Kabar Pandeglang Online
Portal Berita PAndeglang Terkini & Terupdate

Macam-Macam Gerak Otot Pada Manusia

35

KABARPANDEGLANG.COM – Untuk menghasilkan gerak, otot berkerja secara berpasangan. Pasangan otot terdiri dari dua jenis, ialah antagonis dan sinergis. Otot antagonis ialah pasangan otot yang melaksanakan gerak berlawanan terhadap otot yang sedang melakukan kontraksi. Sebaliknya pasangan otot yang kerjanya saling menunjang disebut otot sinergis.

Otot sebagai alat kerja aktif yang mengakibatkan tulang kita bergerak. Berdasarkan cara kerjanya, otot dibagi menajdi 2 adalah ototo anatgonis dan Sinergis. Otot protagonis dalah Otot-Otot yang cara kerjanya dalam satu arah. Kontraksi dan mengembang bersama saat menggerakkan tulang.

Contoh : Otot yang ditemukan di lengan bawah. Disebut Pronator muscles. Yang terdiri dari pronator teres dan pronator quadrates, Otot dada, Otot betis, Otot perut, dan Otot paha.

Sedangkan otot antagonis adalah otot-otot yang kerjanya berlawanan arah. Otot ini mempunyai beberapa macam gerak, antara lain :

  1. Ekstensi-Fleksi. Ekstensi adalah gerak meluruskan, sedangkan fleksi ialah gerak membengkokkan.  Misalnya ketika kita kita bangun dan posisi kaki kita lurus, berarti kita melakukan gerak ekstensi. Sedangkan saat jongkok posisi kaki menekuk, berarti kita melaksanakan gerak fleksi.
  2. Abduksi-Adduksi ialah gerakan menjauhi badan, sedangkan adduksi adalah gerakan mendekati badan. Contoh : gerak tangan sejajar pundak disebut abduksi. Sedangkan gerak (perilaku tepat) disebut adduksi.
  3. Depresi-Elevasi. Depresi adalah gerak menurunkan, sedangkan elevasi adalah gerak mengangkat, misalnya gerak menunduk dan menengadah.
  4. Supinasi-Pronasi. Supinasi adalah gerak mengadahkan tangan, sedangkan pronasi adalah gerak menelingkupkan tangan. Kedua macam gerka ini mirip gerak melingkar satu sumbu sentral sehingga disebut juga rotasi.
Baca Juga :  Iklan Layanan Mayarakat Bpjs Kesehatan

Macam-Macam Gerak Otot

Beberapa gerakan yang mampu dilakukan oleh otot dalam kgiatan sehari-hari sangat banyak. Beberapa diantaranya ialah sebagai berikut.

  1. Gerak meluruskan misalnya meluruskan lutut, siku dan ruas jari.
  2. Gerak menekan ke bawah atau menurunkan.
  3. Gerak memutar lengan sehingga telapak menelungkup.
  4. Gerak menjauhkan, contohnya gerak tungkai menjauhkan dari sumbu badan.
  5. Gerak yang memutar lengan sehingga tangan menengadah.
  6. Gerak yang mendekatkan sumbu badan misalnya gerak yang mendekatkan tungkai dengan sumbu tubuh.
  7. Gerak yang membengkokkan contohnya membengkokkan siku, ruas jari dan lutut.

Ayo Mengamati

Kamu telah mengetahui berbagai macam gerak otot. Termasuk macam gerak otot yang manakah gerakan-gerakan pada gambar berikut ini?

 Otot antagonis adalah pasangan otot yang melakukan gerak berlawanan terhadap otot yang se Macam-Macam Gerak Otot Pada Manusia

Banyak fungsi dari jaringan otot pada badan insan. Namun terkadang orang kurang memperhatikan cara menjaga kesehatan otot. Oleh alasannya adalah itu sering terjadi kram, nyeri, atau cedera otot yang cukup menyakitkan.

Baca Juga :  Dampak Kebangkitan Nasional Bidang Pendidikan Ekonomi Politik Dan Sosial Budaya

Bagaimanakah cara menjaga kesehatan otot? Cara menjaga dan merawat otot pada manusia yaitu sebagai berikut.

  1. Menghindari gerakan yang membebani kerja otot secara berlebihan. Agar terhindar dari gangguan atau cedera pada otot, maka kita harus menghindari aktivitas atau gerakan yang dipaksakan, gerakan datang-tiba, dan aktivitas-aktivitas yang terlalu membebani kerja otot.
  2. Melakukan peregangan. Lakukan beberapa gerakan peregangan sebelum dan sesudah melakukan acara tertentu yang memanfaatkan kerja otot dalam jangka waktu yang lama mirip dikala melakukan olah raga, berjalan jauh, dan berlari.
  3. Melakukan latihan rutin. Banyak latihan fisik yang dapat kita lakukan untuk menjaga kesehatan otot. Latihan rutin ini mampu dilakukan dengan beban maupun tanpa beban, mampu dilakukan di dalam maupun di luar ruangan. Misalnya jogging, bersepeda, latihan kebugaran di pusat kebugaran, dan lain-lain.
  4. Memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Kebutuhan cairan setiap orang berbeda-beda. Sedikitnya mengonsumsi 6 gelas air sehari supaya dapat menjaga kesehatan tubuh. Cairan mampu membantu otot melemas sehabis berkontraksi serta mampu melembabkan sel-sel otot, sehingga tidak gampang mengalami ketegangan.
  5. Mengonsumsi masakan yang bergizi dan bermanfaat bagi otot. Banyak jenis kuliner yang mengandung gizi yang baik bagi otot, khususnya untuk pembentukan otot. Makanan-kuliner tersebut antara lain putih telur, susu, ikan tuna, sayur brokoli, dada ayam, daging sapi, minyak ikan, keju, kacang almond dan kacang arab, dan bayam.
  6. Meringankan nyeri otot. Gunakan krim khusus otot untuk menjadikan rasa hangat sehingga otot yang kram menjadi lebih rileks.
Baca Juga :  Matematika Kelas V Mencari Volume Kerucut

Terima kasih telah membaca artikel di website kabarpandeglang.com, semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat bagi kamu dan bisa dijadikan referensi. Artikel ini telah dimuat pada kategori pendididkan https://kabarpandeglang.com/topik/pendidikan/, Jangan lupa share ya jika artikelnya bermanfaat. Salam admin ganteng..!!

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More