Kabar Pandeglang Online
Portal Berita PAndeglang Terkini & Terupdate

Mengenal Lebih Dalam Air Minum Isi Ulang

0 117

Mengenal Lebih Dalam Air Minum Isi Ulang – Air minum isi ulang memang menjadi salah satu alternatif yang dapat dipilih untuk memenuhi kebutuhan air minum keluarga di rumah. Karena terlihat lebih efisien dan mudah didapatkannya. Namun, apakah Anda sudah yakin dari mana sumber airnya dan bagaimana proses pengolahan sumber air minum isi ulang tersebut? Sudahkah sesuai standar yang berlaku?

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia sendiri telah menetapkan aturan tentang persyaratan depot air minum isi ulang yang baik. Regulasi higienitas dan sanitasi dijelaskan dalam Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia, no. 4r3 tahun 2015. Beberapa poin penting tersebut adalah: [1].

Mengenal Lebih Dalam Air Minum Isi Ulang

  • Higienitas dan sanitasi perlu diperhatikan, terutama dari tempat, peralatan dan orang yang menangani langsung air minum tersebut. Karena itu akan mempengaruhi kualitas dari air yang akan diminum oleh konsumen
  • Selain karyawan yang menangani langsung air minum pengelola dari depot air minum isi ulang tersebut juga harus memenuhi sertifikasi yang dikeluarkan oleh pemerintah setempat.
  • Dalam setahun minimal satu kali. Tempat pengelolaan air minum isi ulang harus melakukan pemeriksaan kesehatan pegawainya.
  • Menjaga kualitas peralatan dan perlengkapan standar yang digunakan. Seperti menjaga kebersihan gallon sebelum diisi air minum. Galon tersebut harus dibersihkan terlebih dahulu, setidaknya sepuluh detik dan setelah diisi diberi tutup yang bersih.
  • Untuk menghindari kemungkinan tercemar. Galon yang sudah diisi air minum sebaiknya harus segera diberikan kepada konsumen tidak boleh disimpan lebih dari 24 jam.
  • Petugas air isi ulang juga wajib mengikuti dan lulus pelatihan higienitas dan sanitasi depot air minum yang diselenggarakan oleh pemerintah untuk mendapatkan sertifikat yang ditandatangani oleh pemerintah setempat dan penyelenggara pelatihan tersebut.
Baca Juga :  Jika Suami yang Temani Ketika Bersalin Beruntunglah Isteri, Satu Dalam Seribu

Hal yang perlu Anda ingat adalah tidak semua produk air kemasan galon memiliki kualitas yang baik dan layak minum. Oleh karena itu, Anda harus lebih cermat dalam memilih air kemasan yang berkualitas dan aman bagi kesehatan. Karena terdapat bahaya pada kesehatan yang akan timbul apabila Anda tidak memperhatikan kebersihan dari air isi ulang tersebut. Berikut penjelasannya [2].

1. Infeksi saluran cerna

Mual, muntah atau diare adalah tanda-tanda Anda mengalami infeksi saluran cerna. Ini dapat terjadi jika peralatan yang ada pada depot air minum isi ulang termasuk botol atau galon yang digunakan sebagai wadah tidak bersih [2]

2. Keracunan

Sumber air tidak jelas yang digunakan depot air isi ulang dapat mempengaruhi kualitas air minum tersebut. Air dapat mengandung virus atau bakteri berbahaya, sehingga risiko keracunan juga akan semakin tinggi.

3. Menimbulkan Penyakit Berbahaya

Bila air yang tersimpan di depot air minum isi ulang sering terpapar sinar matahari dan sudah tercemar makan bakteri dan mikroba lain yang ada di dalam air semakin mudah berkembang pada akhirnya sederet penyakit berbahaya seperti tifus, disentri dan hepatitis akan meningkat.

Jadi untuk melindungi kesehatan, Anda harus lebih berhati-hati terhadap kebersihan, keamanan, serta kandungan air yang diminum oleh keluarga di rumah.

Pastikan kondisi sumbernya dan proses pengolahan air terhindar dari kontak tangan manusia, sehingga aman dari kontaminasi zat-zat yang membahayakan kesehatan. Oleh karenanya, selalu ingat untuk mengetahui apakah depot air minum isi ulang Anda sudah sesuai standar yang berlaku.

Jika Anda akan mengkonsumsi air kemasan galon. Pilihlah AQUA air minum berkualitas yang menghadirkan air galon AQUA dalam kemasan 19 liter, yang cocok untuk memenuhi kebutuhan hidrasi keluarga di rumah. Air galon AQUA telah menjadi bagian dari konsumsi sehari-hari keluarga Indonesia selama lebih dari 47 tahun [3].

Kemasan AQUA galon yang ramah lingkungan cocok untuk penuhi kebutuhan air minum sekeluarga, karena meminimalkan kemasan yang terbuang. Galon AQUA dapat digunakan lebih dari satu kali, setelah diseleksi dan melalui beberapa tahap pembersihan sebelum diisi. Galon yang tidak memenuhi standar akan diolah kembali menjadi galon baru [3].

Jangan ragu lagi. Segera ganti air kemasan Anda dengan AQUA.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More