Kabar Pandeglang Online
Portal Berita PAndeglang Terkini & Terupdate

Gotong Royong Modal Dasar Pembangunan

24

KABARPANDEGLANG.COM – Luas, letak, dan kondisi geografis negara Indonesia merupakan modal dasar yang sangat penting bagi pembangunan nasional dan pemerataan hasilhasilnya. Namun demikian, semuanya itu harus didukung dengan sikap dan sikap nyata yang sesuai dengan nilai-nilai luhur yang terkandung dalam sila-silaPancasila.

Sikap dan perilaku negatif yang bertentangan dengan nilai-nilai luhur yang terkandung dalam sila-sila Pancasila akan menjadi penghambat pembangunan nasional.

Ayo Membaca

Gotong Royong Modal Dasar Pembangunan

Gotong royong merupakan modal dasar bagi terciptanya suasana kemasyarakatan yang serasi. Mengapa demikian? Karena dengan bergotong royong, masyarakat akan sering melaksanakan silaturahmi dan kerja sama, sehingga terjalinlah solidaritas.

Seiring dengan munculnya rasa solidaritas inilah, akan muncul juga rasa empati dan simpati di antara masyarakat yang akan mempererat dan memperkuat kekerabatan masyarakat.

Tidak ada perbedaan dalam prinsip gotong royong. Gotong royong yakni kerja bersama, memeras keringat secara bersama, dan perjuangan saling bantu membantu secara bersama. Gotong royong dilakukan demi mencapai tujuan bersama. Tidak mempedulikan agama, suku, ataupun golongan.

 dan kondisi geografis negara Indonesia merupakan modal dasar yang sangat penting bagi pem Gotong Royong Modal Dasar Pembangunan

Prinsip-prinsip gotong royong sangat bermanfaat bagi pelaksanaan pembangunan nasional. Karena semua masyarakat merasa saling mempunyai. Masyarakat juga merasa mempunyai tujuan yang sama, adalah terwujudnya kehidupan yang sejahtera.

Baca Juga :  Melaporkan Pengamatan Sifat-Sifat Adonan Dan Komponen Penyusunnya

Dengan bergotong royong, segala acara pembangunan yang dicanangkan oleh pemerintah akan mampu dilaksanakan dengan baik tanpa adanya gangguan yang disebabkan oleh ketidakharmonisan masyarakat.

Ayo Berlatih

Sebutkan ide pokok masing-masing paragraf pada teks “Gotong Royong Modal Dasar Pembangunan”.

No. Paragraf Ide Pokok
1. Pargraf 1 Gotong royong merupakan modal terwujudnya suasana masyarakat yang serasi.
2. Paragraf 2 Dalam tolong-menolong tidak ada perbedaan antara yang satu dengan yang lain.
3. Paragraf 3 Prinsip-prinsip dalam bersama-sama mampu menjadi modal pembangunan nasional.
Ayo Menulis

Berdasarkan pandangan baru pokok berikut, kembangkan menjadi sebuah paragraf.

Ide Pokok Paragraf
Musyawarah mufakat yakni nilai luhur bangsa yang harus terus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Musyawarah mufakat yakni nilai luhur bangsa yang harus terus di terapkan dalam kehidupan sehari. Melalui musyawarah mufakat keputusan mampu diambil secara bersama atas dasar saling menghargai dan menghormati. Melalui musyawarah mufakat mampu menghindarkan dari perilaku egois, sifat suka memaksakan kehendak serta tidak menghargai atau menghormati pendapat orang lain.
Kebebasan memeluk agama atau iktikad yaitu hak setiap warga negara. Kebebasan memeluk agama atau keyakinan yakni hak setiap warga negara. Hak orang lain wajib kita hargai dengan cara saling menghormati dan bekerja sama antarpemeluk agama yang berbeda-beda. Kita dilarang memaksakan suatu agama dan keperyaaan kepada orang lain, kita harus saling menghormati kebebasan dalam menjalankan ibadah.
Baca Juga :  Imbas Kebijakan Pemerintah Kolonial

Gotong royong dan musyawarah merupakan teladan sikap yang mencerminkan nilai-nilai luhur yang terkandung dalam sila-sila Pancasila.

Terima kasih telah membaca artikel di website kabarpandeglang.com, semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat bagi kamu dan bisa dijadikan referensi. Artikel ini telah dimuat pada kategori pendididkan https://kabarpandeglang.com/topik/pendidikan/, Jangan lupa share ya jika artikelnya bermanfaat. Salam admin ganteng..!!

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More