Kabar Pandeglang Online
Portal Berita PAndeglang Terkini & Terupdate

Cara Menciptakan Potpourri

36

KABARPANDEGLANG.COM – Potpourri adalah gabungan bunga, tumbuhan kering, atau rempah-rempah kering yang digunakan sebagai penghias dan pewangi ruangan. Potpourri memberi aroma lembut, biasanya diletakkan di wadah kayu atau dikemas memakai kantong kain kecil.

Potpourri sangat cocok diletakkan di berbagai kawasan di dalam sebuah rumah, mirip kamar tidur, kamar mandi, termasuk ruang keluarga. Baunya yang menenteramkan hati akan memberikan kenyamanan seluruh penghuni dan meningkatkan citra ruang keluarga di rumah.

Kita pun bisa menciptakan potpouri dengan cara mengeringkan sendiri aneka macam jenis bunga, buah, dan rempah yang ada di sekitar kita. Beberapa langkah yang mampu kita lakukan untuk menciptakan potpouri sendiri antara lain sebagai berikut.

A. Alat dan Bahan

Alat dan bahan yang dipakai untuk membuat popouri sendiri terdiri dari alat dan bahan yang dapat kita temukan di sekitar kita. Berikut yakni materi dan cara mengolahnya menjadi pewangi ruangan.

  1. Minyak aroma terapi.
  2. Jeruk Nipis. Jeruk nipis dan jeruk limo dapat diolah menjadi pewangi ruangan dan ditata dengan indah menjadi potpourri. Terdapat dua cara dalam melaksanakan pengolahan: mengiris tipis seluruh bab jeruk dan mengupas dan memakai kulit jeruk
  3. Daun Pandan. Daun pandan memiliki aroma yang sangat wangi, lembut, dan tidak menyengat. Cara mengolah daun pandan yaitu dengan dipotong halus.
  4. Daun Salam. Daun salam mempunyai busuk campuran herbal (daun) dan floral (bunga) Daun yang dikenal sebagai bumbu masak ini mampu dijadikan pilihan untuk membuat potpourri.
  5. Pinus. Bagian pinus yang biasa digunakan untuk potpourri ialah buahnya. Pinus mempunyai bentuk buah yang unik.
  6. Mawar. Mawar mempunyai amis menarik dan lembut. Cara mengolahnya yakni dengan cara merontokkan kelopak bunga dan lalu dikeringkan.
  7. Melati. Bunga melati mempunyai aroma yang khas. Cara mengolah bunga melati untuk dijadikan potpourri adalah dengan cara dikeringkan
  8. Kayu Manis. Kayu bagus sering dikenal sebagai bumbu masak. Kayu anggun juga sering dipakai untuk potpourri. Sesuai namanya, kayu cantik mempunyai aroma yang anggun yang tajam dan khas.
  9. Cengkeh. Cengkeh memiliki aroma yang sedikit keras dan segar. Cengkeh yang digunakan untuk potpourri yakni yang sudah dikeringkan.
  10. Serai. Serai sering kita kenal sebagai bumbu dapur. Untuk potpourri, serai bisa dipotong dan dikeringkan. Serai juga memiliki aroma yang khas
rempah kering yang digunakan sebagai penghias dan pewangi ruangan Cara Membuat Potpourri

Sedangkan alat yang dipakai antara kain berupa wadah tersebut mampu menyimpan materi-bahan potpourri dan memungkinkan aroma keluar dengan bebas. Banyak benda di rumah yang bisa digunakan untuk menyimpan potpourri, mirip baki, mangkuk, keranjang, toples, dan piring. Untuk mengeringkan bahan potpouri dapat menggunakan nampan.

Baca Juga :  Varabel Bebas Dan Variabel Terikat

B. Langkah-langkah Membuat Potpouri

Sebelum menciptakan potpouri semua alat dan materi yang diperlukan terlebih dahulu harus dipersiapkan. Setelah semua alat dan bahan tersedia proses pembuatan potpouri dapat dimulai dengan cara sebagai berikut.

