Hut Kabupaten Serang Ke-494, Pjs Bupati Paparkan Program Prioritas

  • Bagikan
Default Social Share Image

SERANG, — Pejabat Sementara (Pjs) Bupati Serang, Ade Ariyanto memaparkan program prioritas yang bertujuan untuk mempertahankan mutu sumber daya insan (SDM) di Kabupaten Serang. Kegiatan itu dilakukan sesuai dengan program prioritas yang sudah terncantum dalam target – sasaran Rencana Pembangunan jangka menengah daerah atau RPJMD 2016 – 2021 dibawah kepemimpinan Ratu Tatu Chasanah dan Pandji Tirtayasa.

Adapun acara prioritas tersebut, kata Ade, meliputi peningkatan indeks mutu pembangunan insan Kabupaten Serang, Penanganan permasalahan kemiskinan dan pengangguran, Pemerataan pembangunan infrastruktur yang mendukung pertumbuhan ekonomi, Peningkatan cakupan kanal air bersih/ air minum, sanitasi, penanganan rumah tidak layak huni dan penanganan daerah kumal . Kemudian pembangunan pertanian, pengembangan ekonomi lokal dan peningkatan promosi pariwisata local.

“Peningkatan kinerja pemerintahan dan kualitas pelayanan publik keseluruh kegiatan prioritas tetap kami laksanakan, meskipun volume dan sasaran dari kegiatan sangat menyesuaikan dengan alokasi anggaran yang tersedia. Terutama kegiatan pembangunan infrastuktur jalan yang tetap kami kerjakan sesuai dengan alokasi anggaran yang tersedia dalam APBD 2020,”ujar Ade.

Baca Juga :  Siap Menangkan Tatu-Pandji, Ini Aspirasi Warga Baros

Hal itu dikatakan Ade saat menawarkan sambutan pada Rapat paripurna istimewa perayaan hari jadi ke 494 tahun Kabupaten Serang yang digelar Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Serang pada Kamis, 8 Oktober 2020.

Begitu pula komitment Pemkab Serang untuk menolong dan memberikan beasiswa tingkat Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, SLTA, perguruan tinggi dan derma insentif terhadap pendidik dan tenaga kependidikan serta kepada guru ngaji tetap di salurkan meski ditengah pandemic covid-19.

“Sedangkan selama pandemi covid-19 seluruh aktifitas layanan pemerintahan tetap berjalan, namun kami lebih konsentrasi terhadap layanan kesehatan, sosial, pendidikan, penanggulangan tragedi, pemulihan ekonomi, ketenagakerjaan, dan infrastruktur,”jelas Ade.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Banten ini menegaskan, menurut Peraturan Bupati Serang Nomor 81 tahun 2020 wacana ajaran penerapan disiplin dan penegakkan hukum protokol kesehatan sebagai upaya pencegahan dan pengendalian corona virus desease 2019 di Kabupaten Serang. Maka gugus peran yang didalamnya terdapat bagian Satpol PP, Diishub, BPBD, Dinkes, TNI dan Polisi Republik Indonesia dan relawan sedang melaksanakan acara penerapan disiplin dan penegakkan aturan protokol kesehatan di lokasi area strategis dan berpotensi penyebaran covid 19.

Baca Juga :  Lebih Baik Akhiri, Ini 5 Tanda Kamu Sedang Bersama Orang yang Salah

“Sasarannya kawasan – kawasan dimana lazimnya terjadi kerumunan penduduk seperti pasar, terminal, jalur protokol, kawasan rekreasi dan titik– titik keramaian yang lain,”tutur Ade.

Diketahui, Paripurna tersebut dikerjakan dengan penerapan protokol kesehatan (Prokes) Covid-19. Pelaksanaan paripurna dilakukan dengan penerima terbatas dan berjarak. Selain itu aktivitas paripurna tersebut dijalankan pula secara virtual pada setiap OPD atau organisasi perangkat tempat.

Sekitar pukul 09.30 WA Pejabat Sementara (Pjs) Bupati Serang Ade Ariyanto, Ketua DPRD Kabupaten Serang Bahrul Ulum, Sekda Kabupaten Serang Tubagus Entus Mahmud Sahiri hadir di ruangan paripurna. Sementara sejumlah pejabat lain seperti Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy, Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah, Wakil Bupati Serang Pandji Tirtayasa, mantan Bupati Serang Ahmad Taufik Nuriman, Ketua KPU, Ketua Bawaslu Kabupaten Serang dan komponen forkopimda lainnya mengikuti paripurna secara virtual,

Baca Juga :  Ikut Webinar Uin, Bupati Serang Sampaikan Pesan Kebersamaan

Ketua DPRD kabupaten Serang Bahrul Ulum mengatakan, kegiatan paripurna HUT ke 494 ini ialah hasil akad tubuh musyawarah DPRD dan bab acara panitia penyelenggaraan HUT ke 494. Rangkaian acara hari ini yakni dimulai dengan pembukaan, pembacaan ayat suci Alquran, pembacaan naskah lintas sejarah Kabupaten Serang, sambutan tokoh masyarakat, pidato hari jadi oleh Pjs bupati Serang, sambutan gubernur Banten, doa dan epilog.

Ulum menyampaikan, hari ini tepat 8 Oktober ialah tanggal bersejarah bagi pemkab Serang. “Berbeda dengan perayaan hari jadi tahun sebelumnya yang semarak, tahun ini dengan tidak mengurangi nilai urgensi hari jadi dan mengamati keadaan pandemi maka kita gunakan Protokol Covid. Sehingga rapat paripurna HUT ke 494 dijalankan secara virtual,” ungkapnya dalam sambutan.

Politikus Golkar itu mengingatkan, pelaksanaan HUT yang rutin dijalankan tiap tahun bukan cuma seremonial semata. Namun momentum untuk introspeksi diri apa yang sudah diberikan pada Kabupaten Serang,” ucapnya. (red)

  • Bagikan