Kebutuhan nutrisi ibu hamil yang harus selalu diperhatikan

oleh -272 views

KABARPANDEGLANG.COM – Kebutuhan nutrisi ibu hamil yang harus selalu diperhatikan, Asupan gizi ibu hamil menjadi faktor penting baik untuk pemenuhan nutrisi ibu hamil atau pun untuk pertumbuhan dan perkembangan janin dalam kandungan. Bahkan, dapat mengurangi risiko penyakit kronis pada anak Bunda di masa mendatang. Yuk, simak daftar asupan gizi dan nutrisi ibu hamil yang harus dipenuhi berikut ini.

Tubuh Bunda akan mengalami banyak perubahan fisik dan hormon di masa kehamilan. Dalam hal ini, asupan gizi ibu hamil akan memengaruhi kesehatan ibu dan janin dalam kandungan. Bunda harus memenuhi kebutuhan nutrisi seimbang di masa kehamilan agar bayi terlahir sehat. Nutrisi yang tepat sangat membantu tumbuh kembang buah hati Bunda. Kebutuhan nutrisi yang dimaksud bukan dalam hal porsi makan, di mana Bunda “makan untuk dua orang”.

Baca Juga :  Perumahan Murah Bersubsidi Di Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur

Namun lebih dari itu, Bunda memerlukan lebih banyak nutrisi, seperti mikronutrien dan makronutrien, untuk mendukung kesehatan Bunda serta janin. Mikronutrien adalah komponen makanan yang meliputi vitamin dan mineral. Sedangkan makronutrien adalah nutrisi yang mengandung kalori atau energi seperti karbohidrat, protein, dan lemak.

Bunda tentu sudah tahu betul pentingnya beberapa aturan dasar untuk perkembangan janin yang sehat. Dari pantangan merokok, alkohol, hingga istirahat dan asupan nutrisi ibu hamil yang tepat, semuanya merupakan hal umum yang sudah wajib ditaati selama kehamilan.

Ini semuanya tentu adalah upaya agar bayi dalam kandungan bisa tumbuh menjadi anak generasi maju yang sehat secara fisik dan mental. Selain pertumbuhan fisik yang tinggi dan kuat, asupan nutrisi selama kehamilan bisa membantu anak tumbuh menjadi pribadi cerdas dan kreatif.

Baca Juga :  Perumahan Murah Bersubsidi Di Wonogiri, Jawa Tengah

Kebutuhan Vitamin Ibu Hamil yang Harus Dipenuhi

Asupan vitamin juga menjadi kebutuhan gizi ibu hamil yang harus dipenuhi. Adapun vitamin yang diperlukan di masa kehamilan meliputi:

  • Vitamin A untuk kesehatan kulit dan mata serta pertumbuhan tulang. Sumber vitamin A antara lain wortel, sayuran hijau, dan umbi-umbian.
  • Vitamin C untuk kesehatan gigi, gusi, dan tulang, serta membantu penyerapan zat besi. Sumber vitamin C antara lain buah sitrus, brokoli, tomat.
  • Vitamin B6 untuk pembentukan sel darah merah, untuk efektivitas manfaat protein, lemak, dan karbohidrat. Vitamin B6 bisa didapat dari sereal, biji-bijian utuh seperti gandum, dan buah pisang.
  • Vitamin B12 untuk pembentukan sel darah merah, menjaga kesehatan sistem saraf. Sumber vitamin B12 adalah daging, ikan, dan susu.
  • Vitamin D untuk kesehatan tulang dan gigi serta membantu penyerapan kalsium. Sumber vitamin D antara lain susu, sereal, dan roti.
Baca Juga :  Perumahan Murah Bersubsidi Di Nias Selatan, Sumatera Utara

Konsumsi makanan dengan nutrisi seimbang selama kehamilan tidak hanya mencegah bunda dari efek samping tertentu, tetapi juga meningkatkan kekebalan tubuh bunda dan memperlambat perubahan mood, sehingga kehamilan tetap sehat dan bahagia.

Jangan ragu mengonsultasikan pemenuhan gizi ibu hamil kepada dokter kandungan untuk mendapatkan sumber vitamin dan mineral yang tepat. Kesehatan ibu hamil juga turut menyokong kesehatan janin yang dikandungnya.