Pengeringan Bahan

Bila melihat potpourri, kita akan menemukan materi-bahan kering yang berasal dari bunga-bunga, dedaunan, atau kayu-kayuan tertentu. Uniknya, aromanya tetap terjaga. Hal ini alasannya adalah proses pengeringannya. Jika proses pengeringan materi-bahan potpourri tidak tepat, hasilnya pun tidak maksimal.

Proses pengeringan bisa dilakukan dengan meletakkan bunga dan bahanbahan lainnya dalam suatu nampan. Keringkan di dalam ruangan yang kering dan sirkulasi udara yang baik. Hindari pengeringan di bawah sinar matahari pribadi.

Pengeringan di bawah sinar matahari mampu membuat bunga menjadi kering dengan cepat, tetapi aroma wangi turut hilang. Pengeringan dalam ruangan memang membutuhkan waktu yang cukup lama. Namun, cara ini menciptakan aroma bunga yang dikeringkan tetap terjaga.

Baca Juga :  Produk Kerajinan Limbah Kertas

Cara lainnya ialah menggantung bunga segar secara terbalik. Pastikan kuncup bunga menghadap seluruhnya ke bawah. Setelah itu, tengadahkan kembali jika bunga sudah kering. Agar bagian dalam tangkai kering, pilahlah masing-masing tangkai untuk dikeringkan secara alami dalam wadah datar.

Lama proses pengeringan ini bervariasi. Jika kondisi udara dalam rumah tergolong panas dan kering, pengeringan berlangsung lebih cepat.

Wadah dan Penataan

Wadah potpourri mempunyai aneka bentuk. Mulai kotak transparan, wadah kayu, hingga kain transparan yang diikat dengan pita yaitu jenis-jenis wadah potpourri. Karena bentuknya unik dan lucu, maka potpourri selain berfungsi sebagai pewangi juga mampu dijadikan penghias ruangan.

Amati dan pilah materi-materi alam yang telah kamu keringkan. Tatalah bahan-bahan tersebut pada nampan mirip beberapa contoh berikut. Kamu juga mampu berkreasi sesuai keinginganmu.

rempah kering yang digunakan sebagai penghias dan pewangi ruangan Cara Membuat Potpourri

Secara umum proses pembuatan potpouri yakni sebagai berikut.

  1. Keringkan bunga, buah, dan rempah di tempat yang tidak terkena matahari langsung
  2. Simpan bunga, buah, dan rempah yang telah dikeringkan ke dalam kantung higienis
  3. Pilih bunga, buah, dan rempah yang telah dikeringkan untuk ditempatkan di wadah (mangkuk) cantik.
  4. Tambahkan minyak aroma terapi beberapa tetes. Jangan terlalu banyak alasannya akan berbau terlalu menyengat.
  5. Tempatkan potpourri di ruang yang kamu inginkan (ruang tamu, kamar tidur, kamar mandi).
  6. Kamu juga mampu menyimpan potpourri ke dalam kantung cantik untuk dihadiahkan pada kerabat dan orang tercinta atau untuk dijual.
Baca Juga :  Jenis-Jenis Motif Batik

Potpourri merupakan perpaduan dari banyak sekali jenis flora yang sebelumnya sudah dikeringkan kemudian ditaruh di dalam toples atau wadah yang lain yang bisa mempercantik ruangan. Potpouri di ruang tamu atau ruang berkumpul keluarga. Aroma dari rempah-rempahnya bisa menghidupkan suasana di rumah kamu menjadi lebih segar dan fresh.

Terima kasih telah membaca artikel di website kabarpandeglang.com, semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat bagi kamu dan bisa dijadikan referensi. Artikel ini telah dimuat pada kategori pendididkan https://kabarpandeglang.com/topik/pendidikan/, Jangan lupa share ya jika artikelnya bermanfaat. Salam admin ganteng..!!

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More