Kelompok Monera Dan Protista

  • Bagikan
Kelompok Monera Dan Protista

KABARPANDEGLANG.COM РKlasifikasi terhadap makhluk hidup diperlukan sehingga memudahkan kita untuk mempelajari jenis-jenis makhluk hidup. Salah satu kelompok makhluk hidup adalah monera dan protista. Kingdom Protista dan Monera keduanya yakni organisme yang bersel tunggal, tetapi mereka berdua berbeda satu sama lain.

Perbedaan utama antara monera dan protista terletak pada inti sel. Monera tidak mempunyai inti sejati, sementara protista memiliki inti yang terikat dalam membran inti mereka sendiri. Para ilmuwan mengklasifikasikan organisme dengan inti sejati sebagai eukariota dan organisme tanpa inti sejati sebagai prokariota.

1. Kingdom Monera

Monera ialah kelompok organisme yang inti selnya masih belum mempunyai membran inti disebut organisme Prokariotik. Meskipun tidak memiliki membran inti, organisme ini memiliki bahan inti. Bahan inti tersebut berupa asam inti atau DNA (deoxy ribonucleic acid atau asam deoksiribonukleat). Organisme yang termasuk ke dalam Kingdom Monera adalah organisme yang memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  1. Bersel satu.
  2. Tidak memiliki selaput Inti atau prokariot.
  3. Ada yang dapat menciptakan makanan sendiri atau autotrof.
  4. Ada yang mampu bergerak berpindah kawasan.

Monera terdiri dari basil dan ganggang biru.

Baca Juga :  Mendengarkan Pidato Bung Tomo
a. Bakteri

Bakteri ialah kelompok organisme yang tidak memiliki membran inti sel. Organisme ini termasuk ke dalam domain prokariota dan berukuran sangat kecil (mikroskopik), serta mempunyai peran besar dalam kehidupan di bumi.

Bakteri berkembang biak dengan cara membelah diri. Beberapa kuman ada yang berklorofil dan bisa melakukan fotosintesis. Misalnya, basil hijau. Bakteri ada yang menguntungkan dan ada yang merugikan bagi kehidupan insan. Berikut ini beberapa contoh bakteri:

  1. Salmonella typhi penyebab penyakit tifus
  2. Mikrobakterium tuberculosis penyebab TBC
  3. Escherichia coli hidup di usus besar manusia dan membantu pembusukan sisa makanan
  4. Rhizobium radicicola hidup bersimbiosis dengan flora kacang-kacangan yang membantu menambat nitrogen dari udara dengan membentuk bintil-bintil akar.
  5. Bacillus anthracis penyebab penyakit anthrax pada ternak.

Tubuh kuman terdiri dari satu sel, sebagian besar bakteri hidup secara sporofit atau benalu. Bakteri berkembangbiak dengan membelah diri dan konjugasi.

Klasifikasi terhadap makhluk hidup diperlukan sehingga memudahkan kita untuk mempelajari j Kelompok Monera dan Protista
b. Alga biru (cyanobacteria)

Alga biru yakni satu satunya ganggang yang tergolong dalam kingdom monera Divisio Cyanophyta , ganggang ini bersel tunggal atau berbentuk benang dengan struktur badan yang masih sederhana dimana intinya masih prokaryotik.

Alga biru berkembang biak dengan membelah diri. Alga biru bersifat autotrof (mampu membuat masakan sendiri melalui proses fotosintesis). Manfaat ganggang biru antara lain: Annabaena azollae dipakai sebagai pupuk. SpiruLina sebagai materi masakan yang mengandung protein dan lain-lain.

Klasifikasi terhadap makhluk hidup diperlukan sehingga memudahkan kita untuk mempelajari j Kelompok Monera dan Protista

2. Kingdom Protista

Protista ialah organisme eukariot pertama atau paling sederhana. Protista merupakan organisme eukariotik sehingga mempunyai membran inti sel. Kingdom protista mencakup berbagai jenis makhluk hidup yang memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  1. Bersel tunggal
  2. Mempunyai selaput inti sel (eukariot)
  3. Bersifat heterotrof
  4. Berkembang biak dengan kawin (konjugasi) dan tak kawin (membelah diri)
  5. Hidup soliter atau berkoloni.
Baca Juga :  Sultan Agung Hanyokrokusumo

Secara umum, protista dibedakan menjadi 3 kelompok yakni protista mirip binatang (protozoa) protista seperti flora (Alga) dan protista seperti jamur (oomycota)

  1. Protista mirip hewan atau protozoa. Berdasarkan alat geraknya binatang bersel satu dibagi menjadi: Hewan berkaki semu tumbuhnya membentuk kaki teladan amoeba proteus. Hewan berbulu cambuk atau flagellata, memiliki flagel yang bergerak mirip dengan cambuk pola chlamydomonas. Hewan berbulu getar atau Ciliata, memiliki silia yang selalu bergerak berfungsi sebagai alat gerak dan mengambil kuliner. contoh paramaecium, didinium.
  2. Hewan spora atau sporozoa berkembang biak dengan spora. Contoh plasmodium.
  3. Protista seperti tumbuhan atau alga ganggang bersel satu soliter misalnya chlorella atau abad sekarang mampu diolah menjadi masakan berprotein tinggi dan ganggang bersel satu koloni contohnya volvox. Protista mirip jamur, protista yang merupakan ibarat jamur yaitu dari golongan jamur lendir (myxomycota) dan jamur air Omycota.
Klasifikasi terhadap makhluk hidup diperlukan sehingga memudahkan kita untuk mempelajari j Kelompok Monera dan Protista

Selain kelompok Protista yang bersifat mikroskopis, terdapat juga Protista yang bersifat makroskopis (dapat dilihat tanpa menggunakan mikroskop). Misalnya Alga merah: Eucheuma spinosum, Gracillaria sp, Alga hijau: Ulva sp, dan Alga Cokelat; Fucus sp.

Baca Juga :  Jenis Dan Karakteristik Bahan Serat
Tugas Pengamatan

Mengamati makhluk hidup yang ada pada setetes air kolam
Siapkan alat dan bahan berikut ini.

  1. Air bak yang warnanya hijau
  2. Mikroskop
  3. Pipet tetes
  4. Kaca objek dan penutupnya

Lakukan kegiatan berikut.

  1. Ambilah setetes air kolam yang warnanya hijau.
  2. Teteskan pada beling objek dan tutuplah dengan gelas penutup.
  3. Amatilah makhluk hidup yang ada pada setetes air kolam tersebut dengan mikroskop dimulai dari perbesaran lemah sampai perbesaran berpengaruh.
  4. Jika kau belum menemukan makhluk hidup yang dicari, ulangilah kembali dari langkah 1.

Terima kasih telah membaca artikel di website kabarpandeglang.com, semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat bagi kamu dan bisa dijadikan referensi. Artikel ini telah dimuat pada kategori pendididkan https://kabarpandeglang.com/topik/pendidikan/, Jangan lupa share ya jika artikelnya bermanfaat. Salam admin ganteng..!!

  • Bagikan