Kabar Pandeglang Online
Portal Berita PAndeglang Terkini & Terupdate

Laporan Percobaan Medan Magnet

10

KABARPANDEGLANG.COM – Magnet merupakan benda yang dapat menarik benda disekitarnya sebab memiliki sifat kemagnetan atau magnetis. Kemagnetan atau magnetis yaitu kemampuan benda untuk menarik benda-benda lain yang ada di sekitarnya.

Gaya magnet mampu menimbulkan tertariknya benda-benda di sekitarnya. Kekuatan magnet menarik benda-benda tertentu disebut gaya magnet.

Medan magnet adalah kawasan atau wilayah yang dipengaruhi oleh gaya magnet. Medan magnet tidak mampu kita lihat, tetapi dapat digambarkan. Besar medan magnet tergantung pada kekuatan magnet.

Medan magnet mampu ditunjukan dengan memakai serbuk besi yang ditaburkan di atas kertas dan dapat pula memakai kompas.

Magnet merupakan benda yang dapat menarik benda disekitarnya karena memiliki sifat kemagne Laporan Percobaan Medan Magnet

Arah medan magnet yang berupa garis-garis yang menghubungkan kutub-kutub magnet disebut dengan garis gaya magnet. Garis gaya magnet memiliki ciri antara lain sebagai berikut :

  1. Garis gaya magnet mempunyai arah meninggalkan kutub utara dan menuju kutub selatan.
  2. Garis gaya magnet selalu tidak berpotongan.
  3. Daerah yang garis-garis gaya magnetiknya rapat memperlihatkan medan magnetik yang kuat, sedangkan kawasan yang garis-garis gaya magnetiknya kurang rapat menunjukkan medan magnetik yang lemah
Baca Juga :  Seni Rupa Dua Dimensi Nusantara
Laporan Percobaan Medan Magnet
Tujuan Percobaan : Mengidentifikasi medan magnet
Alat dan materi : 1..Magnet
2. Serbuk besi yang diperoleh dari gundukan pasir
3. Kertas karton berukuran A4
Langkah-langkah : Langkah-langkah Percobaan:
  1. Taruhlah magnet di bawah kertas karton berukuran A4.
  2. Taburkan serbuk besi secukupnya di atas kertas karton tersebut.
  3. Ketuklah kertas karton secara perlahan.
  4. Gerakkan magnet di seputar kertas.
  5. Jauhkan magnet dari kertas.
Hasil Percobaan :
  1. Di tempat sekitar kutub magnet garis-garis yang dibentuk oleh pasir besia sangat rapat.
  2. Di bab tengah magnet garis-garis yang terbentuk oleh pasir besi lebih renggang bila dibandingkan dengan tempat di sekitar kutub magnet..
Kesimpulan : Dari pengamatan yang telah dilakukuan mampu disimpulkan bahwa medan magnet paling berpengaruh ialah di sekitar kutub magnet yang ditunjukan oleh rapatnya garis-garis yang dibuat oleh pasir besi. Sedangkan pada bagian tengah magnet memiliki medan magnet yang kurang berpengaruh yang ditunjukan dengan renggangnya garis-garis yang dibentuk oleh pasir besi.
Baca Juga :  Meneladani Para Nabi Dan Ashabul Kahfi

Walaupun gaya-gaya magnet yang terkuat terletak pada kutub-kutub magnet, gaya-gaya magnet tidak hanya berada pada kutub-kutubnya.. Gaya-gaya magnet juga timbul di sekitar magnet. tempat di sekitar magnet yang terdapat gaya-gaya magnet disebut medan magnet.

Terima kasih telah membaca artikel di website kabarpandeglang.com, semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat bagi kamu dan bisa dijadikan referensi. Artikel ini telah dimuat pada kategori pendididkan https://kabarpandeglang.com/topik/pendidikan/, Jangan lupa share ya jika artikelnya bermanfaat. Salam admin ganteng..!!

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More