Kemasan Produk Kerajinan Materi Limbah Organik

  • Bagikan

KABARPANDEGLANG.COM – Kemasan yakni sebagai bab terluar yang membungkus suatu produk dengan tujuan untuk melindungi produk dari cuaca, guncangan dan benturan­-benturan, terhadap benda lain. Setiap bentuk barang benda yang membungkus suatu benda di dalamnya mampu disebut dengan kemasan sejauh hal tersebut memang bermanfaat untuk melindungi isinya.

Untuk menampilkan kesan dan pandangan terhadap suatu isi produk, maka packaging biasanya dibuat atau di desain sedemikian rupa, sehingga pesan yang akan disampaikan akan mampu ditangkap oleh pemakai produk dengan baik.

Kemasan telah menjadi bagian penting dari sebuah karya. Saat ini kemasan sebuah produk turut memilih apakah produk tersebut layak dikatakan berkualitas atau tidak. Seperti lukisan, jika tidak dilengkapi dengan figura maka lukisan tersebut nampak sebagai karya tanpa busana.

Bentuk kemasan sangat membantu sebuah produsen mengenalkan dan mendekatkan produk kepada konsumennya. Hanya dalam beberapa detik saja sebuah kemasan mampu merubah cara pikir seseorang untuk memiliki ketertarikan tinggi terhadap sebuah produk.

Kemasan yanng dipakai untuk membungkus produk barang kerajinan yang dibeli pelanggan bukan hanya berfungsi sebagai pengaman saja, melainkan kemasan harus memilki nilai estetic, nilai gosip, dan nilai promosi. Untuk itu sebelum kita memakai pengemas barang harus memahami dahulu apa apa tujuan sesungguhnya dari kemasan yang digunakan tersebut.

Baca Juga :  Mengonsumsi Makanan Dan Minuman Yang Halal

Banyak pengrajin yang mengabaikan masalah kemasan suatu produk sebab mereka menganggap bahwa fungsi kemasan hanya sebagai bungkus. Tapi bila kita cermati, fungsi kemasan mempunyai fungsi lebih dari itu. Jika kita mau memperhatikan fungsi-fungsi tersebut, maka kelancaran penjualan bisa kita harapkan.

Sementara itu ada pengrajin yang beropini yang penting barang kerajinan dibungkus. Tapi dalam hal ini tidak berarti masalah pembungkus atau kemasan boleh di abaikan. Meskipun barang itu isinya anggun jikalau dikemas sembarangan akan mampu mensugesti minat pembeli. Agar konsumen mampu tertarik dan mencobanya kemasan dapat berperan menghipnotis konsumen tersebut.

Fungsi Kemasan Produk Kerajinan

Dilihat dari fungsinya, kemasan mempunyai 4 fungsi utama, adalah fungsi menjual, melindungi, memudahkan, dan memperindah penampilan produk barang kerajinan. Berikut keempat fungsi dari kemasan produk kerajinan.

Menjual produk

Secara tidak eksklusif, bentuk kemasan harus dapat menjual produk tersebut, kemasan bisa berkomunikasi dengan baik dan menjadi iklan gratis atau promosi terselubung pada ketika dijual atau pada saat pendistribusiannya. Biasanya barang konsumsi yang ada dipasar atau di toko diletakkan akrab dengan produk pesaing. Promosi barang tersebut bergantung pada kemasan alasannya kemasan mempunyai imbas dalam pajangan untuk memikat konsumen. Perbaikan kemasan dapat merupakan cara  efektif untuk menarik konsumen gres.

Melindungi Produk

Kemasan harus dapat melindungi produk, baik  dari efek luar maupun dari dalam, kelembaban, efek O2 serta harus dapat melindungi dari efek Handling yang tidak benar. Penggunaan bahan baku yang berkualitas dan Handling yang benar merupakan upaya melindungi produk mulai dari dikala dikemas, dipakai saat dipakai oleh konsumen. Syarat minimum kemasan suatu produk adalah kemasan harus dapat melindungi keutuhan isi produk.

