Contoh Soal Akad Nikah (Munakahat) Dalam Islam Dan Tanggapan

  • Bagikan
Contoh Soal Akad Nikah (Munakahat) Dalam Islam Dan Tanggapan

Contoh Soal Pernikahan (Munakahat) dalam Islam dan Jawaban – Nikah diambil dari bahasa arab yang artinya mampu mengumpulkan, memadukan, menjodohkan, atau bersenggama ( wath’i ). Sedangkan nikah berdasarkan janji ialah pemahaman yang bersifat majazy, sementara Imam Safi’i beropini nikah hakiki yakni janji. Ta’rif akad nikah adalah akad yang menghalalkan pergaulan dan membatasi hak dan kewajiban serta bantu-membantu antara seorang pria dan seorang wanita yang bukan mahram.

Contoh Soal Pernikahan (Munakahat) dalam Islam dan Jawaban

Dan arti nikah menurut terminologi (istilah) didefinisikan sebagai ikatan lahir dan batin antara seorang pria dan wanita sebagai suami istri, dengan tujuan membentuk keluarga yang bahagia dan awet. Karena nikah merupakan sendi pokok pergaulan manusia.

Baca Juga :  Pola Soal Mengenal Teks Ceramah Pilihan Ganda Dan Tanggapan

Firman Allah Swt:

فَانْكِحُوا مَا طَابَ لَكُمْ مِنَ النِّسَاءِ مَثْنَى وَثُلَاثَ وَرُبَاعَ فَإِنْ خِفْتُمْ أَلَّا تَعْدِلُوا فَوَاحِدَةً أَوْ مَا مَلَكَتْ أَيْمَانُكُمْ ذَلِكَ أَدْنَى أَلَّا تَعُولُوا (3)

Artinya:”maka nikahilah perempuan-perempuan (lain) yang kamu sukai dua, tiga, atau empat. Kemudian jika kau takut tidak akan dapat berlaku adil, maka (nikahilah) seorang saja.” (An-Nisa: 3).

  • Bagikan