Jangan Sampai Salah! Ini Dia Jenis-Jenis Alat Bubut dan Tips Membelinya dengan Benar

oleh -478 views
sumber : Shopee.co.id

KABARPANDEGLANG.COM, Jangan Sampai Salah! Ini Dia Jenis-Jenis Alat Bubut dan Tips Membelinya dengan Benar – Apakah kamu berencana ingin membeli mesin bubut dalam waktu dekat? Atau, apakah kamu sedang mengalami kesulitan memilih jenis alat bubut yang akan dibeli? Untuk membantu kamu mengatasi masalah ini, kita akan membahas tentang jenis-jenis alat bubut dan tips membeli alat bubut baru.

Mesin bubut merupakan peralatan tertua di dunia yang menggunakan listrik. Mereka yang pertama kali membeli alat bubut biasanya mengalami kesulitan karena banyaknya jenis dan spesifikasi alat bubut yang di jual di pasaran. Masing-masing alat bubut memiliki spesifikasi, bentuk dan kegunaan tertentu. Dalam hal ini kamu harus memilih alat bubut yang sesuai dengan kebutuhan.

Jenis-jenis alat bubut

Secara umum ada 6 jenis mesin bubut yang dipakai banyak orang. Setiap jenis alatnya memiliki perbedaan yang sangat signifikan. Perbedaan tersebut bisa meliputi banyak hal diantaranya seperti perbedaan alat potongnya, pemasangan benda kerja dll. Untuk lebih jelasnya berikut adalah jenis-jenis alat bubut yang harus kamu tahu:

Baca Juga :  Perumahan Murah Bersubsidi Di Batang, Jawa Tengah

1. Alat Bubut Mini atau Bench

sumber : Shopee.co.id

Mesin bubut jenis ini memiliki ukuran yang kecil dan bisa ditaruh diatas meja. Alat bubut mini sangat cocok untuk mengerjakan benda kecil yang menuntut presisi tinggi. Alat bubut jenis ini biasanya tidak dilengkapi dengan poros transportir.

2. Alat bubut Speed untuk Kayu

sumber : Shopee.co.id

Alat bubut speed biasanya digunakan untuk membubut kayu. Alat bubut jenis ini tidak memiliki eretan, poros transporter maupun gearbox. Kayu yang akan dipotong dan dibentuk harus dipegang dengan tangan.

3. Alat Bubut Standar

sumber : Shopee.co.id

Alat bubut standar ukuranya lebih besar dari alat bubut bench dan terbuat dari konstruksi yang kokoh. Alat bubut jenis ini biasanya ditemui di sekolah-sekolah jurusan teknik dan permesinan dan biasanya digunakan untuk mengerjakan pekerjaan dengan presisi tinggi.

Baca Juga :  Berwisata sambil Mengenal Sejarah Tugu Pahlawan Surabaya

4. Alat Bubut Dalam Ruangan

sumber : Shopee.co.id

Alat bubut dalam ruangan atau sering disebut dengan tool room lathe secara umum bentuknya hampir mirip dengan alat bubut standar. Yang membedakan adalah tool lathe room dilengkapi dengan peralatan khusus untuk mengatur sudut pemotongan

5. Alat Bubut Turret

sumber : Shopee.co.id

Alat Bubut Turret merupakan salah satu jenis alat bubut semi otomatis yang biasanya digunakan untuk memproduksi secara massal. Untuk mengoperasikan mesin ini tidak diperlukan keterampilan khusus karena semua pekerjaan bisa dikerjakan semi otomatis

6. Alat Bubut CNC

sumber : Shopee.co.id

Alat bubut CNC atau Computer Numerical Control adalah alat bubut full otomatis dimana gerakan pahatnya ditentukan oleh program komputer. Alat bubut ini sangat cocok untuk memproduksi barang secara massal.

Baca Juga :  Kampanye Damai Pemilu Indonesia 2009

Tips Membeli Alat Bubut

Memilih mesin bubut bukanlah pekerjaan yang mudah karena ada banyak jenis alat bubut yang dijual di pasaran. Sebelum kamu memutuskan untuk membeli alat bubut baru atau bekas, ada baiknya kamu memperhatikan beberapa hal penting di bawah ini:

  • Pilihlah alat bubut dengan merek yang sudah terpercaya. Alat bubut yang terkenal memang harganya agak mahal tapi berkualitas terbaik.
  • Belilah alat bubut dengan perlengkapan yang paling lengkap termasuk alat potongnya yang bisa disesuaikan.
  • Pilihlah alat bubut yang sparepartnya murah dan mudah untuk didapat.
  • Untuk alat bubut baru, pastikan memiliki garansi dari pabriknya.

Karena harganya yang tidak murah, membeli mesin bubut harus dilakukan dengan hati-hati. Terdapat berbagai jenis alat bubut yang bisa dipilih dan belilah mesin bubut yang sesuai dengan kebutuhan kamu.