Kabar Pandeglang Online
Portal Berita PAndeglang Terkini & Terupdate

Kewajiban, Hak, Dan Tanggung Jawab Anggota Masyarakat

43

KABARPANDEGLANG.COM – Selain tanggung jawab, kita juga mempunyai hak dan kewajiban sebagai warga masyarakat. Hak, kewajiban, dan tanggung jawab merupakan tiga hal yang berbeda, tetapi saling berkaitan dekat satu sama lain dan tidak mampu dipisahkan.

Sebagai warga masyarakat, kita juga berhak untuk hidup di lingkungan yang bersih dan sehat. Apakah yang dimaksud kewajiban, hak, dan tanggung jawab?

  1. Hak berarti sesuatu yang mutlak menjadi milik seseorang dan penggunaannya tergantung kepada orang yang bersangkutan.
  2. Kewajiban berarti sesuatu yang harus dilakukan dengan penuh rasa tanggung jawab.
  3. Tanggung jawab berarti peran dan kewajiban yang harus dilaksanakan.

Warga masyarakat Indonesia harus bertanggung jawab dalam meningkatkan pengalaman sosial budaya. Dengan demikian, setiap indivisu mempunyai tanggung jawab yang sama.

Tanggung jawab tersebut di antaranya menjaga kebersihan, ketertiban, dan keamanan lingkungan. Di sini dapat disimpulkan bahwa kekuatan masyarakat terletak pada ikatan kerja sama.

Baca Juga :  Pandangan Baru Pokok Teks Otot Insan

Ayo Menulis

Setiap anggota kelompok memiliki tanggung jawab yang harus dilaksanakan. Identifikasilah bentuk tanggung jawab setiap anggota kelompokmu. Tanggung jawab setiap anggota kelompok
dalam melakukan peran adalah:

  1. Melakukan peran sesuai kewajibannya.
  2. Mengerjakan peran dengan semangat.
  3. Menyelesaikan yang telah diberikan.
  4. Membantu sahabat yang mengalami kesulitan.

Kerja sama dan mufakat merupakan warisan budaya masyarakat Indonesia. Warisan budaya inilah yang harus dipertahankan dan ditingkatkan. Budaya dan sosial bangsa Indonesia perlu dipertahankan dan ditingkatkan. Karena hal ini menjdai tanggung jawab warga masyarakat indonesia. Budaya dan sosial diantaranya yaitu sebagai berikut.

  1. Membiasakan musyawarah mufakat dalam mengambil keputusan bersama.
  2. Membiasakan bantu-membantu antarwarga masyarakat.
  3. Ikut serta dalam aktivitas kerja bakti atau gotong-royong dalam masyarakat.
  4. Menjaga interaksi yang baik antarwarga masyarakat.
  5. Membiasakan interaksi yang mengarah ke persatuan.
  6. Menghindari interaksi yang mengarah ke perpecahan.

Ayo Menulis

Misalnya, lingkungan kawasan tinggalmu sedang tidak aman. Mengapa? Karena terjadi pencurian di beberapa rumah warga. Apa yang harus dilakukan warga masyarakat di daerah tinggalmu? Siapakah yang bertanggung jawab atas keamanan di lingkungan kawasan tinggalmu? Kemukakan pendapatmu dan tuliskan pada kolom berikut!

Baca Juga :  Gerak Langkah Kaki Dan Ayunan Pada Senam Irama

1. Hal yang seharusnya dilakukan warga masyarakat ialah

Semua warga bertanggung jawab atas keamanan di lingkungan kawasan tinggalnya. Menjaga keamanan lingkungan merupakan kewajiban semua warga masyarakat. Kegiatan yang mampu dilakukan untuk menjaga keamanan di lingkungan kawasan tinggal yakni dengan melaksanakan ronda malam. Kegiatan ronda malam dilakukan secara bergantian oleh warga. Jadwal ronda mampu ditentukan melalui musyawarah RT.

 kita juga mempunyai hak dan kewajiban sebagai warga masyarakat Kewajiban, Hak, dan Tanggung Jawab Anggota Masyarakat

2. Petugas yang bertanggung jawab atas keamanan di lingkungan kawasan tinggal yakni

No. Keamanan Lingkungan
Petugas yang bertanggung
jawab
Alasannya
1. Petugas Siskamling/Ronda Karena petugas ronda bertugas antisipasi dalam penanganan duduk perkara yang ditimbulkan karena adanya ganguan keamanan masyarakat, musibah, dan bencana alam.
2. Polisi Republik Indonesia Karena Polisi Republik Indonesia memiliki Bintara Pembina Keamanan Ketertiban Masyarakat (Babinkamtibmas) yang tugasnya hampir sama seperti Babinsa TNI
3. Satpan Komplek Satpam bertanggung jawab atas keamanan lingkungan karna beliau ditugaskan/kewajibanya untuk menjaga lingkungan
4. Kasi Trantib Karena Seksi Ketentraman dan Ketertiban mempunyai tugas membantu Lurah dalam menyiapkan bahan rumusan kebijakan penyusunan, perencanaan, pelaksanaan pengendalian, pembinaan ketentraman dan ketertiban wilayah Kelurahan;
5. Babinsa TNI Karena Babinsa yakni pelaksana Dan Ramil dalam melakukan fungsi pembinaan yang bertugas pokok melatih rakyat menunjukkan penyuluhan di bidang Hankam dan Pengawasan kemudahan dan prasarana Hankam di Pedesaan
Baca Juga :  Perubahan Wujud Benda Mencair Membeku Dan Menguap

Terima kasih telah membaca artikel di website kabarpandeglang.com, semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat bagi kamu dan bisa dijadikan referensi. Artikel ini telah dimuat pada kategori pendididkan https://kabarpandeglang.com/topik/pendidikan/, Jangan lupa share ya jika artikelnya bermanfaat. Salam admin ganteng..!!

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More