Laporan Percobaan Benda Magnetis Dan Nonmagnetis

  • Bagikan

KABARPANDEGLANG.COM – Magnet adalah salah satu benda yang banyak di gunakan dalam kehidupan manusia dikala ini, sebab sifatnya yang mampu menarik logam sehingga dapat dimanfaatkan dalam kehiduopan sehari-hari. Magnet dapat di gunakan dalam menciptakan motor listrik, pembangkit listrik dan sebagainya.

Tidak semua benda dapat ditarik oleh magnet, benda yang mampu ditarik oleh magnet disebut benda magnetis dan yang tidak dapat di tarik disebut dengan nonmagnetis.

Kebanyakan benda magnetis yaitu logam, namun tidak semua logam dapat di tarik oleh magnet. Saat logan ditarik oleh magnet, maka logam tersebut akan dipertahankan oleh magnet biar terus menempel padanya.

Benda magnetis ialah benda-benda yang terbuat dari bahan-materi yang mengandung unsur magnet atau logam yang mampu berinteraksi dengan magnet. Bahan – materi magnetis memiliki kekuatan melekat yang berbeda – beda. Kebanyakan bahan ini adalah logam.

Baca Juga :  Teks Laporan Hasil Pengamatan Tanaman Bambu

Benda nonmagnetis adalah benda yang sebagian besar mengandung bahan yang tidak mampu ditarik oleh magnet. Bahan nonmagnetis tidak mampu ditarik atau ditolak oleh magnet, sehingga biasanya hanya menjadi pembungkus untuk alat –alat yang berafiliasi dengan magnet. Kebanyakan materi ini ialah materi nonlogam, misalnya yaitu plastik. Perhatikan benda-benda di bawah ini.

Magnet adalah salah satu benda yang banyak di gunakan dalam kehidupan manusia saat ini Laporan Percobaan Benda Magnetis dan Nonmagnetis

Amati gambar di atas.
Apakah kau mampu memprediksi yang akan terjadi kalau benda-benda tersebut didekatkan ke magnet. Tuliskan prediksimu pada tabel berikut.

No. Nama Benda Prediksi
Ditarik Tidak Ditarik
1 Pensil
2 Peniti
3 Penghapus
4 Paku
5 Penjepit Kertas
6 Sisir
7. Gunting
8 Batu
9 Kayu
10 Daun
11 Karet Gelang
12 Kaca
Baca Juga :  Menciptakan Brosur Penghematan Listrik

Laporan Percobaan Benda Magnetis dan Nonmagnetis
Tujuan Percobaan : Mengidentifikasi benda magnetis dan nonmagnetis
Alat dan materi : – Magnet
– Pensil
– Peniti
– Karet gelang
– Paku
– Penjepit kertas
– Sisir
– Gunting
– Batu
– kayu
– Daun
– Kertas
– Kaca
Langkah-langkah :
  1. Ambil magnet
  2. Dekatkan magnet ke benda-benda yang tersedia secara bergantian
  3. Amati apa yang terjadi
  4. Catat hasil pengamatan pada tabel
Hasil Percobaan :
  1. Pensil, karet gelang, sisir, batu, kayu, dan kertas, dan beling tidak bisa ditarik oleh magnet.
  2. Peniti, paku, penjepit kertas, dan gunting dapat ditarik oleh magnet.
Kesimpulan : Pensil, karet gelang, sisir, kerikil, kayu, dan kertas, dan beling termasuk benda nonmagnetis sebab tidak bisa ditarik oleh magnet, sedangkan peniti, paku, penjepit kertas, dan gunting termasuk benda magnetis alasannya adalah mampu ditarik oleh magnet.
Baca Juga :  Karya Sastra Peninggalan Kerajaan Islam

Terima kasih telah membaca artikel di website kabarpandeglang.com, semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat bagi kamu dan bisa dijadikan referensi. Artikel ini telah dimuat pada kategori pendididkan https://kabarpandeglang.com/topik/pendidikan/, Jangan lupa share ya jika artikelnya bermanfaat. Salam admin ganteng..!!

  • Bagikan