Kabar Pandeglang Online
Portal Berita PAndeglang Terkini & Terupdate

Interaksi Sosial Dan Interaksi Dengan Lingkungan

10

KABARPANDEGLANG.COM – Makanan merupakan materi baku utama bagi manusia untuk memproduksi energi dan memenuhi segala nutrisi yang diperlukan badan. Ibarat bensin yang sangat vital peranannya bagi kendaraan bermotor, kuliner sangat berperan bagi badan insan dalam mempertahankan kelangsungan hidup.

Namun, tidak semua jenis kuliner yang dikonsumsi dapat memberikan asupan gizi yang baik dan sehat. Makanan yang sehat ialah kuliner yang mengandung semua zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk memperoleh energi.

Dalam pemenuhan kuliner, insan tidak mampu bekerja sendiri. Contohnya, dalam budidaya padi, insan melaksanakan interaksi sosial dan interaksi dengan lingkungan hidup.

Interaksi sosial yakni korelasi-kekerabatan sosial yang menyangkut relasi antarindividu, individu dengan kelompok, dan kelompok dengan kelompok. Interaksi sosial amat diperlukan untuk kehidupan bersama alasannya individu tidak dapat hidup tanpa individu lainnya.

Makanan merupakan bahan baku utama bagi manusia untuk memproduksi energi dan memenuhi sega Interaksi Sosial dan Interaksi Dengan Lingkungan

Interaksi dengan lingkungan hidup merupakan interaksi antara manusia dengan lingkungan yang terbentuk secara alami. Gunung, sungai, rawa, merupakan teladan-teladan lingkungan alam.

Baca Juga :  Mencari Isu Dan Menyajikannya Dalam Bentuk Isu Koran

Ayo Berlatih

  1. Jelaskan interaksi sosial dan interaksi dengan lingkungan alam yang terdapat pada lahan pertanian padi. Interaksi sosial yang terjadi pada lahan pertanian padi terjadi antara pemilik lahan dengan para pekerja yang mengolah tanah dan menanam padi, sedangkan interaksi dengan lingkungan terjadi antara manusia dan tanah (lahan sawah).
  2. Amatilah lingkungan sekelilingmu. Sebutkan interaksi manusia dengan alam yang dapat kau temukan di sana. Apakah yang tengah dilakukan oleh manusia? Apa dampak dari aktivitas insan terhadap lingkungan alam? Salah satu kegiatan interaksi manuia dengan alam kegiatan penebangan hutan. Jika penebangan hutan dilakukan dengan sembarangan tentu saja lingkungan alam akan menjadi rusak dan menimbulkan kerugian bagi insan.
Ayo Berdiskusi

Ternyata menarik untuk dicermati bahwa terdapat hubungan timbal balik dan saling memengaruhi antara insan dengan lingkungan hidupnya. Bersama dengan teman sekelompokmu, diskusikanlah interaksi yang terjadi di lingkungan sekitarmu, mampu berupa lingkungan rumah atau sekolah. Isilah tabel berikut ini.

Baca Juga :  Kenekaragaman Motif Hias Nusantara

Tentukan jenis interaksi yang terjadi dengan menjelaskan alasannya adalah. Tuliskan karenanya pada tabel mirip berikut ini.

Interaksi yang dilakukan Interaksi
Lingkungan Hidup
Interaksi Sosial
Menangkap ikan di laut Nelayan dengan bahari alasannya adalah nelayan mengambil ikan yang ada di bahari. Selain itu nelayan juga memanfaatkan angin untuk berlayar. Nelayan dan nelayan, serta para pedagang ikan. Nelayan bantu-membantu menangkap ikan dan menjualnya kepada para pdagang di pasar ikan.
Bekerja bakti membangun jalan kampung Interaksi antara insan dengan tanah yang digunakan untuk membangun jalan Interaksi antara warga masyarakat yang ikut bergotong royong membangun jalan.
Kegiatan menyiram flora di rumah. Interaksi antara manusia dengan flora dan juga air Interaksi sodial antara anggota keluarga.
Penghijauan hutan Intraksi antara insan dengan tanaman dan interaksi antara manusia dengan tanah Interaksi antar warga yang ikut dalam kegiatan penghijauan tersebut
Lomba panjat pinang Interaksi antara manusia dengan flora (pohon pinang) dan tanah Interaksi diantara penerima lomba yang saling berebut untuk mndapatkan hadiah
Baca Juga :  Mencari Volume Limas Segitiga Dan Segiempat

Ketika mengamati interaksi yang terjadi di lingkungan sekitarmu, identifikasi pihak yang berinteraksi dengan memperhatikan hal-hal berikut.

  1. Apakah pihak yang berinteraksi memiliki perbedaan?
  2. Berapa usia manusia yang berinteraksi tersebut?
  3. Apakah jenis kelamin mereka?
  4. Apakah pekerjaan mereka?
  5. Berasal dari latar belakang budaya apakah mereka?
  6. Apakah agama yang mereka anut?

Indonesia memang dikenal mempunyai tingkat keragaman budaya, etika istiadat, dan agama yang tinggi.

Terima kasih telah membaca artikel di website kabarpandeglang.com, semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat bagi kamu dan bisa dijadikan referensi. Artikel ini telah dimuat pada kategori pendididkan https://kabarpandeglang.com/topik/pendidikan/, Jangan lupa share ya jika artikelnya bermanfaat. Salam admin ganteng..!!

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More