Kabar Pandeglang Online
Portal Berita PAndeglang Terkini & Terupdate

Mengidentifikasi Globalisasi Di Sekitar Kita

26

KABARPANDEGLANG.COM – Globalisasi adalah suatu proses dimana semua penduduk di dunia ini bisa saling terhubung bertukar segala sesuatu tanpa terikat batas wilayah dan kebangsaan. Segala proses tersebut tercapai alasannya beberapa faktor. Pertama yakni perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang berperan penting dalam memudahkan interaksi manusia dimanapun kapanpun berada.

Kedua yakni adanya kerukunan antar negara yang bisa memungkinkan terjadinya kerjasama antar negara baik dalam hal ekonomi, politik, maupun budaya. Ketiga semakin berkembangnya teknologi transportasi yang mempermudah akses transportasi dan ekspidisi antar negara.

Kita berada di periode globalisasi. Dapatkah kamu menyebutkan dan menjelaskan fakta wacana globalisasi yang ada di sekitarmu?  Semakin berkembangnya globalisasi menciptakan kita sadar bahwa ketika ini globalisasi sudah menyentuh kehidupan sehari – hari kita. Berikut ialah acuan globalisasi dalam kehidupan sehari – hari:

  1. Banyak produk asing beredar di Indonesia mulai dari busana, alat elektro, hingga kuliner.
  2. Banyak pasar swalayan atau supermarket menggantikan pasar tradisional.
  3. Pergantian tenaga insan dengan tenaga mesin contohnya buruh – buruh pabrik telah digantikan oleh mesin – mesin yang lebih efisien.
  4. Jual beli online terus berkembang sehingga jual beli tidak hanya di lakukan di pasar.
  5. Meningkatnya penggunaan gadget karena gadget mampu menawarkan berbagai fitur yang membuat segala hal lebih efektif dan efisien.
  6. Teknologi terbaru bisa diakses semua orang mirip video call, email, sosial media, bukan lagi hal aneh bagi masyarakat.
  7. Pandangan baru terhadap etos kerja yang lebih disiplin
  8. Banyak tenaga hebat dalam dunia kerja Indonesia
  9. Mode busana yang terpengaruh bangsa lain mirip halnya Paris, Milan, dan Tokyo.
  10. Terjadi pertukaran budaya internasional mirip K-POP dan budaya hip hop dari barat.
  11. Peran wanita yang mulai sejajar dengan laki-laki sehingga perempuan mampu bekerja di setiap bidang yang dikerjakan oleh laki-laki.
  12. Persebaran isu yang sangat cepat sehingga aneka macam hal kecil yang bisa merajalela atau viral di dunia maya.
  13. Dibentuknya Perserikatan Bangsa Bangsa yang menjadi wadah yang memungkinkan proses globalisasi berjalan lancar.
  14. Pemerintah lebih terbuka dan demokratis mulai dari pemerintahan desa sampai pemerintahan sentra.
  15. Masuknya ideologi-ideologi abnormal sehingga kita harus berpegang teguh pada pancasila.
  16. Banyak bahasa aneh yang dipelajari di Indonesia mirip bahasa Mandarin, Jepang, Perancis, Jerman, Arab, dan Rusia.
Baca Juga :  Laporan Percobaan Sifat Sifat Magnet

Ayo Mengamati

Amati berbagai produk yang ada di sekitarmu. Produk tersebut mampu berupa pakaian, tas, atau sepatu yang kamu, temanmu, dan gurumu kenakan. Bisa juga masakan dan minuman, atau produk lain yang ada di sekitar kelas dan sekolah. Bisakah kamu menerka negara mana yang memproduksinya?

Globalisasi adalah suatu proses dimana semua penduduk di dunia ini bisa saling terhubung b Mengidentifikasi Globalisasi Di Sekitar Kita
No Nama Produk Negara Asal
1 Susu Selandia Baru
2 Jam Tangan Swiss
3 Mobil Jepang
4 Boneka Tiongkok
5 Karpet Turki
6 Batik Indonesia

Globalisasi memungkinkan bermacam-macam produk dari negara lain dapat kita temui. Kita bisa menemui banyak sekali makanan dari negara lain mirip pizza, jam tangan atau boneka dari negara lain.

Produk Indonesia juga mampu ditemui di luar negeri, misalkan batik. Perkembangan komunikasi dan transportasi menimbulkan barang-barang tersebut mudah ditemui di negara lain.

Terima kasih telah membaca artikel di website kabarpandeglang.com, semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat bagi kamu dan bisa dijadikan referensi. Artikel ini telah dimuat pada kategori pendididkan https://kabarpandeglang.com/topik/pendidikan/, Jangan lupa share ya jika artikelnya bermanfaat. Salam admin ganteng..!!

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More