Kabar Pandeglang Online
Portal Berita PAndeglang Terkini & Terupdate

Menciptakan Logo Dan Maknanya

14

KABARPANDEGLANG.COM – Logo merupakan bab dari reklame. Logo yaitu tanda, lambang, ataupun simbol yang mengandung makna dan digunakan sebagai identitas sebuah organisasi, perusahaan, atau individu biar gampang diingat oleh orang lain.

Arti Bendera dan Logo ASEAN

Bendera ASEAN melambangkan ASEAN yang stabil, penuh perdamaian, bersatu, dan dinamis. Adapun lambang ASEAN berada di tengah bendera ASEAN, sedangkan warna bendera dan lambang adalah biru, merah, putih, dan kuning; masing-masing mewakili warna dasar setiap bendera negara anggota ASEAN.

 ataupun simbol yang mengandung makna dan digunakan sebagai identitas sebuah organisasi Membuat Logo dan Maknanya

Warna biru melambangkan perdamaian dan stabilitas, merah melambangkan semangat dan kedinamisan, putih menunjukkan kesucian, dan kuning merupakan simbol kemakmuran. Ikatan rumpun padi melambangkan keinginan para tokoh pendiri ASEAN agar asosiasi itu secara gotong royong terikat dalam persahabatan dan kesetiakawanan sosial. Lingkaran melambangkan kesatuan ASEAN.

Logo Kementerian Pendidikan dan Kebudayaaan

Logo Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia dengan semboyan tut wuri handayani. Logo Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia yakni simbol yang digunakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia dan insatansi di bawah naungannya.

Baca Juga :  Acara Literasi 1 Tema 7 Perbedaan Itu Indah

Simbol dengan semboyan tut wuri handayani yang dicetuskan oleh Ki Hadjar Dewantara sang perintis pendidikan bagi kaum pribumi Indonesia pada kala penjajahan Belanda.

Berikut ini adalah rincian tentang makna yang terkandung dalam logo yang digunakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia:

  1. Bidang segi lima berwarna biru yang tersirat makna kejujuran, ketenangan, kesetiaan, kehandalan, keharmonisan, kesabaran, dan kepekaan.
  2. Semboyan tut wuri handayani digunakan oleh Ki Hajar Dewantara dalam melaksanakan sistem pendidikannya. Pencantuman semboyan untuk penghargaan dan penghormatan bagi Ki Hajar Dewantara yang hari lahirnya diperingati sebagai Hari Pendidikan Nasional.
  3. Garuda dengan belencong berapi di dadanya menggambarkan sifat berani, mampu berdiri diatas kaki sendiri, dinamis, gagah perkasa, dan penuh semangat mengarungi angkasa luas. Sepasang sayap dan ekor berjumlah lima helai merujuk pada Pancasila sebagai asas negara.
  4. Buku merupakan kiasan sumber ilmu pengetahuan sebagai kekuatan menjalani kehidupan.
  5. Garuda dan buku berwarna putih berarti kesucian, kebersihan, dan keikhlasan. Warna api yang merah berkobar berarti keagungan dan keluhuran dedikasi yang penuh keberanian dan rela berkorban membela kebenaran dan kebaikan.

Loga Hari Anak Nasional

Hari Anak Nasional (HAN) diperingati setiap tanggal 23 Juli. Peringatan ini bertujuan membangun kembali kesadaran setiap elemen bangsa, baik individu, orang renta, guru, maupun pemerintah wacana pentingnya peran masing-masing dalam memenuhi hak dan derma anak.

Baca Juga :  Kombinasi Gerak Lokomotor Nonlokomotor Dan Manipulatif Permainan Kasti

Menggambarkan figur anak wanita dan anak laki-laki yang secara tolong-menolong merangkai simbol nasionalisme (Bendera), intelektual dan budpekerti mulia (Buku), impian dan prestasi (Bintang).

Maknanya ialah sebagai generasi penerus harus punya rasa nasionalisme, rasa cinta tanah air, solidaritas, kecerdasan, budpekerti mulia, dan memiliki keinginan yang tinggi.

Logo Ketahanan Lingkungan

Ketahanan Lingkungan merupakan upaya menjamin keamanan publik secara proporsional dari bahaya-ancaman lingkungan yang diakibatkan oleh proses-proses alamiah atau buatan-insan Indonesia memiliki ekosistem keanekaragaman hayati, hutan tropis, dan maritim tertinggi di dunia.

Sekarang negara kepulauan ini menghadapi aneka macam ancaman lingkungan yang serius mulai dari kerusakan hutan yang cepat dan pengambilan ikan berlebihan serta insiden cuaca ekstrem.

Makna Logo

Salah satu ancaman ketahanan lingkungan ialah semakin berkurangnya luas hutan dan wilayah tutupan hijau vegetasi flora. Hal ini diakibatkan oleh meluasnya pembukaan lahan pertanian, peningkatan aktivitas pertambangan dan industri. Logo tersebut bermakna ajakan menyatukan langkah untuk meindungi ekosistem pesisir dari dampak perubahan iklim.

Baca Juga :  Cita-Citaku Menjadi Anak Salih

Setelah mengamati teladan logo di atas, sekarang rancanglah logo sesuai keinginanmu. Kamu dapat memulai dengan merancang logo individu terlebih dahulu. Langkah-langkah yang perlu kamu lakukan ialah sebagai berikut.

  1. Pilih tema yang kamu inginkan, misalnya perihal persahabatan, kebersihan sekolah, kelompok pencinta lingkungan, kelompok pencinta seni, dan lain-lain.
  2. Buat simbol atau gambar yang mewakili tema.
  3. Tulis kata atau kalimat yang mewakili tema.
  4. Tulis arti dari simbol, gambar, dan warna dari logo.
 ataupun simbol yang mengandung makna dan digunakan sebagai identitas sebuah organisasi Membuat Logo dan Maknanya

Logo terdiri dari gambar 2 bulat, gambar pendaki dan gambar kompas. Lingkaran pertama berwarana biru yang dapat diartikan sebagai langit dan air, lingkaran kedua berwarna oranye yang dapat diartikan suasana langit di pagi dan sore hari,

gambar pendaki yang menunjukan bahwa anggota dari GEMAPALA sebagai seorang pecinta alam, kompas dapat diartikan sebagai penunjuk arah semoga kita tidak tersesat dalam mencapai suatu tujuan.

Terima kasih telah membaca artikel di website kabarpandeglang.com, semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat bagi kamu dan bisa dijadikan referensi. Artikel ini telah dimuat pada kategori pendididkan https://kabarpandeglang.com/topik/pendidikan/, Jangan lupa share ya jika artikelnya bermanfaat. Salam admin ganteng..!!

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More