Cara Mencari Penghasilan Tambahan di Internet untuk Freelancer Pemula

  • Bagikan
Default Social Share Image

Cara Mencari Penghasilan Tambahan di Internet untuk Freelancer Pemula- Cara mencari penghasilan tambahan sebagai freelancer mungkin bukan salah satu impian Anda. Pun begitu pula dengan orang pada umumnya. Namun, di era modern ketika dunia kerja semakin kompetitif, Anda membutuhkan satu sikap yang bijaksana. Setidaknya, 51% freelancer online adalah para sarjana muda, dan 8 dari 10 orang pekerja tetap ternyata mencari tambahan pendapatan dengan menjadi freelancer.

Jika dilihat dari sisi penghasilan, pekerjaan freelance tentu tidak sama dengan pekerja tetap, karena umumnya hanya dimanfaatkan untuk cara mencari penghasilan tambahan.

Tapi, jika diteropong dari peluang, freelancer sifatnya tidak terikat, sehingga mempunyai peluang yang tidak terikat pula, bisa lebih kecil atau bisa juga lebih besar dibanding pekerja tetap.

Karakteristik Freelancer

Sifat freelancer adalah bebas dan tidak terikat dengan waktu yang formal. Kondisi ini menjadi lebih menarik, sehingga para freelancer tidak akan kehilangan cara mencari penghasilan tambahan meskipun memiliki pekerjaan utama.

Didukung dengan perkembangan teknologi informasi, memungkinkan para freelancer semakin gencar dan aktif memanfaatkan skill untuk mendapatkan penghasilan. Sebagai contoh, Anda mungkin mengetahui iklan-iklan online yang menawarkan jasa desain, jasa pembuatan website, jasa copywriting, dan lain sebagainya.

Beberapa contoh pekerjaan tersebut pada dasarnya hanyalah sebagai cara mencari penghasilan tambahan, yang ditawarkan para freelancer online. Para freelancer tersebut sejatinya telah memiliki pekerjaan dan penghasilan tetap.

Menekuni freelancer online, tidak akan ada ruginya. Bahkan, sebagian orang berhasil mendapatkan penghasilan dari freelancer online lebih tinggi daripada pekerjaan tetapnya. Namun, dalam prakteknya harus tetap harus mengedepankan strategi yang efektif.

Strategi Cara Mencari Penghasilan Tambahan Sebagai Freelancer Online

Berikut ini, Sribu.com akan mengulas informasi mengenai strategi freelancer online sebagai cara mencari penghasilan tambahan.

Baca Juga :  Hai Calon Sarjana, Ini Lho 5 Alasan Kenapa Anda Harus Magang di Perusahaan Startup

Buat Tujuan Kerja Terukur

Tanpa tujuan yang jelas dan yang terukur, Anda akan mengalami kesulitan untuk memulai dan menjalankan usaha Anda sebagai freelancer online dan pada akhirnya akan menghambat cara mencari penghasilan tambahan yang Anda inginkan. Jadi, cobalah meluangkan waktu untuk memikirkan dan memahami keseriusan untuk memulai bisnis freelance.

Tujuan yang terukur harus ditentukan atas dasar profesi/bidang pekerjaan yang ingin Anda tekuni sebagai freelancer online. Misalnya, Anda ingin menjadi penulis lepas, desainer, developer website, dan lain sebagainya. Pastikan keputusan tersebut adalah keputusan yang benar-benar Anda inginkan dan Anda bisa berkomitmen untuk menjalankannya.

Mengidentifikasi Target

Setelah tujuan Anda terukur, setidaknya Anda telah membangun keterampilan Anda. Ketika Anda baru memulai bisnis, sebaiknya Anda mengidentifikasikan terlebih dahulu dengan jelas dan mendetail mengenai target atau klien Anda.

Misalnya, Anda seorang freelance writer yang sudah biasa bekerja di lingkungan startup dan e-commerce, maka Anda perlu memfokuskan target klien yang sedang membangun proyek-proyek bisnis pada bidang tersebut. Anda harus memastikan kepada mereka bahwa Anda sudah terbiasa di bidang/lingkungan tersebut.

Anda harus bisa meyakinkan mereka bahwa Anda adalah orang yang tepat untuk membantu kesuksesan bisnis mereka dengan jasa yang Anda tawarkan. Dengan adanya spesialisasi seperti tersebut, Maka Anda akan lebih mudah untuk menawarkan tarif yang tidak terlalu murah.

Tentukan Harga Strategis

Meskipun freelancer online yang Anda lakukan hanya sekedar cara mencari penghasilan tambahan. Namun, jangan biarkan orang lain mendikte Anda untuk menentukan nilai tarif jasa yang Anda tawarkan.

Anda bisa belajar dari pekerja freelance ternama, Neil Patel yang telah mengisahkan banyak pelajaran saat menjalankan bisnis freelance SEO. Neil Patel mengungkapkan bahwa pelajaran yang paling menonjol yang menarik perhatian adalah bahwa semakin banyak Anda meraih kepercayaan klien saat pitching atau ketika bernegosiasi, semakin sedikit pula klien yang mengeluh pada saat proyek sedang berjalan.

