Makanan Sehat Zaman Now adalah Makanan Yang Di Kukus

oleh -767 views

KABARPANDEGLANG.COMKita tahu bahwa zaman sekarang banyak pedagang yang mejual makanan siap saji yang memudahkan para pembeli untuk siap dikonsumsi,Tetapi tidak memikirkan setelah mengonsumsinya.makanan yang tidak sehat akan menimbulkan penyakit, karena makanan tersebut kurang terjaga kebersihannya.

Makanan sehat adalah makanan yang mengandung banyak gizi yang seimbang yang diperlukan oleh tubuh sebagai sumber tenaga yaitu 4 sehat 5 sempurna.

Makanan yang sehat banyak mengandung zat-zat yang dibutuhkan oleh tubuh,seperti:karbohidrat,protein,vitamin dan mineral. Makanan yang sehat bukanlah makanan yang mahal, akan tetapi makanan yang sehat adalah makanan yang terjaga dari kebersihan tempat dan kehigienisan makanannya.

Makanan sangat penting bagi tubuh, karena dapat menjaga tubuh agar tidak sakit dan tetap sehat, tumbuh dan berkembang. Salah satu makanan yang sehat adalah makanan yang tidak menggunakan minyak berlebihan,mengganti minyak setelah pemakaian yang terus-menerus dan mrngganti wajan yang sudah berkerak karena hal tersebut akan mempengaruhi rasa makanan yang akan dikonsumsi.

Baca Juga :  SEPEDA NUSANTARA 2018 HADIR DI PANDEGLANG, DIIKUTI RIBUAN PESERTA

Ada berbagai macam cara memasak yang sering dilakukan, diantaranya: menggoreng, membakar, memanggang, merebus dan mengukus. Dari sekian banyak cara memasak tersebut,menurut para ahli kesehatan cara yang paling baik untuk tubuh adalah mengukus.

Makanan yang digoreng memiliki kadar lemak cukup tinggi,sedangkan makanan yang dibakar rentan dengan penyakit kanker dan makanan yang dipanggang dan direbus dapat mengurangi kadar nutrisinya.

Sejak ribuan tahun yang lalu,cara mengukus ini sudah digunakan untuk mematangkan makanan.

Manfaat makanan yang di kukus:

  • Kadar nutrisi lebih tinggi
  • Tekstur dan warna makanan tidak berubah
  • Terhindar dari berbagai penyakit

 

/Ita Rosita, (Mahasiswa UIN Sultan Maulana Hasanudin Banten)