Jenis Iklan Berdasarkan Isinya

KABARPANDEGLANG.COM – Iklan yakni suatu cara yang dipakai untuk memberikan atau mempromosikan suatu barang atau jasa. Iklan biasanya ada di media cetak mirip koran atau majalah. Iklan juga ada yang ditayangkan melalui televisi dan radio.

Iklan melalui radio dan televisi disebut iklan elektro. Media elektro lainnya yang bisa digunakan untuk menayangkan iklan ialah internet. Isi iklan elektro sangat beragam. Oleh sebab itu ada banyak jenis iklan elektronik dilihat dari segi isinya.

Bacaan Lainnya

Iklan merupakan sebuah berita yang bertujuan untuk mendorong, membujuk/ memberikan pengaruh pada khalayak ramai atau banyak orang agar tertarik pada barang/jasa yang ditawarkan.

Beberapa tujuan iklan diantaranya ialah : Memberitahukan kepada khalayak ramai ihwal suatu produk jasa. Memengaruhi khalayak ramai ihwal suatu produk jasa, menyarankan seseorang untuk membeli dan menggunakan suatu produk jasa yang diiklankan, memberi gosip wacana produk jasa, dan menarik khalayak ramai.

Baca Juga :  Uji Kompetensi Bahan Bangun Ruang Kelas V Sd

Iklan mampu digolongkan berdasarkan sifat, tujuan, dan ruangnya menjadi beberapa jenis. Berdasarkan sifatnya, iklan dibedakan menjadi iklan niaga dan iklan non niaga (iklan layanan masyarakat), berdasarkan tujuannya dibedakan menjadi iklan penawaran, iklan undangan, dan iklan pengumuman, sementara menurut teks ruang iklannya, iklan dibedakan menjadi iklan baris dan iklan kolom (display). Berdasarkan isinya, iklan mampu dibedakan menjadi 3 jenis, adalah

1. Iklan pengumuman atau pemberitahuan

Iklan pengumuman atau pemberitahuan yakni iklan yang bertujuan menarik perhatian khalayak umum ihwal suatu hal, misalnya iklan duka cita. Berikut adalah contoh iklan pemberitahuan pada media cetak.

Iklan adalah suatu cara yang digunakan untuk menawarkan atau mempromosikan suatu barang at Jenis Iklan Berdasarkan Isinya

2. Iklan penawaran (niaga)

Iklan penawaran (niaga) adalah iklan yang bertujuan memperlihatkan sesuatu, misalnya iklan barang. Iklan niaga yakni iklan yang dibentuk untuk mensugesti masyarakat supaya tertarik untuk membeli suatu produk baik barang maupun jasa yang diiklankan.

Baca Juga :  Menghargai Keanekaragaman Mata Pencaharian Masyarakat

Contoh iklan produk niaga misalnya adalah iklan tentang produk minuman Aqua, iklan produk mie instan, iklan jasa sedot WC, iklan jasa penerjemah, iklan jasa desain arsitektur, dan lain sebagainya.

Iklan adalah suatu cara yang digunakan untuk menawarkan atau mempromosikan suatu barang at Jenis Iklan Berdasarkan Isinya

3. Iklan layanan masyarakat

Iklan layanan masyarakat adalah iklan yang bertujuan untuk memperlihatkan penerangan perihal suatu hal. Misalnya, larangan menggunakan narkoba, larangan merokok di tempat umum, dan lain-lain. Berikut ialah pola iklan layanan masyarakat

Iklan adalah suatu cara yang digunakan untuk menawarkan atau mempromosikan suatu barang at Jenis Iklan Berdasarkan Isinya

Ayo Mengamati

Perhatikan iklan yang dilihat Edo pada koran!

Iklan adalah suatu cara yang digunakan untuk menawarkan atau mempromosikan suatu barang at Jenis Iklan Berdasarkan Isinya

Iklan di atas termasuk iklan niaga.Iklan tersebut berisi tentang penawaran sebuah produk pasta gigi bermerk “Gigident”. Pasta gigi tersebut berfungsi mengurangi rasa ngilu pada gigi hanya dalam selang waktu 30 menit sehabis pemakaian. Pasta gigi tersebut juga melindungi gigi biar bebas dari rasa ngilu lebih lama.

Ayo Berlatih

Amatilah iklan yang terdapat dalam sebuah majalah berikut ini.

Iklan adalah suatu cara yang digunakan untuk menawarkan atau mempromosikan suatu barang at Jenis Iklan Berdasarkan Isinya

Jenis iklan apakah pada gambar di atas? Apa gosip penting dalam iklan tersebut? Tuliskan pada kolom berikut.

Iklan tersebut termasuk iklan layanan masyarakat. Informasi-info penting yang terdapat dalam iklan antara lain mengajak masyarakat untuk menjaga persatuan dan kesatuan. Masyarakat juga dihimbau untuk hindari sesuatu yang mampu menjadikan hilangnya rasa persatuan dan kesatuan.

Iklan di atas, memberitahukan kepada masyarakat bahwa menjaga persatuan dan kesatuan merupakan hal yang sangat penting bagi keberlanjutan pembangunan. Oleh alasannya adalah itu, hindari perbuatan yang dapat menimbulkan hilangnya rasa persatuan dan kesatuan. Dalam kehidupan sehari-hari terapkan sikap dan sikap untuk saling toleransi antarsesama, saling menghargai, tidak menang sendiri, menghormati orang lain, dan selalu rukun.

Coba bayangkan, apa yang akan terjadi jika tidak ada persatuan dan kesatuan dalam masyarakat? Tentu akan terjadi perpecahan yang menjadikan kehidupan terganggu dan tidak nyaman.

Terima kasih telah membaca artikel di website kabarpandeglang.com, semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat bagi kamu dan bisa dijadikan referensi. Artikel ini telah dimuat pada kategori pendididkan https://kabarpandeglang.com/topik/pendidikan/, Jangan lupa share ya jika artikelnya bermanfaat. Salam admin ganteng..!!

Pos terkait