu dan menangis. Ruam ini sendiri dapat timbul akibat gesekan antara bokong si kecil dengan popok bayi yang telah terisi dengan feses maupun urine.

Salah satu cara untuk mencegah timbulnya ruam pada popok adalah dengan mengaplikasikan diaper cream bayi untuk kulit ruam. Selain mengaplikasikan krim diaper atau krim popok berikut adalah beberapa tips yang juga harus dilakukan orangtua.

1. Jangan sering-sering memakaikan popok

Memang benar popok akan sangat membantu bagi para orangtua karena Anda tidak perlu repot sering mengganti pakaian dalam si kecil akibat terkena urine maupun feses. Meski sangat efektif dan nyaman untuk orangtua, namun memakaikan popok terlalu sering juga tidak dianjurkan. Anda lebih disarankan untuk jarang memakaikan popok pada bayi. Kenakan popok saat perlu saja misalnya ketika bepergian maupun ketika bayi ingin banyak istirahat.

2. Beli popok dengan daya serap tinggi

Pilihlah popok yang memiliki daya serap tinggi agar bokong bayi tidak lembab dan menjadi tempat bertumbuhnya bakteri. Sebaiknya pilih pula popok yang dibuat dari bahan halus agar tidak melukai bokong si kecil. Usahakan agar popok yang dipilih elastis mengikuti gerakan bokong pada bayi.

Baca Juga :  Perumahan Murah Bersubsidi Di Tuban, Jawa Timur

3. Sering mengganti popok bayi

Popok bayi meski kering namun bisa saja sudah terkena urine si kecil berkali-kali. Untuk itu sebaiknya ganti popok si kecil setiap tiga jam sekali. Selain itu, usahakan agar dalam sehari membiarkan si kecil tidak mengenakan popok agar kulit dapat “bernapas” berkat adanya sirkulasi udara di area selangkangan bayi.

4. Gunakan diaper cream

Mengaplikasikan diaper cream bayi bisa menjadi salah satu solusi mengatasi ruam yang sering timbul. Aplikasikan diaper cream di seluruh kulit bayi yang tertekan akibat popok. Pastikan juga kulit bayi sudah bersih sebelum dioleskan krim. Cegah ruam bayi dengan diaper cream agar bayi terhindar dari ruam yang mengganggu.