Laporan Percobaan Kompor Sederhana Tenaga Surya

  • Bagikan
Laporan Percobaan Kompor Sederhana Tenaga Surya

KABARPANDEGLANG.COM – Pada dikala ini kebutuhan energi semakin mendesak sedangkan persediaan energi fosil semakin menipis karena energi .fosil merupakan energi yang tidak dapat diperbaharui. Belakangan ini terus dilakukan Beberapa usaha penghematan energi fosil dengan pengembangan energi alternatif yang ramah lingkungan.

Salah satunya ialah dengan pemanfaatan energi surya /energi matahari. Energi surya yaitu salah satu energi alternatif yang dirasakan sangat sesuai dengan kondisi ketika ini alasannya adalah disamping murah juga tersedia sangat melimpah.

Prinsip kerja dari kompor surya ialah dengan memfokuskan panas yang diterima dari matahari Kompor surya mampu dipakai untuk menggantikan panas dari kompor minyak dan kayuu bakar. Berikut ini teks laporan percobaan Kompor Sederhana Tenaga Surya.

Laporan Percobaan Kompor Sederhana Tenaga Surya
Tujuan Percobaan : Mengidentifikasi cara menghasilkan energi alternatif
Alat dan materi :
  1. 2 kotak berbahan kayu atau tripleks, yang berbeda ukuran dengan selisih sekitar satu inci di setiap sisinya
  2. Koran atau sobekan kertas
  3. Kertas konstruksi berwarna hitam
  4. 4 lembar kardus
  5. Pisau cutter tebal
  6. Pembungkus makanan berbahan aluminium atau pelat logam. Aluminium foil mampu pula digunakan tetapi akan cepat kotor dan harus sering diganti
  7. Plester atau perekat karet
  8. 8 buah tangkai penyangga (pilihan)
  9. Lem tahan panas yang kuat daya rekatnya (pilihan)
Langkah-langkah : Langkah-langkah Percobaan:
  1. Tempatkan kotak kecil di dalam kotak yang lebih besar. Isilah celah kosong di antara kedua kotak tersebut dengan sobekan kertas atau koran. Fungsinya sebagai penyekat atau penahan panas.
  2. Alasi sisi bagian dalam kotak kecil dengan kertas konstruksi hitam. Hal ini akan menambah tingkat panas kotak.
  3. Lapisi empat buah karton dengan bahan pemantul cahaya matahari yang terbuat dari pelat aluminium. Pastikan tidak ada lapisan pemantul yang terlipat atau berkerut. Beri plester atau perekat karet pada pinggir setiap pelat tersebut supaya merekat dengan berpengaruh pada karton.
  4. Pasanglah setiap pelat pemantul sinar surya tersebut pada setiap sisi bagian atas dari kotak dengan sudut kemiringan sekitar 45 derajat.
  5. Gunakan tangkai penyangga di bagian bawah setiap pelat pemantul semoga posisinya stabil. Pastikan semua bab sudah terpasang kuat dan tahan terhadap terpaan angin.
  6. Taruhlah panci makanan dalam kotak. Tempatkan panggangan tenaga surya ini di daerah yang terpapar cahaya matahari eksklusif di waktu terik siang hari.
  7. Ujilah kompor tenaga surya buatan kalian.
  8. Tuliskan laporan hasil percobaan!
Pada saat ini kebutuhan energi semakin mendesak sedangkan persediaan energi fosil semakin Laporan Percobaan Kompor Sederhana Tenaga Surya
Hasil Percobaan :
  1. Pada prinsipnya semua jenis kompor tenaga surya mempunyai cara kerjanya tidak jauh berbeda, ialah memusatkan cahaya matahari yang jatuh ke alumunium/beling. Tujuannya biar energi lebih terkonsentrasi dan berpotensi menghasilkan panas yang cukup untuk memasak..
  2. Prinsip kerja alat ini juga gampang dipahami. Pertama, pemusatan cahaya matahari. Kedua, mengubah cahaya menjadi panas. Ketiga, memerangkap panas.
  3. Wadah yang dipakai untuk memasak masakan berwarna hitam, alasannya adalah warna hitam mampu menyerap panas dengan baik.
  4. Kemudian untuk mengoptimalkan panas yang terserap dan menghindari panas terbuang, dalam proses memasak sebaiknya kita gunakan plastik untuk membungkus panci tersebut.
Kesimpulan : Dari pengamatan percobaan yang telah dilakukuan mampu disimpulkan bahwa kompor tenaga surya ini mampu dipakai untuk mengurangi pemakaian terhadap bahan bakar fosil. Bahan bakar dari kompor tenaga surya hanya membutuhkan matahari sebagai energi utamanya  untuk menghasilkan panas,
Baca Juga :  Usaha Sultan Ageng Tirtayasa

Terima kasih telah membaca artikel di website kabarpandeglang.com, semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat bagi kamu dan bisa dijadikan referensi. Artikel ini telah dimuat pada kategori pendididkan https://kabarpandeglang.com/topik/pendidikan/, Jangan lupa share ya jika artikelnya bermanfaat. Salam admin ganteng..!!

  • Bagikan