Memahami Gambar Dongeng

  • Bagikan
Memahami Gambar Dongeng

KABARPANDEGLANG.COM – Gambar dongeng ialah gambar yang menceritakan suatu adegan atau peristiwa. Fungsi dari gambar cerita yakni memperjelas alur atau isi cerita, memperjelas isi pesan dalam promosi suatu barang, menarik perhatian, menambah nilai artistik/keindahan dan sarana untuk mengungkapkan perasaan penggambarnya.

Bentuk suatu obyek gambar kisah dapat berupa gambar insan, tumbuhan dan hewan. Gambar-gambar tersebut mampu berdiri sendiri atau bisa adonan dari banyak sekali obyek yang berbeda. Obyek sebuah gambar kisah diubahsuaikan dengan narasi atau tema yang telah dibuat.

Gambar cerita mampu memakai warna hitam atau putih saja. Dalam pembuatan gambar cerita dapat menggunakan teknologi digital maupun menggunakan lukisan tangan.

Gambar cerita atau sering disebut dengan gambar ilustrasi banyak dipakai dalam kehidupan sehari-hari. Bentuk-bentuk gambar cerita antara lain terdapat pada :

  1. Komik. Komik berasal dari kata comic yang mempunyai arti lucu atau jenaka. komik merupakan karya seni yang menggunakan rangkaian gambar tidak bergerak yang penyusunanya membentuk sebuah jalinan dongeng. Berikut pola ilustrasi komik.
  2. Cover. Cover merupakan kulit atau sampul pada buku atau majalah. Gambar cover memuat atau mewakili isi buku sehingga terlihat menarik. Berikut pola ilustasi cover buku pelajaran.
  3. Majalah. Majalah atau surat kabar dibagian sebelum atau sesudah tulisan biasanya terdapat gambar. Gambar tersebut sering disebut Vignette (gambar pengisi halaman kosong pada majalah atau surat kabar yang mempunyai fungsi menghias). Berikut acuan ilustasi Vignette pada majalah.
  4. Cerita (Cergam, Cerpen, dll). Suatu karya cerita biasanya dilengkapi dengan gambaran dongeng. Gambar Ilustrasi cerita ini mewakili cerita yang terkandung di dalamnya. Sebuah kisah akan tampak menarik apabila disertai dengan ilustrasi yang menggambarkan isi dongeng. Berikut acuan ilustasi dongeng pendek.
Baca Juga :  Imbas Aktivitas Ekonomi Terhadap Kesejahteraan Masyarakat

Gambar dongeng sering juga ditemukan dalam buku dongeng, majalah, dan buku pelajaran. Poster dan brosur juga sering disertai gambar kisah semoga menarik. Petunjuk cara penggunaan barang pun sering dilengkapi dengan gambar dongeng untuk membantu pengguna menggunakannya.. Fungsi gambar cerita antara lain untuk:

  1. Memperjelas alur atau isi kisah,
  2. Memperjelas isi pesan dalam promosi suatu barang,
  3. Menarik perhatian,
  4. Menambah nilai artistik/ keindahan,
  5. Sarana untuk mengungkapkan perasaan penggambarnya.

Ayo Berlatih

Perhatikanlah gambar cerita berikut ini! Lengkapilah keterangan sesuai gambar dongeng yang ditampilkan. Di manakah kau menemukan gambar kisah tersebut? Kesan apa yang kau rasakan pada saat mengamati gambar ilustrasi tersebut?

Gambar cerita adalah gambar yang menceritakan suatu adegan atau peristiwa Memahami Gambar Cerita

Gambar kisah memudahkan pembaca untuk memahami suatu dongeng, goresan pena, maupun gosip lainnya. Seperti pola komik dan karikatur. Fungsi dari gambar kisah ini mampu dimanfaatkan untuk menghidupkan dongeng. Gambar cerita yang baik merupakan gambaran yang mampu merangsang serta membantu pembaca untuk berimajinasi perihal kisah,

Baca Juga :  Mari Berguru Al-Qur'an Surat Al-Ma’Μn

Terima kasih telah membaca artikel di website kabarpandeglang.com, semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat bagi kamu dan bisa dijadikan referensi. Artikel ini telah dimuat pada kategori pendididkan https://kabarpandeglang.com/topik/pendidikan/, Jangan lupa share ya jika artikelnya bermanfaat. Salam admin ganteng..!!

  • Bagikan