Memudahkan Penggunaan Produk

Fungsi lain dari kemasan ialah untuk memudahkan konsumen untuk menggunakan produk. Kemudahan bagi konsumen dalam arti kemasan yang mudah dibuka, isinya gampang dikeluarkan dan mudah dibawa.

Memperindah Penampilan Produk

Penampilan kemasan dapat memperindah tampilan produk, sehingga tampak lebih menarik. Kemasan sangat memilih ketertarikan konsumen terhadap suatu produk. Jika kemasannya cantik dan menarik, konsumen akan mengamati lebih detail produk yang ditawarkan tersebut.

Baca Juga :  Penyebab Pengaruh Dan Penganggulangan Pencemaran Tanah

Bentuk kemasan juga harus diadaptasi dengan kebutuhan dan harus selalu merupakan produk kreatif dan inovatif serta  mengikuti tren yang sedang berkembang, sehingga dapat tampil beda atau selangkah lebih maju dari kemasan–kemasan sejenis yang ada.

Kemasan tidak hanya berupa wadah namun juga embel-embel dengan tujuan karya dapat terlihat lebih lebih banyak didominasi. Misalnya boneka dari kulit jagung yang dikemas dengan bantalan memakai kayu, dengan demikian boneka tersebut lebih terlihat indah dan menarik dibanding tidak memakai bantalan.

Adapun prinsip bahan dasar dari kemasan itu sendiri sangat bervariasi, seperti plastik, kayu, serat alam, kardus, beling, mika, dan sebagainya. Semua bergantung kepada cocok tidaknya sebuah produk pada kemasannya.

Penting untuk dipahami bahwa karya yang diperuntukkan dijual, maka kemasan harus lebih berguna untuk melindungi karya dari kerusakan, sedangkan bila untuk dipamerkan maka kemasan sebagai penunjang karya utama dan dilarang mendominasi dari pada karya utamanya.

Baca Juga :  Perjuangan Ekonomi Yang Dikelola Sendiri Dan Kelompok

Sesuai maksud dan tujuan pengemasan, maka setiap kemasan harus memenuhi persyaratan tertentu antara lain sebagai berikut:

  1. Jenis kemasan yang dipilih harus sesua dengan jenis barangnya;
  2. Besar kemasan harus cukup untuk melindungi barangnya;
  3. Kemasan harus cukup berkualitas sebagai pengaman barangnya;
  4. Kemasan harus dapat menonjolkan atau mewakili kualitas barangnya;.

Contoh Kemasan Produk Kerajinan

Kemasan produk sangatlah besar lengan berkuasa terhadap harga jual suatu barang dan daya saing di pasaran. Kemasan produk menunjukkan sebuah citra faktual untuk sebuah kualitas, merk dan juga iktikad dari konsumen. Konsumen semakin hari kian maju, teliti dan cerdas dalam menilai sebuah produk yang akan mereka beli. Berikut ini contoh cara membuat kemasan produk.

 Kemasan adalah sebagai bagian terluar yang membungkus suatu produk dengan tujuan untuk me Kemasan Produk Kerajinan Bahan Limbah Organik

Dalam menciptakan kemasan harus memperhatikan desain kemasan produk serta materi yang digunakan untuk mengemas produk. Jika kemasan produk yang Anda gunakan kurang menarik dan tidak sempurna maka konsumen pastinya akan berpikir ulang untuk mengambil atau membeli produk Anda.

Terima kasih telah membaca artikel di website kabarpandeglang.com, semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat bagi kamu dan bisa dijadikan referensi. Artikel ini telah dimuat pada kategori pendididkan https://kabarpandeglang.com/topik/pendidikan/, Jangan lupa share ya jika artikelnya bermanfaat. Salam admin ganteng..!!

  • Bagikan