Langkah Langkah Membuat Buklet Sederhana

  • Bagikan
Langkah Langkah Membuat Buklet Sederhana

KABARPANDEGLANG.COM – Buklet yaitu buku kecil yang berfungsi sebagai selebaran. Booklet merupakan sebuah media komunikasi yang bertujuan untuk menyampaikan pesan yang bersifat promosi, anjuran, larangan-larangan kepada khalayak massa, dan berbentuk cetakan. Tujuan final pembuatan booklet tersebut yaitu semoga masyarakat memahami pesan yang terkandung dalam media komunikasi tersebut.

Pembuatan booklet tidak terlalu mahal, dengan harga yang terjangkau membuat booklet banyak digunakan sebagai sarana promosi. Penulisan informasi pada booklet mampu dijelaskan secara lengkap sesuai dengan harapan. Bahkan juga mampu menuliskan kelebihan yang terdapat pada suatu produk.

Dalam wirausaha, buklet mampu berfungsi sebagai salah satu media promosi. Pemilik perjuangan mampu memuat info, deskripsi, gambar, dan foto-foto wacana suatu produk. Buklet biasa terdiri atas cover, daftar isi, dan isi atau inti dari produk yang dipromosikan. Berikut ini cara membuat booklet sederhana.

Buklet adalah buku kecil yang berfungsi sebagai selebaran Langkah Langkah Membuat Buklet Sederhana

Langkah 1

Pilihlah kertas dan tentukan jumlah halaman.. Misalnya, dengan memakai kertas ukuran A4 Jumlah halaman 6 (3 lembar kertas)

Baca Juga :  Langkah-Langkah Menciptakan Patung Nusantara

Langkah 2

Lipat 3 lembar kertas A4 menjadi dua bagian yang sama mirip terlihat pada gambar di atas.

Langkah 3

Tumpuk kertas yang sudah dilipat sehingga membentuk sebuah buku.

Langkah 4

Putuskan apa yang akan dituangkan di setiap halaman
1. Sampul depan
2. Daftar isi
3. Isi

Langkah 5

Mulailah menggambar dan menulis pada setiap halaman

Langkah 6

Warnai gambar semoga tampak lebih menarik

Booklet merupakan buku berukuran kecil yang berisi goresan pena dan gambar-gambar. Ada yang menyampaikan bahwa istilah booklet berasal dari buku dan leaflet, artinya media booklet merupakan perpaduan antara leaflet dengan buku atau sebuah buku dengan format kecil seperti leaflet.

Struktur isinya seperti buku hanya saja cara penyajian isinya jauh lebih singkat daripada sebuah buku. Sedangkan Buku Saku hampir sama dengan booklet, hanya saja berukuran lebih kecil hingga bisa dimaksukkan kedalam saku.

Baca Juga :  Kelompok Binatang Invertebrata Dan Vertebrata

Booklet sendiri memiliki beberapa keunggulan dan kelemahan. Beberapa keunggulan dan kelemahan dari booklet antara lain sebagai berikut.

A. Keunggulan

  1. Booklet memakai media cetak sehingga biaya yang dikeluarkan lebih murah jika dibandingkan dengan memakai media lainnya.
  2. Proses booklet supaya sampai kepada obyek atau masyarakat mampu dilakukan sewaktu-waktu
  3. Proses penyampaiannya juga bisa diadaptasi dengan kondisi yang ada
  4. Informasi pada booklet lebih jelas dan terperinci, alasannya adalah lebih banyak bisa mengulas ihwal pesan yang disampaikannya.

B. Kelemahan

Selain mempunyai keunggulan ternyata booklet juga mempunyai beberapa kelemahan. Beberapa kelemahan booklet antara lain sebagai berikut.

  1. Booklet ini tidak bisa menyebar ke seluruh masyarakat, alasannya disebabkan keterbatasan penyebaran booklet.
  2. Tidak langsungnya proses penyampaiannya, sehingga umpan balik dari obyek kepada penyampai pesan tidak secara eksklusif(tertunda).
  3. Memerlukan banyak tenaga dalam penyebarannya.
Baca Juga :  Laporan Percobaan Benda Magnetis Dan Nonmagnetis

Terima kasih telah membaca artikel di website kabarpandeglang.com, semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat bagi kamu dan bisa dijadikan referensi. Artikel ini telah dimuat pada kategori pendididkan https://kabarpandeglang.com/topik/pendidikan/, Jangan lupa share ya jika artikelnya bermanfaat. Salam admin ganteng..!!

  • Bagikan