Baca Juga :  Apa Itu Unicorn? Istilah Unicorn dan Pengertiannya

Para klien pada dasarnya sanggup memberikan harga lebih, sehingga bisa Anda jadikan sebagai investasi. Namun, jangan menagih terlalu jauh di atas nilai Anda, berikan harga wajar yang sepadan dengan usaha Anda.

Membuat Website Portofolio Berkualitas dan Menarik

Anda tentu sudah menyadari bahwa era digital saat ini, hampir semua orang merupakan pengguna internet atau setidaknya menyadari pentingnya aspek online. Perusahaan-perusahaan kecil juga kini telah memiliki website untuk merepresentasikan bisnis.

Maka itu, Anda juga perlu representasi online mengenai segala hal yang Anda kerjakan dan seberapa bagus Anda dalam melakukannya. Selain itu, website merupakan cara yang paling praktis untuk menunjukkan portofolio Anda pada klien secara profesional.

Untuk mengelola website, Anda harus memperhatikan beberapa poin berikut:

  • Spesialisasi dan contoh hasil pekerjaan Anda
  • Daftar informasi kontak pribadi
  • Sorotan terhadap relevannya pendidikan dan pencapaian Anda
  • Testimoni orang-orang yang mengetahui cara kerja serta hasil kerja Anda

Mencari Inspirasi

Ketika Anda sedang mengembangkan situs portofolio, coba juga temukan freelancer lain di bidang Anda dan dapatkan inspirasi dari mereka. Tindakan ini bisa membantu Anda dalam merumuskan proporsi nilai Anda dan menyiapkan bisnis Anda sebagai cara mencari penghasilan tambahan.

Klien Pertama Sangat Menentukan

Anda mungkin memiliki waktu yang sangat terbatas untuk mendapatkan klien baru ketika memulai bisnis freelance. Maka dari itu, Anda perlu mendapatkan hasil yang maksimal dari klien yang Anda tangani pada awal memulai usaha freelancer online.

Ada dua faktor yang berpengaruh dalam keputusan Anda memilih klien pertama, baik faktor keuangan sebagai modal dan juga faktor portofolio yang nantinya bisa Anda tunjukkan pada klien potensial lainnya.

Tautkan Nama Klien Potensial Pada Konten Anda

Usaha freelancer online akan butuh waktu yang relatif lama. Anda mengalami kesulitan dalam membangun nama pada target. Klien yang Anda targetkan pasti belum banyak mengetahui bahwa Anda ada dan siap dipekerjakan.

Untuk itu, dalam setiap bagian konten yang Anda buat di blog atau website, sebaiknya Anda secara teratur menyebutkan brand, perusahaan, dan individu yang berpotensi bekerja dengan Anda pada waktu yang akan datang.

Baca Juga :  Awet Muda Dengan 5 Masker Alami yang Bisa Kamu Coba Sendiri di Rumah

Menguasai Teknik Pitching

Jika Anda ingin memulai usaha freelancer online, maka Anda harus tahu cara mempresentasikan diri sendiri. Pitching merupakan suatu cara untuk memperkenalkan dan menawarkan jasa Anda kepada klien. Jadi, pitching adalah aset yang akan bernilai sangat berharga untuk waktu-waktu mendatang bagi diri Anda.

Tidak peduli seberapa terampil Anda dalam keahlian Anda, jika Anda ingin mengubah keterampilan menjadi bisnis freelance online, maka Anda harus mampu mengkomunikasikan kekuatan tersebut dan mengubah dari sekadar percakapan hingga klien mau bertransaksi dengan Anda.

Komunikasi merupakan bidang yang paling penting dalam bisnis yang mampu menyampaikan pesan dengan efektif kepada calon klien.

Promosikan Brand Melalui Startup Freelancer Online

Strategi freelancer yang paling ampuh untuk cara mencari penghasilan tambahan adalah dengan mempromosikan brand atau jasa pada startup freelancer online. Startup freelancer online akan mempertemukan Anda dengan para klien yang berpotensi sangat membutuhkan jasa Anda.

Situs freelancer online terbaik dan nomor satu di Indonesia saat ini adalah Sribu.com. Melalui platform tersebut, Anda bisa mempromosikan bidang dan keahlian yang Anda miliki, sehingga lebih mudah menarik minat para klien.

Ketika Anda bergabung dengan platform Sribu.com, maka sudah pasti jasa yang Anda tawarkan akan mudah diketahui oleh para klien yang berpotensi menyewa jasa Anda.

Selanjutnya, Anda hanya perlu memberikan kualitas layanan dan meningkatkan kredibilitas brand Anda agar klien merasa puas dan akan menggunakan jasa Anda kembali di kemudian hari.

Cara mencari penghasilan tambahan sebagai freelancer online bisa dibilang gampang-gampang susah. Namun, perlu diingat, ketika Anda sudah menekuni profesi ini, Anda tetap memperhatikan profesionalisme dan perhatikan manajemen waktu.

Klien tentunya akan sangat puas dengan hasil pekerjaan yang berkualitas, sesuai arahan, serta tepat waktu. Salam sukses dan semoga berhasil ya!

  • Bagikan