Ke Borobudur, Jangan Sampai Melewatkan Banyak Kegiatan Seru Di Komplek Candi

Ke Borobudur, Jangan Sampai Melewatkan Banyak Kegiatan Seru Di Komplek Candi

KABARPANDEGLANG.COM, Ke Borobudur, Jangan Sampai Melewatkan Banyak Kegiatan Seru Di Komplek Candi – Indonesia menyuguhkan berbagai macam kekayaan alamnya yang sangat istimewa. Tidak hanya alamnya saja yang penuh pesona, tetapi juga budaya dan sejarahnya yang sangat bervariasi dan mengedukasi siapa saja. Dengan tiket masuk Candi Borobudur yang terjangkau, Kamu sudah bisa menikmati kerajaan Buddha Mahayana di abad ke-8 pada masa Wangsa Syailendra ini. Sebuah ikon wisata sejarah di Indonesia yang juga telah diakui oleh United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO), yakni Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Candi Borobudur sudah tidak asing lagi di tengah masyarakat Indonesia, bahkan turis mancanegara pun mengenal situs bersejarah yang telah menjadi salah satu tempat wisata populer di Indonesia. Candi yang berdiri megah dengan alam perbukitan yang mengelilingi candi menjadi tempat ternyaman bagi Kamu yang ingin menepi sejenak dari kesibukan di perkotaan.

Harga Tiket Masuk Dan Fasilitas Yang Diberikan

Candi Borobudur sendiri berlokasi di Jalan Badrawati, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Tiket masuk Candi Borobudur telah mengalami perubahan, di mana sebelumnya tiket masuk untuk kategori dewasa bagi wisatawan domestik dikenakan tarif sebesar Rp 40.000. Dan saat ini tiket masuk tersebut telah naik menjadi Rp 50.000. Namun, jangan khawatir karena Kamu akan disuguhkan oleh pemandangan candi dan pemandangan alam sekeliling yang sangat indah.

Baca Juga :  Berwisata sambil Mengenal Sejarah Tugu Pahlawan Surabaya

Ketika masuk Kamu juga bisa menggunakan jarik atau selembar kain yang sudah dipersiapkan oleh petugas candi untuk Kamu pasangkan di pinggang Kamu. Dan selanjutnya Kamu bisa masuk dan berkeliling candi dengan mengenakan jarik tersebut. Ada beberapa fasilitas pendukung yang bisa Kamu nikmati di area candi, yakni berupa museum kapal, Visitor Center, kereta yang bisa Kamu naiki untuk berkeliling area candi jika lelah berjalan kaki, melihat gajah, beberapa food court yang disediakan di area candi sehingga Kamu tidak perlu khawatir ketika tiba-tiba lapar atau haus.

Selain itu Candi Borobudur juga menyediakan tour guide yang bisa menemani Kamu berkeliling candi sekaligus menceritakan sejarah dari Candi Borobudur. Biasanya tour guide ini banyak digunakan oleh wisatawan mancanegara, di mana tour guide bisa menjelaskannya dengan menggunakan berbagai bahasa, seperti Bahasa Inggris, Mandarin, Jepang, dan sebagainya.

Baca Juga :  6 Keuntungan Memilih Tabungan Anak BRI Junio di Tahun 2020

Bagi Kamu yang ingin membawa buah tangan khas Candi Borobudur, Kamu bisa menjumpai deretan kios-kios yang menjual beragam souvenir, seperti replika Candi Borobudur, baju-baju bergambar Candi Borobudur, gantungan kunci, tas dan topi hasil kerajinan warga lokal, replika becak dan andong, dan masih banyak lagi souvenir lainnya. Termasuk Kamu juga tidak perlu kebingungan jika membutuhkan toilet, musholla, dan juga area parkir untuk motor, mobil, dan bus yang luas.

Aktivitas Menarik Yang Jangan Sampai Terlewatkan

Ketika sudah tiba di Candi Borobudur dan sudah melakukan pembayaran tiket masuk, segera lah untuk mengeksplor banyak aktivitas menarik di area candi. Dengan begitu kunjungan Kamu bisa sangat maksimal. Bagi Kamu yang memiliki minat tinggi pada sejarah, maka Kamu wajib untuk menelusuri relief Candi Borobudur yang sarat akan kisah bermakna. Relief tersebut berada di dinding candi yang saling berkesinambungan. Dan konon menurut sejarah, dinding-dinding tersebut saling menyatu tanpa menggunakan semen sebagai material yang biasa digunakan untuk mengeraskan atau menyatukan dinding tersebut.

Baca Juga :  Perumahan Murah Bersubsidi Di Maluku Tengah, Maluku

Relief Candi Borobudur bisa Kamu baca secara berurutan dengan cara berjalan mengelilingi candi tersebut secara searah dengan putaran pada jarum jam. Dengan begitu Kamu akan bisa menemukan kisah yang menarik dan penuh akan pelajaran berharga yang terpahat di dalam dinding Candi Borobudur.

Yang pasti Kamu tidak boleh melewatkan untuk memanfaatkan spot-spot cantik berfoto, seperti berfoto diantara stupa Candi Borobudur. Namun, jangan sampai menginjak atau merusak candi tersebut.

Setelah seru-seruan berfoto, beristirahatlah sebentar sembari duduk-duduk dan menikmati pemandangan Bukit Menoreh yang megah dan merasakan semilirnya angin yang menyegarkan di area candi. Jika Kamu ingin melihat matahari terbit, Kamu juga bisa menyewa penginapan-penginapan yang tidak jauh dari candi dan di pagi hari Kamu bisa menuju puncak Candi Borobudur untuk melihat secara langsung keindahan matahari terbit.

Dengan mengeluarkan biaya untuk tiket masuk Candi Borobudur yang tidak menguras kantong, Kamu sudah bisa menikmati banyak pemandangan dan fasilitas yang disediakan dengan sepuasnya.

Facebook Comments

Pos terkait