Gubernur Banten Pemanfaatan Air Harus Berpihak Ke Penduduk

  • Bagikan
Default Social Share Image

SERANGGubernur Banten Wahidin Halim (WH) mengungkapkan pemanfaatan pembangunan Waduk Karian dan Bendungan Sindang Heula mesti berpihak terhadap masyarakat atau rakyat. Hal itu diungkap Gubernur ketika mendapatkan rombongan Direktorat Jenderal Pembiayaan Infrastruktur Sumber Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) di Ruang Rapat Rumah Dinas Gubernur Banten Jl. Jenderal Ahmad Yani No. 158 Kota Serang (Senin, 22/3/2021).

Rapat yang membicarakan Integrasi Proyek KPBU SPAB dan SPAM Karian Barat juga diikuti oleh Asisten II Setda Provinsi Banten M Yusuf, Kepala Dinas PUPR M Trenggono, serta unsur BPKAD Provinsi Banten.

Masih berdasarkan Gubernur, pada prinsipnya air dilarang dibisniskan atau diperjualbelikan. Karena pembanguan waduk dan bendungan serta pemanfaatannya menggunakan teknologi, dibolehkan pengenaan biaya untuk teknologinya.

Baca Juga :  Dprd Ajukan Pengangkatan Dan Pemberhentian Bupati-Wakil Bupati Serang Terpilih

Ditegaskan pula, perlu kejelasan hingga dimana batas kewenganan Provinsi Banten dalam pengelolaan Waduk Karian dan Bendungan Sindang Heula. Serta apa yang mesti dijalankan oleh Provinsi Banten dalam pengelolaannya. Secara teknis kita perdalam biar lebih kongkrit acuan kerja sama Pemerintah dan Badan Usaha.

  • Bagikan