Gambar Kisah Teknik Kering Dan Teknik Basah

  • Bagikan
Gambar Kisah Teknik Kering Dan Teknik Basah

KABARPANDEGLANG.COM – Gambar cerita yakni gambar yang memberikan aktivitas orang-orang atau binatang-binatang dalam suatu peristiwa. Gambar dongeng mampu ditemui pada buku-buku kisah, terutama untuk belum dewasa, untuk menceritakan sebuah kejadian, baik insiden yang benar-benar terjadi atau dongeng imajinasi. Bagaimana gambar dongeng dibuat?

Menggambar kisah dapat dilakukan dengan teknik kering dan teknik basah. Alat dan materi untuk menggambar dongeng dengan teknik kering, menggunakan beberapa alat contohnya, pensil, kapur, krayon, atau materi lain yang tidak memerlukan air. Pada teknik berair, media yang diperlukan berupa cat air, tinta bak atau tinta Cina, cat poster yang menggunakan air sebagai pengencer.

1. Teknik Kering

Menggambar dongeng dengan teknik kering, tidak perlu menggunakan pengencer seperti air. Cerita dibentuk eksklusif pada kertas gambar. Mula-mula dibuat denah atau rancangan gambar yang menggambarkan sebuah dongeng. Setelah itu, diberikan garis atau warna sesuai dengan media kering yang digunakan. Beberapa pola media kering yang biasa dipakai antara lain:

  1. Pensil, Pensil yang digunakan dalam menggambar kisah, biasanya yaitu pensil ukuran 2B hingga 6B.
  2. Krayon. Krayon memiliki beragam variasi warna. Krayon merupakan gabungan antara lilin dan bahan pewarna yang kondusif untuk bawah umur. Krayon digunakan untuk menggambar cerita yang memerlukan variasi warna.
  3. Pulpen atau Spidol. Pulpen atau spidol juga dipakai untuk menggambar cerita dengan karakter yang tegas pada garis-garis.
Gambar cerita adalah gambar yang menunjukkan kegiatan orang Gambar Cerita Teknik Kering dan Teknik Basah

2. Teknik Basah

Media yang digunakan untuk teknik basah antara lain, cat air, tinta, atau media lain yang memerlukan air sebagai pengencer. Cerita dibentuk dengan cara menciptakan denah pada bidang gambar dua dimensi berupa kertas.

Baca Juga :  Diskusi Sebagai Penyajian Laporan Penelitian

Setelah itu, baru diberi warna sesuai dengan media basah yang sudah ditentukan. Teknik lembap memerlukan beberapa alat dan materi seperti cat air, cat poster, tinta kolam atau tinta Cina, banyak sekali jenis kuas, dan palet cat air. Berikut adalah pola gambar kisah yang dibuat dengan menggunakan teknik basah.

Ayo Mencoba

Setelah kau mengetahui alat dan materi yang digunakan untuk membuat gambar cerita, gunakanlah gosip di atas untuk melaksanakan acara berikut bersama dengan kelompokmu.

  1. Jelaskanlah, apa yang kau ketahui wacana gambar dongeng. Tuliskan pemahamanmu dengan menggunakan kata-katamu sendiri, pada buku catatanmu!
  2. Berdasarkan pemahamanmu perihal gambar cerita, bersama kelompokmu, carilah beberapa gambar dongeng dari majalah dan koran.
  3. Guntinglah gambar dongeng tersebut dan tempelkan di beberapa kertas gambar ukuran A4.
  4. Tuliskanlah di bawah cerita tersebut beberapa keterangan, seperti: Pembuat gambar,, Teknik yang dipakai, dan Alat yang digunakan.
  5. Amatilah gambar dongeng yang telah kau pilih, lalu diskusikan dengan teman sekelompokmu, kisah apa yang disampaikan dari gambar cerita tersebut. Tuliskanlah kisah yang kau tangkap dari gambar tersebut di bawah keterangan gambar.
  6. Pajanglah hasil pekerjaan kelompokmu di dinding kelas. Lakukanlah pengamatan pada gambar-gambar kisah milik kelompok lain. Apakah yang mampu kau simpulkan dari aktivitas di atas? Tuliskanlah kesimpulanmu di tempat yang tersedia di bawah ini.
Gambar cerita adalah gambar yang menunjukkan kegiatan orang Gambar Cerita Teknik Kering dan Teknik Basah

Gambar cerita ialah gambar yang menunjukkan aktivitas orang-orang atau hewan-binatang dalam suatu kejadian. Menggambar kisah mampu dilakukan dengan teknik kering dan teknik berair. Alat dan materi untuk menggambar dongeng dengan teknik kering, memakai beberapa alat misalnya, pensil, kapur, krayon, atau materi lain yang tidak memerlukan air. Pada teknik basah, media yang dibutuhkan berupa cat air, tinta kolam atau tinta Cina, cat poster yang memakai air sebagai pengencer.

Terima kasih telah membaca artikel di website kabarpandeglang.com, semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat bagi kamu dan bisa dijadikan referensi. Artikel ini telah dimuat pada kategori pendididkan https://kabarpandeglang.com/topik/pendidikan/, Jangan lupa share ya jika artikelnya bermanfaat. Salam admin ganteng..!!

  • Bagikan