Kabar Pandeglang Online
Portal Berita PAndeglang Terkini & Terupdate

Cara Mengklasifikasikan Bahan

11

KABARPANDEGLANG.COM – Alam semesta terdiri atas planet-planet, misalnya bumi. Di bumi terdapat gunung, udara, maritim, dan begitu banyak hal lain. Segala sesuatu yang berada di bumi tersusun atas materi, yang terdiri atas unsur, seperti air, udara, tanah, dan api.

Benda-benda di sekitarmu dapat berupa wujud padat, cair, dan gas. Benda-benda tersebut kita penjabaran berdasarkan karakteristik yang mampu diamati. Materi mampu dikelompokkan menjadi unsur, senyawa, dan campuran.

Materi ialah segala sesuatu yang menempati ruang dan mempunyai massa. Semua benda yang kita temui tersusun oleh materi. Makin besar massa suatu benda, makin banyak materinya dan sebaliknya. Massa yakni jumlah zat atau materi yang terkandung dalam suatu benda. Suatu bahan apapun bentuknya ada 3 wujud, yaitu padat, cair, gas.

Ketika mengumpulkan sekelompok benda berdasarkan sifatnya, langkah-langkah yang dapat dilakukan ialah sebagai berikut.

  1. Mengamati karakteristik benda tersebut.
  2. Mencatat persamaan dan perbedaan sifat benda masing–masing.
  3. Memasukkan benda-benda yang mempunyai persamaan sifat ke dalam satu kelompok.
  4. Memberi nama yang sesuai pada setiap kelompok benda tersebut.
Baca Juga :  Tanggung Jawab Sebagai Individu Dan Warga Masyarakat

Ayo Lakukan

  1. Buat daftar benda yang sering dipakai sebagai kebutuhan sehari-hari.
  2. Kelompokkan setiap benda berdasarkan persamaan sifatnya.
  3. Klasifikasi benda-benda tersebut berdasarkan bahan penyusunnya, yaitu: a. plastik, d. serat/kain, dan b. logam, e. gelas/beling. c. keramik,
  4. Buatlah tabel untuk mengklasifikasikan benda-benda tersebut berdasarkan bahan penyusunnya.
 Segala sesuatu yang berada di bumi tersusun atas materi Cara Mengklasifikasikan Materi

Bandingkan hasil pengamatanmu dengan hasil pengamatan temanmu. Catat persamaan dan perbedaannya. Jika hasil pengamatan dikomunikasikan kepada orang lain, apakah orang tersebut memperoleh pemahaman yang sama? Berdasarkan hasil perbandingan tersebut, apa hal penting yang harus dirumuskan bersama? Diskusikan dengan kelompokmu!

Para ilmuwan mengklasifikasi materi supaya lebih gampang dipelajari dan disusun secara sistematis. Materi yakni sesuatu yang mempunyai massa dan dapat menempati sebuah ruang. Materi berdasarkan wujudnya mampu dikelompokkan menjadi zat padat, cair, dan gas.

Contoh zat padat ialah beberapa jenis logam, mirip besi, emas, dan seng. Air, minyak goreng, dan bensin merupakan teladan wujud cair. Contoh zat berwujud gas adalah udara, asap, dan uap air.

 Segala sesuatu yang berada di bumi tersusun atas materi Cara Mengklasifikasikan Materi

Contoh wujud zat yang sederhana dan gampang dipahami yakni air. Ketika dalam bentuk bongkahan es, maka es tersebut dikatakan dalam wujud padat. Tetapi, ketika dipanaskan es tersebut akan berubah kembali menjadi air.

Baca Juga :  Teks Tanggapan Deskriptif Pakaian Etika Betawi

Air tersebut dikatakan dalam wujud cair. Ketika dipanaskan pada suhu 100°C, air akan bermetamorfosis uap air. Uap air dikatakan dalam wujud gas. Perbedaan sifat zat padat, cair, dan gas dijelaskan sebagai berikut.

Padat Cair Gas
Mempunyai bentuk dan volume tertentu. Mempunyai volume tertentu, tetapi tidak mempunyai bentuk yang tetap, bergantung pada media yang digunakan. Tidak memiliki
volume dan bentuk yang tertentu.
Jarak antarpartikel zat padat sangat rapat. Jarak antarpartikel zat
cair lebih renggang.
Jarak antarpartikel gas sangat renggang.
Partikel-pertikel zat padat tidak mampu bergerak bebas. Partikel-pertikel zat cair dapat bergerak bebas, namun terbatas. Partikel-partikel gas mampu bergerak sangat bebas.

Terima kasih telah membaca artikel di website kabarpandeglang.com, semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat bagi kamu dan bisa dijadikan referensi. Artikel ini telah dimuat pada kategori pendididkan https://kabarpandeglang.com/topik/pendidikan/, Jangan lupa share ya jika artikelnya bermanfaat. Salam admin ganteng..!!

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More